Tempat Wisata

Pantai Pulang Sawal, panorama pantai yang menakjubkan di Gunungkidul

Pantai Pulang Sawal, panorama pantai yang menakjubkan di Gunungkidul

Keunikan topografi pantai ini jarang dimiliki oleh lokasi lain. Pantai Pulang Sawal menawarkan panorama pantai yang indah, pasir putih, dan tebing-tebing yang eksotis.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Ngasem, Kabupaten Sidoarjo. Tepus, Kab.Gunungkidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pesona bahari Indonesia tidak pernah habis dan keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Keindahan bahari Indonesia mampu memikat hati siapapun yang mengunjunginya. Di atas semua keindahan pantainya, Indonesia mempunyai banyak sekali pantai. Salah satunya adalah Pantai Pulang Sawal. Pantai fantastis ini terletak di Kegubernuran Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Pantai di Gunungkidul ini juga terkenal dengan kebersihannya. Hal ini tentu menjadi kabar baik karena indahnya pemandangan pantai tidak dirusak oleh sampah yang berserakan. Yang terpenting, pemandangan matahari terbenam benar-benar memanjakan mata.

Pantai Pulang Sawal, salah satu wisata pantai permata yang awalnya dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Namun nama tersebut menuai kontroversi karena Indriyanti bukanlah nama sebuah pantai. Melainkan nama salah satu pemilik kafe dan restoran di pinggir pantai. Namun karena pedoman pemerintah setempat, pantai ini kini mempunyai nama baru. Apa sajakah daya tarik pantai selatan ini?

Jogja Day Tour : Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Pulang Sawal

Objek Wisata: Pantai Pulang Sawal GunungkidulFoto: Google Maps/Harry Maulana

Layaknya wisata pantai, Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal juga memiliki keindahan alam khas pantai selatan. Pemandangan alam yang eksotis berupa pasir putih dan air laut biru yang berkilauan diterpa sinar matahari. Pesona ini menjadi salah satu keindahan alam yang menjadi daya tarik tersendiri.

✦ Pemandangan panorama pantai yang menakjubkan

Setibanya di sana, wisatawan yang datang langsung disambut dengan hamparan pasir luas. Pasirnya juga bersih sehingga sangat cocok dijadikan media bermain pasir. Meski ombaknya terkenal kencang, Pantai Indrayanti tetap menawarkan kejernihan air yang menawan. Apalagi pada siang hari, pantulan sinar matahari di laut membuat air laut terlihat seperti kaca.

✦ Menikmati keindahan biota laut

Seiring surutnya air laut, keindahan panorama pantai mungkin sedikit berkurang, namun tetap menawarkan keunikan tersendiri. Hal ini tidak menjadi masalah karena wisatawan dapat menemukan ikan hias dan biota laut lainnya di pantai. Namun, harap berhati-hati. Selalu pakai sepatu karena tidak ada yang tahu jika ada bulu babi yang mendarat dan terinjak wisatawan.

✦ Tebing pantai

Pantai Pulang Sawal mempunyai keunikan yang tidak dimiliki pantai lainnya. Ciri khas Pantai Indrayanti adalah keindahan tebing-tebing di kedua sisinya. Tebing ini populer di kalangan wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut dari ketinggian. Banyak pengunjung yang memilih tebing ini sebagai spot foto terbaik karena kamera bisa mengabadikan keindahan laut dari sana.

Promo hotel di Gunung Kidul

✦ Taman bermain anak-anak

Pengunjung yang membawa serta anak-anak rupanya tak perlu khawatir saat berlibur ke sini. Karena pantai ini mempunyai tempat bermain anak gratis. Area ini memiliki lubang bola, ayunan dan permainan menyenangkan lainnya. Anak-anak bisa bermain sepuasnya dan orang dewasa bisa menikmati kuliner sambil menjaga si kecil.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Pulang Sawal GunungkidulFoto: Google Maps/Sekar Rini Abidin

Pantai Pulang Sawal terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoarjo, Tepus, Gunungkidul, DIY Yogyakarta. Jika berangkat dari Kota Jogja, perjalanan akan memakan waktu minimal 2 jam. Jalur menuju pantai ini mudah dijangkau, wisatawan bisa melalui Wonosari Gunungkidul. Jika Anda ingin mengunjungi kami, mulailah perjalanan Anda dari Alun-Alun Wonosari dan kendarai kendaraan Anda menuju Pasar Hargosari.

Kemudian di perempatan pasar kedua ambil jalur kanan menuju Jalan Baron. Lanjut ke Karangrejek, Mulo, Kemiri, Polsek Tanjungsari dan Kemadang. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Retribution Collection Point. Belok kiri di pertigaan TPR dan terus sampai pertigaan Pantai Kukup. Belok kiri dan ikuti rambu menuju lokasi.

Tour Gunung Kidul Jogja: Pantai Kukup/Krakal – Pemandangan Laut Heha

Biaya masuk wisata bahari

Wisatawan yang masuk ke pantai ini hanya membayar Rp 10.000 per orang. Sedangkan biaya parkirnya hanya berkisar Rp 4.000 hingga 5.000 saja. Biaya masuk ini belum termasuk naik jet ski dan akomodasi lainnya seperti tenda, jasa fotografi, dan lain-lain.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pantai Pulang Sawal GunungkidulFoto: Google Maps/Hari Jatmiko

Pantai di Gunung Kidul ini sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisatawan keluarga. Pantai Indrayanti menawarkan beragam aktivitas seru serta sajian kuliner yang memanjakan lidah. Di bawah ini adalah contoh aktivitas yang dapat Anda lakukan di lokasi.

1. Piknik dan relaksasi di pantai

Pantai Pulang Sawal menawarkan panorama yang sangat indah untuk dipandang. Wisatawan disuguhi ekosistem alam yang begitu beragam. Mulai dari pasir putih hingga tebing karang. Jadi Anda bisa betah berlama-lama di sini. Selain itu kebersihan lingkungan sekitar juga diperhatikan.

Pantai ini merupakan tempat wisata yang lengkap, lengkap dan nyaman. Selain kebersihan, fasilitas yang disediakan pihak manajemen hotel juga sangat memadai. Hal ini menjadikan Pantai Indrayanti sebagai salah satu tempat liburan favorit warga Gunung Kidul. Pasir pantainya juga lembut, sehingga anak-anak bisa bermain pasir atau mencari kerang.

2. Menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Pulang Sawal

Melihat matahari terbenam adalah tujuan utama liburan pantai. Dimanapun letak pantai, menikmati matahari terbenam menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari pengunjung. Konsep wisata alam pantai mendukung kegiatan menikmati matahari terbenam ini. Wisatawan juga bisa menikmati matahari terbenam di pantai ini, pengalaman yang tak kalah menarik dari pantai terkenal lainnya.

3. Bermain jet ski

Mengingat ombaknya besar dan arusnya kuat, berenang di Pantai Pulang Sawal mungkin bukan pilihan terbaik. Namun, masih ada keseruan menanti Anda. Cobalah naik jet ski untuk merasakan petualangan di atas air. Jangan khawatir, keselamatan Anda terjamin dengan tersedianya jaket pelampung dan dukungan tenaga profesional di bidangnya.

4. Berkemah

Garis pantai yang luas dapat digunakan sebagai tempat perkemahan. Pengunjung dari luar bisa bermalam di lokasi perkemahan. Selama wisatawan jangan lupa menyiapkan perbekalan dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan dari rumah. Karena kalau malam, warung-warung disekitarnya tutup. Nikmati perasaan menghabiskan malam memandangi bintang dan bulan.

5. Kuliner yang nikmat di Indrayanti

Nama Indrayanti berasal dari sebuah restoran legendaris di pinggir pantai. Restoran ini sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu simbol utama Pantai Indrayanti. Kawasan ini tidak hanya memiliki restoran, tetapi juga kafe outdoor bertema tepat di tepi pantai. Pengunjung dapat menghabiskan waktu bersantai di paviliun dan memilih berbagai menu lezat.

Bagi pasangan yang sedang berbulan madu, kafe ini menawarkan paket makan malam romantis. Bayangkan bersantap di bawah langit berbintang, ditemani deburan ombak dan cahaya lilin yang mempesona.

6. Berfoto di Bukit Watu Gilap

Sebelum pulang, jangan lupa membawa kenangan berupa foto-foto yang kamu ambil. Salah satu spot foto terbaik di Pantai Pulang Sawal adalah Bukit Watu Gilap. Dari atas sini, wisatawan bisa dengan mudah menikmati panorama seluruh pantai. Akses menuju puncak bukit juga dilengkapi dengan tangga yang aman. Pemandangan matahari terbenam akan terasa semakin indah dari sini.

7. Carilah ikan hias di terumbu karang

Kontur pantai yang landai memungkinkan wisatawan melakukan berbagai aktivitas seru di sana. Misalnya saja mencari ikan di sela-sela karang. Karang panjang yang menjadi pembatas antara pasir dan ombak ini menjadi rumah bagi ikan hias dan biota laut lainnya. Anda terutama dapat menikmati keanekaragaman hayati ini saat air surut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Pulang Sawal GunungkidulFoto: Google Maps/Sugiharto Gito

Pantai ini merupakan tempat wisata yang populer dan tidak pernah sepi. Oleh karena itu, penyelenggaraannya tidak sembarangan. Toilet, kamar mandi, ruang ganti, akomodasi dan tempat parkir mudah ditemukan di sekitar pantai. Demi keamanan, seluruh kawasan dijaga oleh penjaga pantai yang selalu bersiaga.

Pantai Pulang Sawal merupakan destinasi wisata populer bagi warga Gunungkidul. Karena topografinya yang unik, pantai ini memiliki tebing dan pegunungan yang bagus untuk fotografi. Ombaknya yang besar juga cocok untuk olahraga air ekstrim seperti jet ski. Jika tak ingin bermain air, wisatawan yang datang bisa menikmati sajian kuliner lezat di Restoran Indrayanti.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button