Tempat Wisata

Pantai Pasir Putih Parbaba, pantai indah dengan perbukitan hijau eksotis di Samosir

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-11.00 WIB, Alamat: Parbaba Dolok, Kec. Pangururan, Cab.Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Pulau Samosir tidak hanya terkenal dengan Danau Toba saja, namun ada juga keindahan lainnya yang wajib Anda nikmati. Keindahan yang dimaksud tak lain adalah Pantai Pasir Putih Parbaba. Padahal, pantai ini sangat dekat dengan danau terbesar di dunia.

Pada hari-hari biasa, pantai yang sungguh mempesona ini tidak cukup ramai dikunjungi wisatawan. Tak sedikit wisatawan lokal yang terlihat sedang melakukan aktivitas liburannya di sekitar pantai.

Namun ketika musim liburan dimulai, pantai menakjubkan ini menjadi cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar.

Teman dan keluarga yang mengajak Anda berlibur ke pantai ini dijamin akan senang. Dengan cara ini liburan akan semakin tak terlupakan dan membuat ketagihan.

Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Jika Anda penasaran dengan pesona Pantai Pasir Putih Parbaba, bacalah informasinya di bawah ini.

Daya Tarik Pantai Pasir Putih Parbaba

Pantai Parbaba yang berpasir putihFoto oleh Asmar Siagian di Google Maps

Memiliki pemandangan perbukitan hijau yang indah

Yang unik dari Pantai Pasir Putih Parbaba adalah panoramanya yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Saat berada di pinggir pantai, biasanya kita akan melihat lautan luas bergaris-garis dengan langit tak berujung sejauh mata memandang.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun di pantai ini Anda bisa melihat deretan bukit yang membelah pantai. Perbukitan tinggi dan hijau ini mengelilingi kawasan Danau Toba.

Banyak perjalanan bermain

Daya tarik lain dari Pantai Pasir Putih Parbaba adalah memiliki sejumlah fitur perairan yang bisa membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Wisatawan bisa bermain jet sky, pedal boat, kano, donut boat, UFO boat dan babana boat. Setiap game drive memiliki biaya yang berbeda.

Misalnya untuk menaiki banana boat berkapasitas 8 hingga 9 penumpang, wisatawan bisa menyewa mulai dari Rp 250.000.

Untuk permainan perahu UFO anda akan dikenakan biaya sebesar 350.000 rupiah untuk 8 penumpang. Sedangkan donut boat berkapasitas 5 orang bisa disewa dengan harga Rp 300.000.

Bagi Anda yang tidak ingin menantang adrenalin, Anda bisa memilih wahana berupa sepeda air dengan biaya sewa Rp 50.000 selama satu jam. Harga ini setara dengan harga perjalanan perahu dayung atau kano.

Minumlah air segar

Jika dilihat sekilas, Pantai Pasir Putih Parbaba sebenarnya mirip dengan beberapa pantai lain yang ombaknya besar. Namun setelah diamati secara cermat, wisatawan akan menyadari bahwa kawasan ini lebih layak menyandang nama “tepi danau”.

Ya, letaknya di kawasan Danau Toba sehingga memiliki perairan yang tenang. Faktanya, air di pantai ini juga memiliki rasa yang segar. Air ini mempunyai arus yang sama dengan Danau Toba. Jadi tidak ada alasan untuk merasa aneh lagi.

Terletak di tepi Danau Toba

Disebut pantai dan memiliki pasir putih, namun sebenarnya bukanlah pantai seperti yang sering Anda temukan. Lokasi objek wisata ini berada di kawasan Danau Toba, sehingga angin yang bertiup di sana tidak terlalu kencang.

Perbukitan hijau yang menjadi pembatas antara Danau Toba dan pantai yang indah membuat suasana semakin asri. Selain itu, airnya yang tenang membuat wisatawan yang datang bisa nyaman bermain di objek wisata air tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai ParbabaFoto oleh Hesti Octavia Setyorini di Google Maps

Pantai Pasir Putih Parbaba yang istimewa ini terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Lebih spesifiknya terletak di Desa Huta Bolon. Bagi wisatawan yang datang ke pantai ini dengan kendaraan pribadi, rutenya tidak akan terlalu sulit.

Dari Kota Medan bisa lewat Berastagi lalu ke Kabanjahe. Saat sampai di Simpang Sidikalang atau Meke, belok kanan melewati Taman Wisata Iman. Selanjutnya masuk ke Simpang Desa Pulau Samosir yang terletak di Jalan Dolok Sanggul Sidakalang.

Waktu tempuh Anda dari Kota Medan mungkin memakan waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Dalam perjalanan Anda akan melewati gardu pandang berupa Menara Pandang Tele. Dari atas menara Anda bisa menyaksikan keindahan pantai. Kalau penasaran, bisa mampir dulu ke sini.

Biaya masuk dan jam buka

Setiap wisatawan yang datang ke Pantai Pasir Putih Parbaba dikenai tiket masuk yang relatif murah, cukup 5.000 rupiah saja. Tidak ada perbedaan harga tiket masuk pada hari biasa dan hari libur.

Sedangkan biaya parkir kendaraan wisata relatif murah yaitu 5.000 rupiah. Bagi Anda yang ingin liburan semakin seru dengan wahana pilihan, Anda harus membayar tiket tambahan tergantung jenisnya. Pasalnya, harga tiket wisata tersebut belum termasuk dalam penawaran gaming di sana.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata alam ini adalah pada pukul 07.00 hingga 11.00. Pasalnya, cuaca di pantai ini saat itu masih sejuk dan tidak terlalu panas.

Dengan begitu, Anda bisa puas dengan aktivitas seru di kawasan pantai ini. Atau di sore hari dari jam 3 sore sampai jam 6 sore.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Pantai ParbabaFoto oleh Aldy di Google Maps

1. Fotografi di tempat kekinian

Salah satu kegiatan yang wajib dan tidak boleh dilewatkan di Pantai Pasir Putih Parbaba adalah fotografi. Pemandangan berupa hamparan pantai luas yang ditutupi bukit-bukit tinggi menjadi spot favorit para wisatawan.

Anda dapat mengunggah rekaman Instagram-ready untuk ditambahkan ke koleksi postingan Anda di akun media sosial Anda. Selain itu juga bisa menjadi iklan objek wisata cantik tersebut agar semakin dikenal banyak orang.

2. Berjemur di pantai berpasir putih

Berjemur di pasir putih menjadi aktivitas menyenangkan di pantai ini. Apalagi bagi wisatawan mancanegara yang biasanya sangat suka berjemur.

Cuaca di Pantai Parbaba cukup panas sehingga cocok untuk berjemur. Ada juga persewaan tikar seharga 10.000 rupee di mana Anda bisa berjemur sambil menikmati panorama pantai yang menakjubkan.

3. Beli berbagai oleh-oleh

Berwisata tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas kawasan wisata tersebut. Di pinggir Pantai Pasir Putih Parbaba terdapat beberapa toko oleh-oleh yang menjual berbagai pernak-pernik cantik. Ada beberapa toko suvenir di mana Anda bisa menemukan segala sesuatu mulai dari harga murah hingga yang mahal.

4. Makan kuliner yang nikmat

Di kawasan sepanjang pantai terdapat sejumlah warung atau kantin yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Mulai dari makanan siap saji, snack, kue, dll. Ada juga minuman kemasan, teh hangat, es teh, kopi, susu, dll.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang mahal karena sebagian besar warung di pantai eksotis ini memiliki harga standar. Biasanya penjual memasang spanduk yang menjelaskan harga kuliner yang dijualnya.

5. Berjalan-jalan di sekitar Pantai Pasir Putih Parbaba

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas bersantai di pantai ini, berjalan-jalan di tepi pantai bisa menjadi pilihan. Aktivitas ini tidak akan membuat Anda mengeluarkan banyak tenaga. Saat Anda berjalan-jalan dan menikmati keindahan pantai, Anda akan merasa rileks dan segar.

6. Berkemah

Jangan lewatkan aktivitas berkemah di pantai ini. Pasalnya, suasana nyaman di kawasan ini tidak boleh Anda lewatkan pada malam hari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai ParbabaFoto oleh Arlin Windaryanti di Google Mpas

Pantai Parbaba merupakan salah satu objek wisata yang memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap. Meski letak objek wisata cantik ini cukup jauh dari pusat kota, namun fasilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Terdapat beberapa hotel atau penginapan di pinggir pantai yang bisa dipilih wisatawan.

Mulai dari model berupa rumah warga yang dialihfungsikan menjadi akomodasi hingga hotel yang dinilai profesional juga ada.

Akomodasi bermalam bagi wisatawan berupa tenda atau kabin juga disewakan di sini. Harga sewa tenda bervariasi antara 50.000 hingga 100.000 rupee tergantung posisi yang Anda pilih.

Toilet umum juga tersedia dengan membayar 3.000 rupiah untuk mandi dan 2.000 rupiah untuk buang air besar. Hanya saja kualitas sistem ini masih perlu ditingkatkan.

Tempat parkir di pantai ini luas dan dihiasi pasir putih yang indah. Wisatawan bisa leluasa menentukan area parkir kendaraannya.

Demikianlah informasi mengenai Pantai Pasir Putih Parbaba yang sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama teman atau keluarga.

Keindahan pantai yang mempesona ditambah dengan fasilitas yang memadai akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Ayo segera atur liburan di pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button