Tempat Wisata

Pantai Parangkusumo Bantul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Parangkusumo Bantul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Terpesona dengan keindahan pantai legendaris, Pantai Parangkusumo di Bantul Jogja memukau dengan pesona keindahan pantainya sekaligus melibatkan pengunjung dalam keajaiban Gumuk Pasir yang mempesona.

Harga Tiket Pantai Parangkusumo : Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Pantai Parangkusumo, Kecamatan. Kretek, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Salah satu pantai di kota Jogja yang mempunyai aura mistis yang kental adalah Pantai Parangkusumo. Banyak cerita misterius yang menyertai pantai ini dan terkenal tidak hanya di kota Jogjakarta tetapi juga luar daerah. Meski memiliki kesan mistis yang begitu kental, namun pantai ini selalu ramai pengunjung.

Hal ini tidak lepas dari keindahan pantainya yang begitu indah dan menakjubkan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang rela mengunjungi tempat ini meski datang dari jauh. Di Bantul tidak hanya terdapat wisatawan lokal, namun juga banyak wisatawan mancanegara.

Oleh karena itu, bagi anda yang kebetulan ingin berlibur ke kota Jogjakarta tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pantai Parangkusumo. Pantai ini juga tidak jauh dari pantai populer lainnya yaitu Pantai Parangtritis. Oleh karena itu, ketika hari libur tiba, tempat ini wajib Anda kunjungi bersama keluarga.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Parangkusumo

Shutterstock Daya tarik Pantai ParangkusumoFoto: Shutterstock/Muhana Syafiquddary

1. Batu cinta

Pantai Parangkusumo menawarkan banyak atraksi sehingga menjadikannya salah satu pantai terpopuler di kota Jogjakarta. Salah satu daya tariknya adalah pantai ini mempunyai Batu Cinta. Batu ini ternyata terkenal dengan legenda yang menjadi tempat bertemunya penguasa pantai selatan Panembahan dengan Senopati.

Penguasa Pantai Selatan atau sering disebut Nyai Roro Kidul diyakini sebagai penguasa Laut Jawa bagian selatan. Legenda ini tidak hanya mengakar kuat pada masyarakat Jawa, namun juga masyarakat perkotaan lainnya.

Dan Batu Cinta dianggap sebagai salah satu tempat meditasi di Panembahan Senopati. Dan diyakini pula Senopati akhirnya bertemu dengan Nyai Roro Kidul. Menurut cerita yang beredar, ada perjanjian gaib antara Nyai Roro Kidul dan Banyak Senopati saat itu.

Perjanjian tersebut menyebutkan Panembahan Senopati bisa menjadi penguasa Jogjakarta asalkan menikah dengan Nyai Roro Kidul. Kesepakatan tercapai dan keduanya menikah, namun dengan syarat tidak ada anak di antara keduanya. Kisah mistis ini sangat melegenda dan masih dipercaya oleh masyarakat Jogjakarta.

Terletak di Pantai Parangkusumo, juga menjadi salah satu pusat tempat berlangsungnya tradisi Larung khas keraton. Biasanya ada acara mengapung saat bulan Syura. Selain itu pada hari-hari tertentu seperti Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon, pantai ini juga sering ramai dikunjungi masyarakat yang ingin bertapa atau bertapa.

Terlepas dari segala cerita mistis yang mengiringi pantai ini, ternyata terdapat keindahan alam penyembuhan yang begitu menakjubkan. Anda akan benar-benar takjub melihat panorama alam pantainya. Selain alamnya yang indah, Anda juga akan melihat banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama menginap.

2. Bukit pasir

Daya tarik selanjutnya adalah bukit pasir. Bukit pasir Parangkusumo merupakan salah satu spot sandboarding yang ada di Asia Tenggara. Tak salah jika akhirnya banyak wisatawan mancanegara yang tertarik mengunjungi pantai ini. Keindahan pasir hitam berbentuk bukit memang menjadi daya tarik tersendiri.

Jika Anda tidak menyukai sandboarding, di tempat ini juga memungkinkan Anda untuk sekedar bersantai di atas pasir hitam sambil menyaksikan indahnya matahari terbenam. Selain bermalam di bukit pasir, nantinya Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti menyewa TV untuk menjelajahi kawasan pantai.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda, nantinya bisa menyewa kereta atau kereta untuk menjelajahi kawasan sekitar Pantai Parangkusumo. Parangkusumo sebenarnya adalah sebuah pantai di Jogja dan satu-satunya yang memiliki sejarah mistis namun mempesona.

3. Keindahan matahari terbenam

Salah satu hal yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Parangkusumo adalah indahnya matahari terbenam di tepi pantai. Di sana Anda bisa melihat pantulan sinar matahari yang menyatu dengan warna jingga, kuning, dan jingga di langit. Suasana ini tentu akan menciptakan suasana yang sangat romantis.

Tentunya momen ini akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa harus diabadikan. Siluet yang tercipta dari cahaya juga menciptakan hasil potret yang menakjubkan. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, sebaiknya pilihlah musim kemarau.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai ParangkusumoFoto: Shutterstock/Kras_Stock

Seperti yang telah disebutkan di atas, Pantai Parangkusumo berdekatan dengan kawasan Pantai Parangtritis. Nantinya Anda bisa dengan mudah mengunjungi tempat ini selama berlibur di kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya pantai ini berada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Jika Anda memutuskan untuk meninggalkan pusat kota, waktu tempuh untuk sampai ke tempat ini minimal 1 jam. Jaraknya pun dari pusat kota Jogja sekitar 30 km.

Jika Anda masih bingung bagaimana menuju lokasi ini, Anda bisa menggunakan alat bantu navigasi ponsel cerdas Anda. Tentunya dengan cara ini Anda akan lebih mudah menemukan rute terdekat.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk menikmati keindahan Pantai Parangkusumo, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Seperti yang diketahui, Jogjakarta merupakan destinasi wisata alam yang murah. Oleh karena itu, tak heran jika tempat ini banyak dilewatkan oleh wisatawan.

Selain alamnya yang indah, keramahan penduduk setempat juga membuat wisatawan betah. Jika ingin menikmati panorama alam di pantai ini, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Tentu saja biaya ini sangat murah dibandingkan tiket masuk pantai lainnya.

Bagi Anda yang kebetulan membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir tersendiri. Jika membawa mobil, biaya parkirnya sebesar Rp 5.000. Namun jika membawa sepeda motor, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000.

Anda bisa mengunjungi Pantai Parangkusumo kapan saja karena tempat ini buka 24 jam. Namun sangat disarankan untuk datang pagi-pagi sekali, terutama bagi Anda yang ingin melakukan tapa atau semedi.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit di Pantai Selatan pada pagi hari. Jika Anda ingin menyaksikan upacara adat Larung, Anda perlu datang ke tempat ini pada malam hari di hari Kejawen atau hari Suro. Selain saat ini, pantai ini masih banyak pengunjungnya.

Aktivitas yang menyenangkan

Unsplash aktivitas di Pantai ParangkusumoFoto: Unsplash/Ake Widyastomo

Saksikan upacara Labuhan

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berkunjung ke Pantai Parangkusumo. Salah satu kegiatan tersebut adalah mengamati upacara Labuhan. Upacara ini berlangsung tepat pada awal bulan Ruwah setiap tahunnya. Tujuan utama dari upacara Labuhan adalah sebagai bentuk rasa syukur.

Seperti halnya ritual pada umumnya yang selalu ada sesajen, dalam upacara Labuhan ini banyak ditemukan barang-barang pribadi milik Sri Sultan selaku penguasa keraton. Barang-barang tersebut umumnya terdiri dari rambut, kuku, surjan dan beberapa hasil pertanian.

Selain barang-barang milik Sri Sultan, ada juga beberapa makanan khas Jawa yang kemudian juga terbawa ke laut. Tentu saja barang-barang tersebut pertama kali didoakan di kompleks Cepuri.

Setelah mendoakan barang-barang tersebut untuk dijadikan sesaji, para abdi dalem akan mengaraknya menuju Pantai Parangkusumo. Prosesi ini akan dihadiri oleh warga lokal maupun wisatawan yang kebetulan berkunjung ke kota Jogjakarta.

Pengunjung umumnya berebut sebagian makanan yang hanyut untuk mendapatkan berkah. Upacara ini telah diadakan selama bertahun-tahun dan kini menjadi program wisata dan budaya sehari-hari di pantai indah ini. Oleh karena itu, kemeriahan upacara Labuhan ini tidak boleh Anda lewatkan.

Saksikan upacara Melasti di Pantai Parangkusumo

Selanjutnya Anda bisa menyaksikan kemeriahan upacara Melasti. Di sini Anda dapat melihat latihan yang dimainkan. Karena upacara ini merupakan upacara keagamaan, maka yang hadir adalah umat Hindu yang mengenakan pakaian khas Bali.

Sebelum melakukan ritual, para peserta terlebih dahulu menampilkan berbagai tarian yang terlihat sangat indah dan menarik secara visual. Tak perlu khawatir meski Anda bukan penganut agama Hindu di sini, namun Anda dipersilakan untuk menghadiri upacara keagamaan tersebut.

Amati wisata spiritual

Kompleks Cepuri merupakan kompleks yang cukup luas dan dikelilingi tembok yang cukup tinggi. Kompleks ini terdiri dari bangunan yang lebih mirip paviliun dan dicat putih. Siapapun yang baru pertama kali berkunjung ke Pantai Parangkusumo pasti akan langsung merasakan kesakralan tempat ini.

Di sini Anda akan melihat dua batu besar berwarna hitam dengan ukuran berbeda juga saling berhadapan. Menurut sejarah, batu besar ini merupakan tempat bertemunya Senopati untuk bertapa atau bermeditasi. Saat itu Senopati Nyai bertemu dengan Roro Kidul di atas batu.

Tak sedikit pula pengunjung yang berziarah ke tempat ini dengan menaburkan bunga dan juga memanjatkan doa. Menurut petugas jaga atau penjaga yang menjaga tempat tersebut, Batu Cinta akan selalu ramai pengunjung pada hari Jumat dan Selasa di Kliwon.

Sebaliknya, di bagian utara Anda akan melihat hamparan karang yang warnanya agak kecoklatan. Batu ini berbentuk ular besar yang oleh penduduk setempat disebut Cepuri Parang Anom.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas pantai ParangkusumoFoto: Shutterstock/Muhana Syafiquddary

Wisata Pantai Parangkusumo dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Tentunya fasilitas tersebut akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Fasilitas tersebut misalnya, tempat parkir mobil yang luas dan aman. Selain itu, akses menuju tempat wisata sangat bagus.

Fasilitas berupa kamar mandi dan toilet juga akan Anda temukan di lokasi. Bagi yang hobi berburu foto, banyak spot foto yang sangat Instagrammable di lokasi ini. Anak-anak pun betah berada di sana karena tersedia wahana yang cukup lengkap.

Anda tidak perlu khawatir untuk membawa bekal makanan dari rumah karena di tempat ini Anda akan menemukan warung makan yang menyajikan berbagai menu khas Jogjakarta. Bagi Anda yang ingin bermalam, tersedia juga akomodasi dengan harga yang cukup terjangkau.

Demikian penjelasan lengkap yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Parangkusumo. Berlibur di tempat ini sesaat sebelum dimulainya liburan sangat direkomendasikan untuk Anda dan keluarga. Anda pasti tidak akan kecewa jika mengunjungi tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button