Tempat Wisata

Pantai Parai Tenggiri – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 25.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Cab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; map: pemeriksaan situs

Liburan ke Bangka tentunya bukan waktu yang tepat jika belum mengunjungi pantai-pantai indahnya. Meski banyak pantai indah di Bangka yang sangat terkenal, namun ada satu pantai yang cukup unik dan wajib dikunjungi. Pantai yang unik ini adalah Pantai Parai Tenggiri.

Pantai unik ini merupakan tujuan wisata swasta yang dikelola oleh sebuah resor swasta di Sungailiat. Meski merupakan pantai pribadi, namun masyarakat bisa mengunjungi wisata laut ini dengan membayar biaya kepada pengelola.

Terkenal dengan panorama alamnya yang indah, pantai ini selalu menjadi pusat perhatian wisatawan yang berlibur ke Bangka. Tidak hanya pemandangannya saja, pantai yang sejuk ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai sehingga setiap orang yang berkunjung akan merasa nyaman dan betah untuk menginap di pantai Parai Tenggiri yang menawan ini.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Parai Tenggiri

Obyek wisata Pantai TenggiriKredit foto: Google Maps Toto Hugo

1. Ada pulau batu yang indah

Pantai Hits yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya ini juga memiliki sebuah pulau kecil. Berbeda dengan pulau pada umumnya, pulau ini tidak terbentuk dari tanah melainkan tersusun dari bebatuan di sekeliling pantai.

Yang membuat pulau ini terlihat begitu indah dan eksotik adalah batu-batunya yang ukurannya tidak sama. Fenomena ini bisa menciptakan pemandangan yang sangat indah.

Pulau yang indah ini dikenal sebagai Rock Island. Entah siapa yang mencetuskan namanya, tapi yang jelas pulau batu ini sungguh indah dan indah dipandang.

2. Suasana Damai

Meski resort sudah diintervensi atau dikelola, suasana Pantai Parai Tenggiri tidak berubah seperti dulu. Pantai yang sangat alami dan terjaga keindahannya ini membuat pengunjung terlena.

Semilir angin sepoi-sepoi dan suara merdu ombak berpadu dengan hijaunya pepohonan menambah suasana damai dan asri pantai sejuk ini. Pepohonan rindang menciptakan suasana rindang juga menambah keindahan suasana pantai yang asri ini.

3. Keindahan alam yang memukau

Seakan sudah memiliki konsep penataan ruang, pantai keren ini sudah memiliki penataan yang begitu indah. Memasuki area pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan dua sisi dari pantai yang indah ini.

Pemandangan pertama yang akan Anda lihat adalah hamparan tebing karang yang indah berpadu dengan putihnya pasir pantai dan birunya air laut, membuat pemandangan semakin indah dan mempesona. Di sisi lain Anda melihat pemandangan pantai yang berisi perpaduan biru laut dan pasir putih yang sungguh menakjubkan.

4. Banyak wahana air yang menarik

Jangan khawatir liburan Anda di Pantai Parai Tenggiri akan membosankan. Pantai indah ini menawarkan banyak keseruan, beberapa wahana patut untuk dicoba.

Mulai dari fitur air yang memacu adrenalin hingga wahana yang akan membuat Anda terbang melewati area pantai, semuanya tersedia di sini.

Jika Anda menyukai keseruan bermain seluncuran air bersama keluarga, maka Banana Boat layak untuk dicoba. Bagi Anda yang senang ngebut di air, jet ski sangat cocok untuk menyalurkan hobi ini. Selain itu, Anda juga akan diajak mengelilingi pantai dengan wahana parasailing dari atas.

5. Jembatan kecil yang lucu

Jika Anda mengunjungi pantai populer ini, Anda akan menemukan pemandangan laut dengan jembatan kecil. Jembatan yang berfungsi sebagai jembatan dan menghubungkan resort dengan Rock Island ini ternyata menjadi panorama yang menyenangkan.

Pada siang hari, jembatan kayu kecil itu seakan memperkuat kesan eksotik panorama pantai yang sejuk ini. Bukan itu saja, pemandangan yang tak kalah indah dan benar-benar memesona ditawarkan oleh jembatan kecil ini di sore atau malam hari, lengkap dengan lampu-lampu kecil yang bersinar di sepanjang jembatan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pantai Parai TenggiriKredit Foto: Google Maps Eddy Irawan

Lokasi pantai yang indah ini cukup mudah dijangkau. Berada tak jauh dari Kota Bangka, pantai indah ini memiliki lokasi yang strategis. Bahkan untuk sampai ke pantai keren ini, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Bandara Depati Amir.

Untuk mengunjungi Pantai Parai Tenggiri, cara termudah adalah dengan menggunakan kendaraan umum. Anda hanya perlu menggunakan kendaraan umum atau bus dari kota Pangkal Pinang menuju Terminal Sungaililiat. Setibanya di Sungaililiat, perjalanan selanjutnya ke resor pantai dapat ditempuh dengan becak di area terminal.

Jika perjalanan dilakukan dari Kabupaten Bangka, maka akan memakan waktu lebih lama untuk sampai di tempat tersebut. Dibutuhkan sekitar 50 menit berkendara untuk sampai di tempat wisata.

Rute yang bisa ditempuh dari Kabupaten Bangka Kepulauan Bangka Belitung adalah melalui Jalan Raya Pangkal Layang menuju Bakem. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Belinyu hingga Jl Hotel Parai Indah. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Pantai Pata Resort.

Lalu belok kiri dengan kendaraan menuju perempatan Para Beach Hotel and Resort. Lanjutkan menyusuri jalan berkelok lalu belok kiri menuju Pantai Parai Tenggiri.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai TenggiriKredit foto: Google Maps ARS

Meski dimiliki secara pribadi, pantai keren ini juga terbuka bagi wisatawan untuk menikmati pesona alamnya. Wisatawan yang berlibur di Pantai Parai Tenggiri dikenakan tarif hanya Rp 25.000.

Selain itu, pengelola kawasan pantai juga memungut biaya parkir. Pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk satu kendaraan.

Kegiatan seru bisa dilakukan di Pantai Parai Tenggiri

Kegiatan wisata di pantai Parai TenggiriKredit Foto: Google Maps Raynardthan Pontoh

1. Mendaki

Bebatuan yang tersusun indah dengan bentuk tidak beraturan ini tentunya sangat menarik jika digunakan untuk kegiatan hiking. Ukuran bukit bebatuan yang tidak terlalu tinggi tentunya sangat cocok untuk kegiatan pendakian bagi anak-anak.

Menginjak bebatuan dengan tekstur yang berbeda serta ukuran dan bentuk yang berbeda tentunya akan menantang adrenalin anak-anak. Tidak berhenti sampai di situ, deburan ombak yang menghantam bebatuan semakin memacu adrenalin anak-anak saat mendaki di perbukitan berbatu tersebut.

2. Berjalan di sepanjang pantai

Jalan-jalan di pantai memang jadi aktivitas paling menarik saat liburan di Pantai Parai Tenggiri. Berjalan di atas pasir yang lembut dan deburan ombak yang menyentuh kaki Anda pasti akan membuat Anda merasa lebih tenang dan damai.

Selain berjalan menyusuri pantai, Anda juga bisa menikmati suasana malam dengan berjalan melintasi jembatan mungil yang menghubungkan penginapan dengan Rock Island. Berjalan-jalan di atas jembatan ditemani lampu-lampu kecil dan indahnya suasana sunset di pantai pasti akan menciptakan kenangan indah yang tidak akan pernah terlupakan.

3. Berenang

Bermain di pantai tentu belum lengkap tanpa mencoba kesegaran air lautnya. Mengunjungi pantai yang indah ini Anda bisa mencoba berenang dan menikmati kesegaran air laut yang masih alami ini.

Ombak pantai yang terbilang tenang membuat pantai cantik ini menjadi zona aman untuk berenang. Di sini Anda juga bisa mengajak anak-anak dan kerabat untuk berenang dan bermain air. Bermain di pantai bersama keluarga atau sahabat tercinta tentunya akan menambah keseruan liburan Anda.

4. Memancing

Kondisi alam yang masih sangat terjaga membuat pantai Parai Tenggiri cukup kaya kekayaan lautnya. Banyak spesies ikan dan biota laut lainnya dapat ditemukan di sini.

Hal ini tentunya menjadi tawaran yang menarik bagi pecinta kegiatan memancing. Mancing pantai ditemani keindahan alam yang begitu mempesona dan enak dipandang pasti akan membuat aktivitas mancing anda begitu nikmat dan tentram.

5. Berburu foto

Keindahan panorama alam yang ditawarkan oleh pantai cantik ini tentu sangat disayangkan. Untuk itu, wajib bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen-momen indah di sini saat berlibur.

Setiap sudut pantai seakan menawarkan spot foto berbeda yang sungguh indah dan menawan. Berpose dengan background alam yang sangat indah tentunya akan membuat hasil foto kamu semakin keren dan menarik.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas wisata di pantai Parai TenggiriKredit foto: Google Maps Daniel Haposan Marbun

Pihak pengelola pantai yang berada di bawah naungan resort ini telah melengkapi pantai indah ini dengan berbagai fasilitas unggulan dan menarik. Wisatawan khususnya pengunjung resort akan dimanjakan dengan segala fasilitas yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Tentunya obyek pertama yang dihadirkan adalah sebuah penginapan dengan private beach. Tak hanya itu, Pantai Parai Tenggiri juga menawarkan restoran dengan berbagai macam hidangan utama dengan cita rasa yang sangat lezat dan nikmat.

Pengunjung resort juga diberikan fasilitas berupa kolam renang khusus untuk berenang di pantai. Selain itu, beberapa fasilitas umum seperti mushola dan toilet juga tersedia di sini yang cukup bersih dan nyaman.

Hasil keseriusan resort dalam pengelolaan Pantai Parai Tenggiri selama ini terbayar dengan keindahan panorama pantai yang tetap asri dan selalu dirawat. Keindahan alam dan keindahannya juga membuat banyak wisatawan lupa waktu saat berkunjung ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button