Tempat Wisata

Pantai Nguyahan Gunung Kidul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Terletak di Gunung Kidul, Pantai Nguyahan terkenal dengan keindahannya yang mempesona. Menawarkan hamparan pasir putih eksotis yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kanigoro, Kecamatan. Saptosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai merupakan salah satu tempat paling populer bagi semua wisatawan yang berlibur. Ada ratusan pantai menarik yang wajib dikunjungi di Yogyakarta, termasuk Gunung Kidul. Ada banyak pantai di kawasan Gunung Kidul. Rekomendasi kali ini adalah Pantai Nguyahan.

Menurut penduduk setempat, pantai ini merupakan tempat produksi garam karena dekat dengan air laut yang mudah ditemukan. Dengan garam inilah masyarakat menyebut pantai ini Nguyahan yang berasal dari kata “Uyah” yang berarti garam. Produksi garam ini masih dilakukan hingga saat ini.

Pantai Nguyahan merupakan salah satu pantai yang belum banyak diketahui pengunjungnya. Namun jangan khawatir, pesona yang ditawarkan tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain di kawasan Gunung Kidul yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Nguyahan

Daya Tarik Pantai NguyahanFoto: Google Maps/Radit Javanice

Pemandangan pantai

Yang menjadi daya tarik tersendiri adalah pesona Pantai Nguyahan itu sendiri, ketika anda memasuki kawasan pantai, anda akan melihat hamparan perairan yang menyatu dengan laut dan mempunyai keindahan air jernih kebiruan yang sangat indah. Hamparan lautan ini membentang sejauh mata memandang.

Kemudian panorama pasir pantai yang berwarna putih mulus. Pasir ini bisa dijadikan tempat duduk para wisatawan yang sedang bersantai di tepi laut. Beberapa pengunjung juga terlihat bermain pasir atau berjalan tanpa alas kaki di sepanjang bibir pantai. Letakkan kaki Anda langsung di atas pasir, tanpa alas kaki.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan deburan ombak yang menghantam bebatuan diiringi angin sepoi-sepoi. Di sekitar pantai juga terdapat perbukitan di kanan dan kiri mengapit pantai. Ada juga beberapa bangunan perumahan yang tersedia di pinggir pantai. Rumah khas dengan pekerjaan utama sebagai nelayan.

rumput laut

Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang dimiliki pesisir pantai. Tanaman hijau ini tumbuh indah di air laut.

Tanaman yang tumbuh di balik bebatuan tersebut mempunyai nilai manfaat yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, termasuk melalui jual beli.

Salah satu kegiatan masyarakat di pesisir pantai adalah memanen rumput. Di Pantai Nguyahan Anda bisa menyaksikan warga melakukan panen secara berkelompok setiap harinya. Momen menarik tersebut menjadi salah satu daya tarik pantai ini, apalagi wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan rumput laut dan membantu memanennya.

Pesona batu koral

Pantai Nguyahan memiliki banyak bebatuan karang yang mengelilingi pantainya. Batuan karang ini terdiri dari ukuran kecil, sedang dan besar. Pesona terumbu karang ini menambah keindahan pantai yang sangat sejuk. Wisatawan bisa memanjat bebatuan tersebut untuk berfoto atau memancing.

Ikan terjebak di antara bebatuan. Ikan-ikan itu tersapu ombak pantai yang menghantam karang. Jika beruntung, Anda bisa menangkap makhluk kecil ini. Selain itu, beberapa tumbuhan hijau seperti rumput laut dan rumput hijau tumbuh di bagian bawah karang.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai NguyahanFoto: Google Maps/Luhur Wibowo

Pantai Nguyahan yang berpasir putih mempesona ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Kota Yogyakarta. Lokasi pantai ini cukup jauh jika anda berada di Yogyakarta.

Rute perjalanan dari kota Yogyakarta menuju tempat wisata pantai ini adalah dari pusat kota Yogyakarta menuju Jalan Brigjend Katamso. Kemudian belok ke Jalan Kolonel Sugiyono dan lurus ke Jalan Sisingamangaraja. Ikuti saja jalan ini ke Jalan Imogiri Barat lalu ke Jalan Bakulan Imogiri.

Sesampainya di Masjid Al-Khiqmah SMK Muhammadiyah Imogiri terus berjalan ke Jalan Imogiri Siluk menuju Jalan Siluk Panggang, Panggang Utama, Panggang Wonosari dan terus sampai di Warung Mak To.

Kemudian ambil Jalan Paliyan Ngobaran ke Jalan Saptosari, menuju Jalan Ngobaran Ngerehan dan terus ke Pantai Nguyahan.

Agak rumit, bukan? Wisatawan disarankan untuk selalu menggunakan aplikasi Google Maps saat bepergian agar tidak tersesat. Atau bisa langsung bertanya kepada beberapa orang yang lalu lalang di jalan.

Jalan menuju kota pantai ini cukup berkelok-kelok dan memiliki jalur yang rumit. Oleh karena itu, sarapan pagi sebelum keberangkatan, terutama bagi yang sering mabuk perjalanan, dan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan hand sanitizer selama perjalanan akan lebih aman.

Selama perjalanan anda dapat menggunakan akses tersebut dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Untuk sambungan angkutan umum, tidak ada sambungan angkutan umum yang mengarah langsung ke pantai.

Biaya masuk wisata bahari

Pantai indah ini bisa dikunjungi dengan harga terjangkau. Pengunjung hanya membayar harga tiket sebesar Rp 5.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk dalam fasilitas pantai dan Anda dapat berjalan-jalan di sekitar pantai.

Selain itu Pantai Nguyahan mempunyai tempat parkir pantai yang luas di depan pintu masuk. Pengunjung dikenakan biaya parkir untuk setiap kunjungan. Tarif parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 5.000 per unit, sedangkan tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 3.000 per unit.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, pantai ini buka pada hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08:00 WIB hingga 18:00. Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa beberapa akomodasi di sekitar pantai jika ingin bermalam.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai NguyahanFoto: Google Maps/Tedy Hartono

1. Rumah peristirahatan santai

Di Pantai Nguyahan terdapat banyak gubuk atau pendopo tempat wisatawan dapat beristirahat. Pengunjung dapat memanfaatkan cottage untuk bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan laut atau makan dan minum di cottage.

Gubuk ini tidak terlalu luas, hanya sekitar 2,5 meter dengan lantai berbentuk persegi. Pangkal gubuk terbuat dari bambu, gagangnya juga terbuat dari bambu, atap gubuk terdiri dari atap lembaran logam berbentuk segitiga dengan bagian atasnya meruncing.

2. Memancing

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah memancing. Ombak di Pantai Nguyahan tergolong rendah sehingga sangat aman untuk sekadar bermain-main di tepi laut. Tempat paling nyaman untuk memancing adalah bebatuan yang ditumbuhi tanaman hijau.

Mancing karang dengan pemandangan pantai yang menarik. Wisatawan juga bisa merasakan deburan ombak yang menghantam bebatuan. Meski terkena pukulan keras, karang tersebut tetap kokoh pada fondasinya. Jika beruntung Anda bisa menangkap ikan yang tertangkap di antara karang.

Kegiatan ini memerlukan waktu dengan sedikit kesabaran. Jika ingin memancing, disarankan untuk membawa seluruh peralatan dari rumah agar lebih mudah, atau bisa juga menyewa peralatan memancing dari nelayan setempat. Bagi sebagian orang, memancing juga bisa menghilangkan stres.

3. Bermain di tepian Pantai Nguyahan

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah bermain-main di tepi pantai di Pantai Nguyahan. Ada banyak permainan yang bisa dimainkan seperti bermain bola dan voli. Wisatawan yang berwisata bersama rombongan bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk bersantai dengan pemandangan pantai yang menarik.

Permainan akan sangat seru dengan deburan ombak dan hembusan angin yang kencang, terkadang bola bisa terbang jauh dari lapangan karena kuatnya air laut.

Selain sepak bola dan voli, Anda juga bisa sekedar bermain tanpa alas kaki di pinggir pantai dan langsung merasakan dinginnya air laut yang merembes ke bawah kaki Anda mulai dari telapak kaki hingga ujung kaki. Ombak terkadang dapat menerpa pakaian Anda, jadi bersiaplah untuk basah!

4. Berburu Foto

Kegiatan yang perlu dilakukan adalah berburu foto. Ada banyak tempat menarik yang bisa dijadikan latar belakang fotografi. Seperti pantai dengan hamparan laut yang luas, pasir putih, deretan perbukitan, terumbu karang, lamun, bahkan hamparan langit biru jingga di sore hari.

Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai yang mempesona ini dengan meninggalkan jejak digital di kamera. Foto-foto unik yang bisa memenuhi feed Instagram Anda!

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai NguyahanFoto: Google Maps/Hayu Tri Rahayu

Pantai Nguyahan baru saja ditetapkan sebagai destinasi wisata, namun fasilitas yang ditawarkan sudah cukup memadai bagi wisatawan. Misalnya saja terdapat tempat parkir kendaraan yang luas dan dilengkapi dengan pengamanan yang ketat. Terdapat juga toilet pria dan wanita serta ruang ganti pakaian basah.

Selain itu, terdapat beberapa warung di pinggir pantai yang menyajikan jajanan khas pantai dan minuman seafood sebagai menu utamanya. Terdapat juga musala untuk pria dan wanita dengan tempat mencuci yang bersih.

Di sekitar pantai tersedia banyak akomodasi dengan harga terjangkau, terutama bagi wisatawan yang ingin bermalam. Terdapat juga beberapa tempat khusus untuk mendirikan tenda di pinggir pantai. Cocok bagi anda yang mengajak rombongan seperti keluarga atau teman berlibur.

Pantai Nguyahan merupakan pantai dengan pesona yang unik. Selain menikmati keindahan yang ditawarkan pantai, wisatawan juga dibekali dengan beberapa fasilitas yang memadai, selain itu lokasi pantai yang bersih juga menjadi salah satu faktor di balik keindahan objek wisata ini. Jadi pantai ini cocok dijadikan destinasi liburanmu!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button