Tempat Wisata

Pantai Sadranan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pesona keindahan alam di Kabupaten Gunung Kidul seolah tak ada habisnya. Puluhan pantai berjajar dan menawarkan panorama alam yang menarik wisatawan untuk menikmati keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Sadranan yang menjadi destinasi populer para pecinta snorkeling.

Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini secara administratif terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda datang dari pusat kota Jogja, Anda harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan. Lokasi Pantai Sadranan juga tidak jauh dari Krakal, jaraknya hanya sekitar satu kilometer.

Pantai Sadranan

Lokasi Pantai Sadranan bisa dikatakan tersembunyi sehingga masih banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaan pantai indah ini. Meski demikian, tempat ini sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar snorkeling. Pantai ini menawarkan panorama bawah laut yang mempesona tak kalah dengan Pantai Nglambor yang juga menjadi salah satu spot snorkeling di Jogja.

Anda bisa melakukan lebih dari sekedar snorkeling di tempat wisata ini. Pantai Sadranan juga mempunyai berbagai keindahan yang ditawarkan. Kelelahan akibat perjalanan jauh seakan terbayar setelah sampai di pantai. Pantai yang eksotik dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantai dan air laut yang jernih seakan menyambut Anda di pantai ini.

Sejarah Singkat Pantai Sadranan

Ada cerita di balik nama pantai ini. Masyarakat setempat menganggap pantai yang memiliki keindahan bawah laut ini bukan sekadar tempat wisata biasa. Pantai ini terbilang keramat dan terdapat tradisi yang diwariskan secara turun temurun yaitu tradisi “Nyadran”.

Menurut budaya Jawa, tradisi Nyadran dapat diartikan dalam arti luas sebagai upacara adat keagamaan sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta. Rasa syukur ini dapat diartikan dengan melimpahnya hasil tangkapan para nelayan di pesisir pantai. Diketahui bahwa sebagian besar penduduk pesisir bermata pencaharian terutama dari makanan laut.

Nyadran sendiri berasal dari kata Sraddha yang berasal dari bahasa Sansekerta. Sraddha bisa diartikan dengan iman, orang jawa juga sering menyebutnya sadran. Dari perkataan tersebut akhirnya pantai ini diberi nama Pantai Sadranan. Sebab pantai ini merupakan tempat dilaksanakannya tradisi Nyadran.

Pesona Pantai Sadranan

Tempat wisata yang saat ini populer di kalangan anak muda ini memiliki pantai yang cukup luas. Pantai ini seolah tersembunyi di balik tebing karang yang mengelilingi pantai. Di sepanjang pantai terdapat pantai berpasir putih yang seolah menjadi landmark berbagai pantai di kabupaten Gunung Kidul.

Sejauh mata memandang Anda akan melihat lautan biru luas berpadu dengan tebing karang indah yang ditumbuhi pepohonan hijau. Air lautnya relatif tenang dan ombaknya tidak terlalu ganas seperti di pantai-pantai lain di laut selatan. Jernihnya air laut akan memudahkan wisatawan menikmati biota laut dari permukaan air.

Pantai Sadranan

Sama seperti Pantai Drini, Pantai Sadranan juga memiliki pulau kecil yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Pulau ini merupakan pulau karang yang terbentuk secara alami. Pulau ini tampak hijau dan ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan sehingga menambah keindahan panorama alam di pantai ini. Sayangnya, wisatawan tidak bisa mengunjungi pulau tersebut karena tidak ada akses jalan menuju pulau tersebut.

Pesona Pantai Sadranan seolah tak ada habisnya. Selain panorama yang indah, pengunjung juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam saat sore menjelang. Keindahan pantai ini terasa sempurna saat matahari terbenam datang. Angin sepoi-sepoi, deburan ombak yang menghantam bibir pantai, berpadu dengan rona langit yang jingga akan membuat Anda tak ingin meninggalkan pantai dengan pesonanya yang tak terhitung jumlahnya ini.

Pantai Sadranan juga merupakan tempat yang populer untuk berkemah. Deretan tenda yang berjejer rapi seringkali bisa Anda temukan di pinggir pantai. Saat senja tiba, banyak anak muda yang bercengkrama di sekitar api unggun dan menikmati keheningan malam di pantai ini.

Baca juga: Pantai Drini, pantai eksotik dengan pulau karang yang indah

Snorkeling di Pantai Sadranan

Di antara sekian banyak pesona yang ditawarkan pantai, snorkeling menjadi aktivitas yang paling menarik wisatawan ke tempat wisata ini. Pantai ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang tak kalah menarik dengan spot snorkeling lainnya.

Saat snorkeling, pandangan Anda akan disuguhi panorama bawah laut yang aduhai dan bisa berinteraksi langsung dengan ikan-ikan kecil, alga, dan terumbu karang yang masih alami dan terawat. Sifat airnya yang tenang menjadikan pantai ini tempat yang sempurna untuk snorkeling.

Bagi Anda yang baru mengenal dunia snorkeling tidak perlu khawatir. Sebab di pantai ini terdapat pemandu yang akan menemani Anda menjelajahi indahnya alam bawah laut Pantai Sadranan. Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling di sini dengan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda ingin mengabadikan momen saat menyelam di laut, Anda juga bisa menyewa kamera tahan air yang akan disediakan oleh pengelola pantai.

Ada beberapa spot snorkeling yang menakjubkan di Pantai Sadranan. Dari sekian banyak spot snorkeling, Spot Watu Pecah dan Spot Kali Senggoro menjadi destinasi para pecinta snorkeling. Jika Anda belum mengetahui lokasi tempat-tempat tersebut, Anda akan dipandu oleh seorang pemandu.

Di alam bawah laut pantai ini Anda bisa menemukan banyak spesies ikan langka. Seperti ikan kupu-kupu, morish idola, botana kuning, kerondong, ikan buntal, kerapu, ikan neon dan masih banyak lagi. Ribuan ikan cantik akan setia menemani Anda saat snorkeling di pantai ini.

Fasilitas di Pantai Sadranan

Fasilitas penunjang yang ada di tempat wisata pantai ini juga sangat memadai. Terdapat toilet umum, musala, dan sejumlah warung yang menyajikan hidangan seafood lezat yang akan menggugah selera pengunjung. Selain itu, tersedia juga tempat parkir yang cukup luas bagi Anda yang datang membawa kendaraan pribadi.

Ada juga paviliun kayu beratap jerami yang berjajar indah di tepi pantai. Setelah menjelajahi pantai-pantai indah di provinsi Yogyakarta, Anda bisa bersantai di pendopo.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai Sadranan

Pantai Sadranan menyembunyikan begitu banyak pesona keindahan alam di balik lokasinya yang tersembunyi di antara tebing karang kokoh. Pantai ini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi bagi anda yang menyukai pantai dan snorkeling. Keindahan alam bawah laut di pantai ini tak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya.

Bagi pecinta fotografi lanskap, tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang cukup mempesona. Pantai berpasir putih dengan luasnya laut biru serta pesona matahari terbenam tentu menjadi objek yang sangat menarik bagi Anda yang hobi berburu foto. Keindahan pantai ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding.

Jam buka dan tarif masuk Pantai Sadranan

Pantai Sadrana terbuka untuk umum 24 jam sehari. Selanjutnya Anda bisa mengecek HTM atau harga tiket masuk yang harus Anda nyatakan untuk menikmati keindahan wisata pantai ini pada informasi berikut ini:

  • Biaya masuk per orang untuk wisatawan lokal/asing adalah Rp. 10.000
  • Tempat Parkir Rp 5.000,-
  • Parkir motor Rp 2.000,-
  • Penyewaan peralatan snorkeling dikenakan biaya Rp. 50.000 per 2 jam.
  • Menyewa tenda untuk camping dikenakan biaya Rp. 50.000 per 24 jam.

Peta lokasi Pantai Sadranan

Tips Menuju Pantai Sadranan

  • Jika ingin snorkeling, waktu terbaik adalah pagi atau sore hari saat air laut sedang surut.
  • Bawalah sandal jepit untuk melindungi kaki Anda karena bebatuan di pantai ini cukup tajam.
  • Berhati-hatilah saat berkendara menuju pantai karena jalannya berkelok-kelok dan banyak tikungan terjal.
  • Jika Anda berencana berenang di pantai, sebaiknya bawa baju ganti.
  • Hati-hati saat bermain air, jangan sampai merusak terumbu karang.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri Foto Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Antusiasme pengunjung
Perburuan Foto

Sarana kuliner dan tempat istirahat di pinggir pantai
Potret Pantai Sadranan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button