Tempat Wisata

Pantai Paragendog, tempat paling populer untuk menikmati panorama matahari terbenam di Gunung Kidul

Pantai Paragendog merupakan spot populer untuk menikmati panorama matahari terbenam yang menakjubkan di Gunung Kidul, dengan bebatuan berbentuk telur menambah pesona keindahan alamnya.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Parang Reja, Kecamatan Girijati. Purwosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Jika Anda sedang stres dan depresi serta kreativitas Anda semakin berkurang, itu tandanya Anda butuh liburan. Salah satu tempat liburan yang bisa mengembalikan semuanya adalah Pantai Paragendog. Pasalnya destinasi wisata alam ini menawarkan berbagai atraksi keindahan alam seperti batuan endog atau berbentuk telur, pantai yang indah dan eksotik serta terdapat tempat untuk menikmati matahari terbenam.

Selain itu, berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di sana, yang masing-masing membantu menghilangkan stres, mencari inspirasi baru, bahkan memacu adrenalin wisatawan. Kegiatan tersebut antara lain berburu foto Instagrammable, paralayang, memancing, dan berenang. Oleh karena itu, simak ulasan yang dapat kami berikan.

➥ Cek Tiket Teras Kaca Pantai Nguluran Jogja

Daya Tarik Pantai Paragendog

Shutterstock Daya tarik Pantai ParagendogFoto oleh Sumini Warso Utomo di Shutterstock

Alasan utama mengapa wisatawan tertarik untuk berlibur ke tempat wisata adalah karena terdapat berbagai macam objek wisata yang menakjubkan di sana. Seperti halnya Pantai Paragendog, tempat wisata ini menawarkan banyak keindahan alam, terutama panorama pantai yang sangat indah. Berbagai atraksi tersebut antara lain:

Batu berbentuk telur

Saat wisatawan berada di kawasan pantai, jangan kaget, takjub bahkan takjub jika melihat batu besar berbentuk telur. Pasalnya nama Paragendog di tempat ini berasal dari nama batu endog atau telur yang kini menjadi landmark tempat wisata ini. Batu cantik dan eksotik ini terlihat begitu indah jika dilihat dari dekat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Panorama pantai yang sungguh indah

Begitu melihat bebatuan berbentuk telur tersebut dan mengabadikannya dengan kamera atau ponsel, atraksi selanjutnya adalah menikmati panorama Pantai Paragendog yang sangat indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai di sekitar pantai. Suara deburan ombak masih terdengar jelas meski ombaknya tidak terlalu tinggi. Perbukitan di pinggir pantai juga tampak hijau karena pepohonan tumbuh di sana.

Selain itu pohon kelapa banyak tumbuh di kawasan pantai. Suara burung yang terbang bersama menghadirkan ketenangan dan menenangkan hati yang tertekan. Jika pengunjung ingin pemandangan yang maksimal dan ingin menikmati pemandangan dari ketinggian, maka di kawasan tersebut terdapat sebuah bukit. Kawasan perbukitan merupakan tempat yang populer bagi para wisatawan, terlihat banyak pengunjung yang menyaksikan pantai dari sana.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Tempat menikmati matahari terbenam

Perbukitan di sekitar Pantai Paragendog tidak hanya dijadikan sebagai tempat melihat pemandangan pantai yang mempesona, namun juga terdapat tempat untuk menikmati matahari terbenam. Wisatawan selalu berkerumun di sini menjelang matahari terbenam, yakni pada pukul 17.15 WIB. Tidak hanya anak muda saja, anak kecil hingga orang dewasa juga tidak ketinggalan untuk menontonnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Shutterstock ParagendogFoto oleh Muhana Syafiquddary di Shutterstock

Destinasi wisata alam ini layak dikunjungi untuk segala usia. Itu sebabnya Anda wajib menghabiskan liburan bersama keluarga di tempat ini. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, Pantai Paragendog terletak di Parang Reja, Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika wisatawan memulai perjalanan dari Jalan Raya Panggang Wonosari harus menempuh jarak 44 km dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 12 menit. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor atau mobil. Agar perjalanan Anda lebih efektif dan efisien. Namun jika ingin menggunakan angkutan umum, perjalanan dimulai dari Terminal Giwangan hingga Jalan Parangtritis. Tetap di jalan hingga tiba di Kecamatan Panggang.

Jika Anda berada di kawasan Panggang, perjalanan menjadi lebih mudah karena banyak tanda penunjuk arah ke sana. Ikuti petunjuk berikut hingga Anda tiba di Pantai Paragendog yang berada di sebelah Pantai Parangtritis. Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya menggunakan teknologi Google Maps karena sinyal di kawasan ini kuat dan dapat digunakan untuk mengakses aplikasi.

➥ Jogja Day Tour : Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan destinasi wisata alam Pantai Paragendog ini adalah biaya masuknya yang cukup terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang, lebih murah dari harga nasi bungkus. Biaya parkir sepeda motor berlaku bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. 2.000, sedangkan untuk mobil Rp 5.000. Istimewanya kawasan wisata ini buka 24 jam sehari dan tanpa hari libur.

Wisata alam untuk meringankan beban pekerjaan sehari-hari tidak harus mahal. Kalaupun semua biaya di atas dijumlahkan, Anda tetap tidak membutuhkan anggaran yang besar. Murah bukan berarti kurang menarik, seperti yang ditunjukkan oleh atraksi di atas. Selain itu, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan di pantai indah ini.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai ParagendogFoto oleh Sumini Warso Utomo di Shutterstock

Persiapkan segala perlengkapan dan perbekalan sebelum mengunjungi Pantai Paragendog. Karena terdapat beragam kegiatan menarik, sayang sekali jika Anda melewatkannya begitu saja. Jika Anda ingin mengetahui hal-hal apa saja yang perlu Anda persiapkan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tindakan apa saja yang dapat Anda ambil di lokasi.

1. Mancing di Pantai Paragendog

Ketika rencana memancing tiba dan keluarga ingin berlibur bersama, tak perlu bersedih karena wisatawan bisa menikmati aktivitas memancing di tempat ini. Kawasan wisata populer ini sangat cocok untuk memancing karena banyak terdapat karang dan tempat memancing yang menarik. Selain itu, yang asyik dan seru dalam menangkap ikan adalah membakar ikan di pinggir pantai.

2. Berenang

Selain memancing, aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Paragendog adalah berenang di tepi pantai. Jika berenang di kolam renang merupakan hal yang lumrah dan sering dilakukan, maka sensasi berenang di tepi pantai adalah sesuatu yang luar biasa dan wajib untuk dicoba. Wisatawan tidak perlu takut atau bingung karena gulungan ombak yang tidak terlalu tinggi dan arus yang tidak deras sehingga aman untuk berenang.

3. Terbang dengan paralayang

Saat keseruan memancing sudah usai dan Anda menginginkan aktivitas menarik lainnya yang lebih seru dan menantang, Anda wajib mencoba terbang dengan paraglider. Pasalnya Pantai Paragendog sering digunakan untuk paralayang. Selain tempatnya yang indah dan eksotik, angin di sini juga relatif stabil. Hal ini membuat sensasi terbang terasa lebih seru dan menyenangkan.

Apalagi jauh di atas permukaan laut, para paralayang dapat mengagumi keindahan birunya pantai, ombak, hijaunya pepohonan dan keindahan lainnya. Namun bagi pengunjung yang ingin mencoba aktivitas menarik ini, sebaiknya ditemani oleh para profesional setempat.

4. Cari foto yang Instagramable

Perlengkapan penting yang tidak boleh Anda lewatkan selama berkunjung adalah kamera, sebagai alternatif Anda juga bisa menggunakan ponsel dengan resolusi tinggi. Karena indahnya panorama alam Pantai Paragendog yang mempesona, sebaiknya Anda tidak sekadar berjalan melewatinya. Mencari foto Instagramable merupakan kegiatan yang menarik. Ambil foto pantai, burung terbang, bebatuan, bukit yang tertutup pepohonan, dan banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas pantai ParagendogFoto oleh Sumini Warso Utomo di Shutterstock

Destinasi wisata alam yang dikenal dengan Pantai Paragendog ini memiliki fasilitas yang standar untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dan cukup memadai. Tersedia tempat parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung, baik sepeda motor maupun mobil. Jika wisatawan ingin buang air, toilet umum tersedia di lokasi ini. Bagi yang ingin beribadah, terdapat musala yang bisa digunakan.

Menyusun program liburan bersama keluarga biasanya sangat sulit karena harus mengoordinasikan jadwal objek wisata dengan petugas keluarga. Namun lain halnya ketika berlibur di Pantai Paragendog, destinasi wisata alam ini buka setiap hari dan 24 jam bahkan pada hari libur sekalipun. Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan rencana liburan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button