Tempat Wisata

Pantai Pasir Panjang Singkawang – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

Pantai Pasir Panjang Singkawang – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket
harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat; map: Cek lokasi

Singkawang merupakan kota dengan banyak objek wisata yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki keindahan yang begitu mempesona. Panorama alam yang tercipta dari air laut yang jernih dan hamparan pasir yang luas dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Dinamakan Pasir Panjang karena pantai ini terletak di daerah yang terbentang begitu panjang dan mengelilingi laut lepas. Hamparan pantai ini membentang lebih dari 3 kilometer. Tak hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pohon pinus yang asri dipandang.

Jika melihat keindahan pantainya, Anda juga akan melihat pulau-pulau kecil di dekat pantai ini yaitu Pulau Kabung, Pulau Lemukutan dan Pulau Randayan. Pengunjung juga bisa melihat kehidupan di perkampungan nelayan tak jauh dari pantai. Berikut beberapa hal menarik tentang Hits Beach di Singkawang.

Atraksi Pantai Pasir Panjang

Daya tarik Pantai Pasir PanjangSumber gambar: Google Maps Yusuf Ahmad

1. Keindahan pasir putih

Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya ini mampu menarik pengunjung yang berlibur di pantai eksotis ini. Area di sekitar pantai berpasir putih ini terlihat lebih bersih dan asri saat Anda melihatnya. Selain itu, pasir putih yang ada terlihat lebih indah saat terkena sinar matahari di siang hari.

2. Pemandangan matahari terbenam

Selain keindahan pasir yang ada, Pantai Pasir Panjang juga menawarkan momen-momen romantis yang bisa Anda alami menyaksikan matahari terbenam di pantai. Lokasi pantai ini juga sangat cocok untuk menikmati detik-detik sunset.

3. Air laut yang bersih dan jernih

Tentu saja, ketika Anda mengunjungi suatu kawasan wisata dan merasa kotor, Anda ragu untuk melakukan apa pun di sana karena merasa tidak nyaman. Namun hal tersebut tidak akan Anda alami saat berkunjung ke pantai ini, karena pengelola sangat menjaga kebersihan yang ada, sehingga Anda tidak perlu khawatir kebersihan pantai akan membuat Anda tidak nyaman.

4. Ombak pantai yang tenang

Atraksi Pantai Pasir PanjangSumber gambar: Google Maps Putrie Silalahi

Pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang yang bisa Anda gunakan untuk bermain air di pinggir pantai. Bagi anda yang suka berenang di pantai, anda dapat mengunjungi pantai ini karena ombaknya tidak terlalu kuat, sehingga sangat cocok untuk berenang dan bermain air di pantai.

5. Ditumbuhi pohon cemara

Daya tarik lain dari pantai ini adalah ditumbuhi banyak pohon pinus. Ini adalah hal yang sangat menarik yang bisa Anda temukan di pantai ini. Semilir angin pantai dan pepohonan pinus menambah kesejukan di sana.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai Pasir PanjangKredit foto: Google Maps Willy Rizkiyan

Pantai Pasir Panjang terletak di Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Singkawang, yaitu sekitar 20 menit atau 17 kilometer. Dari kota Singkawang, Anda bisa menggunakan jalur darat untuk menuju pantai ini.

Berangkat melalui ibu kota provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, perjalanan memakan waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Anda juga bisa memulai perjalanan dari Bandara Supadio, Kubu Raya. Dari Kota Pontianak, berkendara menuju Singkawang. Namun, waktu tempuh yang dibutuhkan lebih lama yaitu sekitar 3 jam.

Anda bisa menggunakan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, untuk mencapai tempat wisata tepi pantai ini. Namun, jika Anda datang berkelompok dengan bus, Anda harus turun dan turun di tempat parkir khusus. Bus atau kendaraan besar lainnya harus parkir di tempat parkir agar tidak memadati area pantai.

Untuk menuju kawasan wisata ini anda tidak perlu khawatir dengan akses jalan dan rute yang akan anda lewati. Karena tempat ini memiliki akses jalan yang baik dan terdapat banyak penunjuk arah yang dapat membantu Anda menemukan kawasan pantai ini.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pasir PanjangKredit Foto: Google Maps Willrosan Resmi #07

Tentu saja, setiap kali Anda mengunjungi suatu tempat wisata, Anda akan dikenakan biaya untuk memasuki kawasan tersebut. Juga di Pasir Panjang, namun anda tidak perlu khawatir dengan biaya masuk ke tempat wisata ini, karena harga tiket masuk di pantai ini relatif murah.

Anda hanya membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 pada hari libur. Untuk jam operasional pantai ini, yaitu buka mulai pukul 08.00 pagi dan tutup sekitar pukul 18.00 WIB.

Aktivitas Seru di Pantai Pasir Panjang

Aktivitas Pantai Pasir PanjangKredit foto: Google Maps Harwindra Yoga Prasetya

1. Bersantai di pantai

Pantai Pasir Panjang Singkawang menawarkan kawasan dengan suasana yang tenang, santai dan jauh dari kebisingan. Menikmati waktu di pantai bisa menjadi pilihan kegiatan yang menarik saat berkunjung ke pantai ini. Suasana yang tenang cocok untuk menenangkan pikiran. Suara angin sepoi-sepoi dan deburan ombak akan menghilangkan rasa lelah Anda.

2. Main banana boat

Pantai ini juga menawarkan berbagai wahana yang bisa Anda coba. Diantaranya adalah wahana banana boat. Dengan wahana air ini Anda bisa menjelajahi pantai bersama teman atau keluarga. Kendaraan ini dapat dikendarai oleh sekitar lima orang, Anda akan merasa seperti sedang melawan ombak pantai saat ditarik oleh speedboat berkecepatan tinggi.

3. Memancing

Pantai Pasir Panjang merupakan kawasan pemukiman berbagai jenis ikan. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa mencoba aktivitas memancing di pantai ini. Tempat memancing di tempat ini berada di ujung jembatan pantai. Sambil menunggu untuk mendapatkan ikan anda bisa menikmati indahnya panorama pantai.

4. Bermain pasir di area khusus

Aktivitas seru di Pantai Pasir PanjangKredit foto: Google Maps Dwi Akhmal Maulana

Sebagai destinasi keluarga, pantai ini banyak dikunjungi oleh pengunjung yang membawa anak-anak. Pantai ini pada dasarnya disukai oleh semua umur, dari anak-anak hingga orang tua. Ada area bermain khusus untuk anak-anak di sini. Area ini memiliki banyak permainan untuk dimainkan anak-anak.

5. Wisata Budaya

Pengunjung bisa melihat perkampungan nelayan yang tidak jauh dari kawasan pantai. Pengunjung bisa melihat bagaimana kehidupan para nelayan. Banyak nelayan yang tinggal di dekat laut karena sebagian besar masyarakat setempat berprofesi sebagai nelayan.

6. Naik speedboat

Jika ingin merasakan menjelajahi Pantai Pasir Panjang Singkawang, Anda bisa menggunakan speedboat yang tersedia di pantai ini. Berkeliling pantai dengan speedboat sambil menikmati udara laut dan angin dapat menyegarkan kembali semangat Anda.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit foto: Google Maps M Alma Arij

1. Hotel Pantai Palapa

Akomodasi terdekat adalah Palapa Beach Hotel. Hotel ini terletak hanya 500 m dari Pantai Pasir Panjang. Hanya membutuhkan waktu antara 2 dan 3 menit untuk sampai ke hotel ini dari area pantai. Fasilitas yang ditawarkan hotel ini juga cukup lengkap, seperti sarapan gratis, parkir, kolam renang, akses Wi-Fi gratis dan masih banyak lagi.

2. Villa & Hotel Hrison Singkawang

Penginapan lain yang terletak di dekat kota pantai ini adalah Villa & Hotel Horison Singkawang. Penginapan ini hanya berjarak sekitar 12 menit berkendara atau 950 meter dari pantai. Penginapan ini bisa menjadi salah satu pilihan akomodasi yang ramah kantong untuk Anda saat berlibur di pantai yang indah ini.

3. Dayak Resort Singkawang

Penginapan ini berjarak sekitar 6 menit dari pantai. Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga cukup lengkap, mulai dari parkir, akses internet gratis, kolam renang, spa dan sarapan gratis. Penginapan ini juga memiliki arsitektur bangunan yang indah. Kebersihan juga sangat diperhatikan di penginapan ini.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Pantai Pasir PanjangSumber gambar: Google Maps Putrie Silalahi

Fasilitas yang ada di kawasan Pantai Pasir Panjang antara lain pondok wisata, pemancingan, kolam renang, toko souvenir, taman bermain dan lainnya. Dengan tersedianya berbagai fasilitas tersebut, diharapkan pengunjung dapat merasa nyaman saat berkunjung ke pantai ini.

Pengunjung juga tidak akan kesulitan mencari makanan di tempat ini, karena kawasan pantai ini penuh dengan warung makan, restoran, kafe, bahkan pedagang asongan. Begitu juga bagi yang ingin menginap di dekat area pantai tidak perlu membawa tenda karena banyak penginapan di dekat area pantai.

Fasilitas bermain pantai juga sangat menarik untuk dicoba, seperti wahana banana boat, wahana speed boat dan go-kart. Beberapa taman bermain ini seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Nah itulah beberapa hal yang berhubungan dengan Pantai Pasir Panjang Singkawang mulai dari tempat wisata, itinerary, hal menarik untuk dilakukan dan dimana mencari penginapan terdekat di area pantai. Pantai ini tentunya menambah daftar pilihan wisata saat berkunjung ke Kalimantan Barat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button