Tempat Wisata

Pantai Pangandaran – Harga Tiket, Lokasi Rute dan Spot Terbaru 2023

Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai di Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan pemandangannya. Cukup banyak wisatawan yang datang ke pantai ini saat musim liburan.

Wisata pantai di Kabupaten Pangandaran, perpanjangan dari Kabupaten Ciamis. Dan terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, lebih tepatnya di Desa Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Pantai Pangandaran memang indah dan menawan

Pantai Pangandaran

Pantai Gunung Kidul di Yogyakarta tidak kalah dengan Pantai Gunung Kidul di Yogyakarta. Pemandangan yang disuguhkan sangat mempesona saat pertama kali datang ke tempat ini, deburan ombak yang menakjubkan dan keindahan perahu nelayan saat mulai sore hari.

Banyak penduduk setempat yang bermatapencaharian sebagai nelayan. Mereka mencari ikan di dekat pantai Pangandaran yang tentunya menambah kesan keindahan tersendiri bagi pantai tersebut. Jaring nelayan mulai terbentang, dihiasi warna-warna unik dan indah dari jauh.

Pantai Pangandaran

Di pantai ini Anda juga bisa mengikuti wisata sepeda yang disewakan di sekitar tempat tersebut. Sambil menikmati segarnya angin laut.

Ada juga layanan untuk kapal pesiar, memancing, parasailing, dan jet ski. Ini benar-benar akan membuat Anda merasa seperti berada di luar negeri.

Uniknya, banyak penginapan yang ditawarkan di sekitar rumah warga yang tentunya dekat dengan pantai. Akomodasi yang terlihat sederhana namun menampilkan bangunan modern dan menampilkan keindahan pantai yang eksotik.

Anda juga akan diantar oleh becak khas Pangandaran. Ini membawa Anda dari penginapan ke beberapa lokasi di pantai ini.

Tiket Masuk Wisata Pantai Pangandaran

pangandaran

Untuk tiket masuk ke Pantai Pangandaran khususnya di otoritas setempat dikenakan tarif sebagai berikut

  1. Pejalan kaki per orang Rp3.000,00
  2. sepeda motor Rp7.000,00
  3. Jip atau Sedan 28.000,00 Rp
  4. Angkutan mobil Rp 35.000,00
  5. Kendaraan berkapasitas besar Rp 40.700,00
  6. Minibus Rp 80.000,00
  7. Bus sedang Rp 104.000,00
  8. Bus Besar Rp 169.000,00

Harga diatas adalah harga terbaru. Perubahan dapat dilakukan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kota pantai Pangandaran

Tempat di Pantai PangandaranFoto:

Setiap tempat wisata khususnya pantai pasti memiliki tempat atau spot untuk menikmati pemandangan terbaik. Sedangkan untuk wisata pangandaran sendiri ada tiga tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Yakni Pantai Panannung, Pantai Timur dan tempat membeli oleh-oleh.

Pantai Pananjung

Pantai Pananjung Pangandaran berada di pesisir barat dengan ombak yang tidak begitu besar. Cocok untuk anda yang suka bermain dipantai.

Selain itu, terdapat penangkaran satwa di pantai Pananjung ini. Sehingga anda dapat melihat beberapa satwa yang dilindungi pemerintah antara lain monyet, rusa dan masih banyak lagi.

Ada juga gua alam dan buatan di Pantai Pananjung. Untuk gua buatan sendiri yang dibuat pada masa pendudukan Jepang. Lebih tepatnya pada masa Perang Dunia Kedua dan digunakan sebagai bunker untuk berbagai keperluan.

Selain itu, salah satu destinasi wisata yang paling memukau juga ada di tempat ini. Yakni sebuah air terjun di dekat pantai Pangandaran.

Tidak jauh dari pantai tapi kita harus mendaki bukit. Setelah sampai di air terjun ini, kita bisa melihat air terjun yang indah dari puncak gunung. Dan juga indahnya hamparan luas Pantai Pananjung di Pangandaran. Tak jarang banyak wisatawan yang berkemah di tempat ini.

pantai timur

Pantai Timur terkenal dengan sajian kulinernya yang beragam. Tentu saja ada juga pilihan menu makanan laut yang lezat. Di pantai timur Pangandaran, wisatawan bisa menikmati aneka makanan laut ditemani pemandangan laut yang indah.

Wisata Pantai Timur Pangandaran juga dikenal dengan pasar ikannya. Ada banyak pembelian dan penjualan biota laut, terutama ikan laut hasil tangkapan nelayan setempat. Wisatawan juga bisa berbelanja dan menikmati ikan laut khas Pangandaran di tempat ini.

Belanja oleh-oleh

Indonesia memang kekurangan tempat wisata jika tidak membeli oleh-oleh khas di tempat-tempat tersebut. Tentunya di Pantai Pangandaran juga terdapat tempat belanja oleh-oleh yang cukup besar yang sangat digemari oleh para wisatawan.

Pemerintah daerah telah menjadikan daerah tersebut sebagai ladang untuk mencari kekayaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain barang sisa, banyak juga oleh-oleh yang dijual di sini. Salah satu makanan khas Pangandaran yang terkenal adalah jambal roti atau ikan asin.

Rute Menuju Pantai Pangandaran

Rute Menuju Pantai PangandaranFoto:

Rute menuju pantai Pangandaran tergantung dari pemberangkatan. Jika Anda datang dari Jakarta, dari Kampung Rambutan cukup langsung menuju Pangandaran dengan bus ber-AC atau tanpa AC.

Carilah bus yang langsung menuju Ciamis atau Pangandaran. Perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 7 jam. Anda juga bisa mencapai Pangandaran dengan pesawat, dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Pangandaran Nusawiru.

Ini adalah informasi tentang Wisata Pantai Pangandaran Ini adalah salah satu pantai dengan pemandangan yang indah dan mempesona. Sebagai manusia, ketika mengunjungi suatu tempat, kita perlu memperhatikan kebersihan. Dan untuk melestarikan alam agar anak cucu kita bisa menikmati keindahan ini.

Untuk memudahkan perjalanan ke Pantai Pangandaran, Anda bisa menggunakan petunjuk arah melalui peta di bawah ini.



Perabot

Fasilitas Pantai PangandaranFoto:

Tersedianya fasilitas yang cukup untuk mendukung Anda selama berlibur dan juga menjadi salah satu alasan kenapa wisatawan betah berada disini. Dibawah ini adalah beberapa fasilitas Pantai Pangandaran diantaranya :

  • Parkir untuk kendaraan
  • Pusat Informasi
  • toilet/kamar mandi
  • Sarana air bersih
  • ruang sholat
  • restoran
  • Penjual berbagai souvenir
  • daerah relaksasi
  • Taman bermain yang mengasyikkan
  • Spot foto yang menarik

Nikmati keseruan tak terbatas yang ditawarkan Pantai Pangandaran untuk mengisi waktu liburan Anda. Bermain di pantai pasir coklat tentu menjadi kegiatan yang biasa dilakukan.

Selain itu, liburan ke pantai belum lengkap tanpa menikmati aneka hidangannya. Ada banyak kuliner berupa menu seafood yang disajikan dalam berbagai olahan.

Tips berkunjung

Tips Mengunjungi Pantai PangandaranFoto:

Untuk memaksimalkan liburan Anda di Pantai Pangandaran Jawa Barat, simak beberapa tips di bawah ini.

  • Mengunjungi pantai lebih menyenangkan jika pada hari yang cerah dan dengan cuaca yang mendukung.
  • Jika awan tampak mendung atau bahkan hujan, sebaiknya tunda dulu rencana kunjungan Anda ke Pantai Pangandaran.
  • Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk ke Pantai Pangandaran karena suasananya yang tidak terlalu panas.
  • Agar liburan di pangandaran berjalan lancar seperti yang diharapkan, kehati-hatian dan kewaspadaan menjadi syarat mutlak.
  • Harus ikut menjaga kebersihan kawasan wisata Pantai Pangandaran agar tetap lestari.
  • Anda bisa membawa bantal sendiri untuk bersantai bersama orang tersayang.

Itu tadi ulasan singkat mengenai salah satu tempat wisata pantai yang sangat terkenal di Kabupaten Pangandaran. Dengan berbagai macam wisata alam yang terbukti menjadi daya tarik dan banyak sekali wisatawan yang datang kesini.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button