Tempat Wisata

Pantai Rancabuaya Garut 🏖 Harga tiket dan rute

Pantai Rancabuaya di Kota Garut menawarkan pemandangan pantai yang masih alami dan suasana yang sejuk. Pantai ini identik dengan bebatuan karang yang cukup besar dan tebing tinggi disertai air terjun yang menyuguhkan pemandangan indah.

Sebagian besar dari Anda mungkin belum mengetahui nama objek wisata ini karena lokasinya yang masih alami. Namun pemerintah selalu berupaya membangun infrastruktur baru untuk meningkatkan potensi wisata yang luar biasa.

Pantai Rancabuaya Pantai Rancabuaya

Biaya masuk

Untuk menikmati keindahan alam di objek wisata ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang di akhir pekan, hari libur nasional, atau hari libur penting lainnya. Jika berkunjung di hari biasa tidak perlu membayar tiket, gratis masuk.

Pantai Ranca Buaya buka selama 24 jam sehari, sehingga Anda bisa berkunjung kapan saja untuk menikmati liburan di pantai yang indah.

Rute Menuju Pantai Rancabuaya

Objek wisata ini terletak di desa Purbayani, kecamatan. Caringin, Kab. Berjarak sekitar 135 km dari pusat kota Garut, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke objek wisata tersebut, dengan berbagai rute yang bisa dipilih.

Pertama-tama, Anda bisa mengambil jalur Pameungpeuk karena kondisi jalan sudah bagus dan cukup nyaman untuk menuju Rancabuaya. Jalur kedua yang bisa dipilih adalah lewat Pangelengan yang kondisi jalannya juga bagus dan nyaman.

Jalur terakhir yang bisa ditempuh adalah Ciwidey lalu menuju Cidaun hingga akhirnya sampai di Rancabuaya. Sebagian rute ini melewati Bendungan Jawa Barat sehingga Anda bisa melihat pantai selatan saat berkendara.

Hal menarik di Pantai Rancabuaya

Umumnya air di lautan berwarna biru, hijau, atau kombinasi keduanya tergantung pada kedalaman dan kejernihan airnya. Uniknya, pantai Rancabuaya sebenarnya memiliki tiga warna air laut yang berbeda, yakni putih, hijau, dan biru tua.

Ketiga warna ini berpadu menjadi satu dan terlihat sangat jelas jika dilihat dari atas. Ketiga warna kontras inilah yang menjadikan air laut di Pantai Ranca Buaya tampak luar biasa dan unik yang berbeda dengan kawasan pantai lainnya.

Daya tarik lain dari Pantai Ranca Buaya adalah keunikan tebing-tebing yang diukir berbentuk bukit-bukit yang saling terhubung. Perbukitan di sekitar pantai perlahan terkikis oleh angin laut dan ombak sehingga terciptalah tebing unik ini.

Dulunya tebing ini hanyalah tebing biasa, namun pihak pengelola menghiasinya dengan tema khas pantai agar tebing tersebut terlihat semakin menawan dan unik. Untuk memberikan kesan alami, pihak pengelola tetap mempertahankan warna alami tebing.

Aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama berlibur di pantai ini adalah berkemah. Sayangnya destinasi ini tidak menawarkan persewaan camping sehingga Anda harus membawa sendiri semua perlengkapan camping yang diperlukan.

Sore hari merupakan waktu terbaik untuk mendirikan tenda sebelum gelap agar bisa menikmati matahari terbenam. Setelah tenda didirikan, Anda bisa menikmati matahari terbenam sambil memanggang seafood, barbeque, dan makanan lezat.

Semakin larut malam, suasana semakin romantis sehingga membuat kegiatan ini cocok bagi pasangan muda yang ingin menghabiskan waktu bersama atau berbulan madu dengan lebih indah.

Salah satu keunikan yang jarang ditemui di pantai ini adalah air terjun. Di sini Anda bisa menikmati laut dan air terjun dari tebing di atas pantai. Air yang mengalir terlihat sangat jernih sehingga membuat suasana semakin menyegarkan.

Aliran air ini kemudian menciptakan tiga saluran sekunder tempat air memercik di sekitar tebing pantai. Untuk merasakan derasnya arus air terjun, banyak wisatawan yang berdiri di bawah air terjun dan merasakan sensasi menyegarkan.

Jangan lupa untuk berfoto di bawah air terjun dan berhati-hati saat masuk karena bebatuan di sekitar air terjun cukup licin.

Setiap pantai pasti memiliki suasana matahari terbenam yang begitu menakjubkan karena eksotiknya sinar matahari saat matahari terbenam. Tak heran jika pantai ini semakin ramai pada sore hari karena wisatawan ingin mengabadikan momen luar biasa di Pantai Rancabuaya.

Pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam dengan lebih indah. Karena kemiringannya yang menghadap ke barat, pantai ini tetap menjadi spot terbaik untuk melihat matahari terbenam, meski letaknya di selatan dan menghadap Samudera Hindia.

Pemandangan matahari terbenam pun terlihat jelas. Jadi jangan lewatkan untuk mengabadikan momen ini dengan ponsel atau kamera Anda.

  • Mencari ikan di karang

Seperti yang sudah dijelaskan, pantai ini memiliki tepian karang yang rendah sehingga terbilang aman untuk dimasuki. Ditumbuhi lumut hijau, karang ini tidak berbahaya sehingga cocok bagi wisatawan yang suka memancing atau memancing.

Banyak ikan-ikan kecil yang hidup di antara karang, sehingga tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk memancing dan menangkap banyak ikan. Jika ingin melakukan kegiatan ini pastikan membaca perlengkapan memancing, jaring dan ember atau wadah.

Memancing di pinggir pantai merupakan salah satu kegiatan seru yang pastinya patut anda coba saat berlibur bersama anak anda karena mereka pasti akan senang dan liburan kali ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jika Anda ingin menikmati liburan dengan aktivitas seru dan panorama yang luar biasa, jangan lupa untuk merencanakan liburan di Pantai Rancabuaya. Persiapkan diri Anda secara fisik untuk bisa menikmati berbagai aktivitas seru di pantai mempesona ini.

Ulasan pengunjung

Perjalanan Arso

01:52 10 Oktober 21

Pantai indah di pesisir selatan Garut, Jawa Barat

Resawati

14.46 24 Mei 21

Sekarang lebih terawat, alhamdulillah nyaman

Pazri Adhiana Wahiddin

07:09 03 November 21

Angin pantai kencang dan ombak tinggi, banyak terdapat restoran enak dan murah.

Yohanes

17:51 29 Desember 20

Tempat wisata di Kabupaten Garut Selatan antara lain wisata bahari

Gugum Chazli

11:52 13 November 21

Pantai karang yang nyaman. Namun sampah tersebut tidak tertangani dengan baik.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button