Tempat Wisata

Pantai Payung Batam – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Pantai Payung Batam – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket
harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kampung Melayu, Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Batam memang menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para traveller. Salah satu destinasi alam yang paling populer di Kota Batam adalah Pantai Payung karena menawarkan beragam keindahan. Ini menyajikan air laut yang jernih dan memiliki warna biru yang terlihat begitu indah. Pada siang hari traveler pasti akan terkagum-kagum saat melihat pantai.

Kawasan pasir putihnya selalu dibersihkan petugas agar wisatawan yang datang bisa betah. Selain itu, tersedia banyak kursi pantai untuk tempat bersantai saat berlibur. Traveler juga bisa menghabiskan waktu mencoba berbagai wahana seru. Ini membangkitkan minat para tamu untuk datang ke tur.

Ada pepohonan dan tanaman lain yang membuat udara lebih segar. Suasana yang asri ini membuat pantai semakin indah dan menjadi daya tarik tersendiri. Maka dari itu, jangan lupa luangkan waktu untuk mengunjungi Pantai Payung saat berada di dekat Batam.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Payung

Atraksi Pantai PayungSumber gambar: Google Maps Ruiyu Liang

1. Nuansa alami

Pantai Payung dikenal memiliki nuansa yang masih sangat alami. Air lautnya sangat bersih karena tidak tercemar sampah dan terlihat biru kehijauan. Saat air surut, pengunjung biasanya melihat biota bibir pantai. Mulai dari kerang, kepiting dan rumput laut, para traveler akan terpesona dan ingin berlama-lama di pantai.

Dari sudut yang berbeda, wisatawan bisa merasakan keindahan pohon kelapa dan mangrove. Resor ini dikelilingi oleh pasir putih yang melengkapi keindahan destinasi. Nuansa alamnya sangat diperhatikan oleh pihak pengelola sehingga bisa dinikmati kapan saja. Mereka yang datang juga diharapkan bisa terlibat dalam konservasi.

2. Lokasi matahari terbit dan terbenam

Matahari terbit atau sunrise bisa dinikmati dengan mata telanjang saat berkunjung ke pantai. Traveler bisa duduk-duduk di pinggir pantai dan merasakan sejuknya udara. Anda juga dapat berkemah selama kunjungan Anda jika Anda ingin melihat matahari terbit. Panorama ini memang menarik untuk dinikmati bersama kerabat saat berlibur.

Saat sore menjelang, ada juga pemandangan matahari terbenam yang tidak kalah indahnya. Warna langit berubah-ubah dan cocok untuk berfoto. Pengunjung biasanya membawa tikar saat menikmati sunset dari pantai. Oleh karena itu, destinasi alam Pantai Payung menjadi hits wisatawan untuk melihat matahari terbit dan terbenam.

3. Tempat yang nyaman

Suasana menenangkan di Pantai Payung Batam memang menjadi tempat bersantai yang menyenangkan. Suara ombak dan angin yang berasal dari pohon kelapa membuat wisatawan beristirahat di pendopo. Selain itu, pantai ini juga jauh dari keramaian penduduk setempat sehingga membuat para pelancong tidak terburu-buru untuk pulang. Jadi Anda bisa datang dengan kerabat dekat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PayungSumber gambar: Google Maps KODARUDIN YA

Pantai Payung Batam terletak tepat di Kampung Melayu Batam, dekat jalan raya. Lokasi destinasi tersebut memang sangat strategis karena dekat dengan pusat kota Batam di Kepulauan Riau. Ini memudahkan wisatawan untuk menemukan pantai tanpa takut tersesat. Bahkan, biasanya ada wisatawan yang datang bersama rombongan keluarga besar.

Wisatawan yang datang dari arah Hang Nadim bisa langsung menuju Jalan Hang Tuah. Kemudian ikuti petunjuk jalan dengan memasuki kawasan Jalan Hang Kesturi. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan gerbang pantai karena lokasinya sudah dekat. Selama liburan, pengunjung disarankan untuk datang lebih awal di pagi hari untuk menghindari terjebak kemacetan saat berkendara menuju tempat wisata.

Titik lokasi mudah ditemukan melalui Google Maps atau melihat rambu jalan langsung. Para tamu juga dapat menyewa pemandu wisata untuk membawa Anda ke tujuan Anda. Dalam perjalanan, wisatawan bisa melihat keindahan yang berbeda dari daerah lain. Jadi Anda tidak akan bosan meski menempuh perjalanan jauh.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Biaya masuk untuk Wisata Pantai PayungKredit Foto: Google Maps andy anjoyh

Pantai Payung Batam merupakan kawasan resort terjangkau yang menawarkan keindahan yang mempesona. Harga tiket mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 dan berlaku untuk semua tamu. Turis dari luar negeri juga dikenakan tarif ini karena semua harga sama. Tak heran jika kawasan pantai tidak pernah sepi wisatawan setiap harinya.

Semua destinasi dilengkapi dengan persewaan game yang tidak terlalu mahal. Traveler bisa menyewa untuk menikmati waktu liburan agar tidak membosankan. Anda juga dapat memarkir kendaraan pribadi Anda di properti yang tersedia. Harga tiketnya hanya Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor yang relatif murah.

Memang harga pantai ini cocok untuk rekreasi keluarga. Selain itu, bagi yang datang ke wisata indah ini bisa membawa bekal dari rumah. Hal ini membuat destinasi budget ramah kantong dan tentunya membuat Anda senang. Oleh karena itu, jadikanlah pantai-pantai indah di Batam ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Payung

Aktivitas menyenangkan di pantai payungSumber gambar: Twitter Sarah Nya

1. Snorkling

Keindahan bawah lautnya memang menarik untuk dilihat dari dekat. Selain itu, Pantai Payung memiliki terumbu karang dan biota air yang sangat indah. Traveler bisa membawa peralatan dari rumah atau menyewanya di tempat. Anda juga bisa mengabadikan keindahannya dengan kamera tahan air sambil menyelam bersama kerabat.

2. Saksikan matahari terbenam

Keindahan langit sore bisa dinikmati di pesisir pantai. Para tamu dapat duduk di kursi atau pasir untuk menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, perubahan warna langit menjadi jingga juga sering digunakan sebagai latar belakang gambar yang terlihat seperti siluet. Matahari terbenam akan seperti berada di balik jernihnya air laut.

3. Bermain bola voli

Pasirnya yang putih bersih cocok untuk bermain voli. Wisatawan juga bisa membawa jaring dan bola dari rumah untuk menikmati liburan. Permainan bola voli sangat seru saat permukaan berpasir terasa lembut. Selain itu, suara ombak akan menemani wisatawan bermain voli.

4. Ambil foto

Pantai Payung menawarkan spot yang bagus untuk sekedar berfoto. Traveler bisa pergi ke perairan laut atau kawasan berpasir yang menghasilkan foto alam. Tak hanya itu, kursi pantai dan jejeran pepohonan hijau juga kerap dijadikan backdrop yang unik. Yang paling penting adalah memilih pencahayaan yang baik agar hasil jepretan lebih indah dan menarik.

5. Berjemur

Di pagi hari, area pantai diterangi matahari yang bagus untuk berjemur. Pengunjung bisa membawa tikar dan kacamata hitam jika ingin melakukan aktivitas ini. Namun Anda harus datang pagi-pagi sekali karena udaranya masih sejuk untuk disentuh. Nikmati aktivitas seru dengan mencoba berjemur di destinasi alam yang indah.

6. Beli barang kuliner

Seluruh penjuru wisata menyajikan kuliner yang nikmat saat Anda mencicipinya. Anda bisa saja mampir untuk membeli olahan seafood dan es krim kelapa muda segar. Sajian kuliner ini cocok untuk bersantai di kawasan Pantai Payung. Selain itu, penjualnya juga sangat ramah terhadap semua pembeli, sehingga Anda akan merasa nyaman mencoba kuliner yang nikmat.

7. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang wajib dilakukan saat liburan di pantai. Air lautnya yang begitu jernih membuat wisatawan akan betah saat berenang. Ada juga pelampung dan alat bantu lainnya yang bisa disewa. Namun Anda harus berhati-hati saat berenang dengan memperhatikan ombak yang masuk agar tetap aman.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai ParasolSumber Gambar: Google Maps Sacri Siragar Sacri Siragar

Fasilitas Pantai Payung Batam cukup lengkap dan bebas digunakan serta dibayar oleh para pelancong. Kawasan pantai dihiasi dengan paviliun yang banyak digunakan untuk sekedar duduk santai. Anda akan merasa nyaman ditemani angin sejuk yang berasal dari pohon kelapa. Ada juga kamar mandi yang terlihat sangat bersih saat digunakan.

Untuk menjaga kebersihan, petugas menyediakan tempat sampah agar area tidak kotor. Selain itu, pantai ini juga menyewakan beberapa permainan menarik mulai dari banana boat hingga jet ski. Anda juga bisa menggunakan pelampung yang disediakan di pantai. Jadi jika Anda tidak bisa berenang dengan baik, Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut.

Di daerah lain, wisatawan bisa mengunjungi warung makan yang menjual aneka seafood. Mereka yang datang dengan mobil dapat parkir di tempat parkir di sebelah pintu masuk. Fasilitas tersebut dirancang untuk memastikan bahwa semua tamu merasa nyaman di pantai untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, gunakanlah fasilitas seperlunya saat Anda berlibur di pantai yang indah ini.

Itulah beberapa hal menarik dari Pantai Payung yang sangat populer di Kota Batam. Wisatawan bisa mengajak keluarga untuk menghabiskan waktu bermain air di tempat wisata alam tersebut. Yang terpenting adalah mengikuti aturan di pantai dengan tidak merusak alam. Persiapkan juga perlengkapan yang perlu dibawa dan digunakan saat berkunjung ke pantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button