Tempat Wisata

Pantai Sebalang Lampung – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 09.00-22.00 WIB, Alamat: J L. Patih Canggih, Kec. Katipung, Kab.Lampung Selatan, Lampung; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Selain masyarakat setempat, mungkin belum banyak yang mengetahui keindahan panorama tempat wisata di Lampung Selatan ini. Padahal, banyak objek wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke kabupaten ini, salah satunya adalah Pantai Sebalang.

Pantai ini merupakan pantai yang terkenal dengan sunsetnya yang indah. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa pantai ini memiliki keindahan yang mirip dengan keindahan pantai yang ada di Bali.

Tak hanya itu, Pantai Sebalang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar Anda. Bahkan setelah matahari terbenam Anda dapat bersantai dengan teman-teman Anda. Karena pantai ini buka 24 jam. Bahkan ada pengelola yang menyediakan petak-petak untuk berkemah.

Daya Tarik Pantai Sebalang

Objek wisata Pantai SebalangKredit foto: Google Maps Geo Evhans

1. Pasir putih bersih

Sesampainya di pantai, bersiaplah untuk disambut oleh hamparan pasir putih yang luas perlahan tersapu ombak yang menyapa bibir pantai. Garis pantai di Sebalang juga cukup panjang, sehingga jalan-jalan santai bisa menjadi pilihan Anda jika berencana menghabiskan waktu di sini.

2. Ombak relatif tenang

Dengan ombak yang terbilang tenang dibandingkan ombak pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Anda bisa mencoba berenang di kawasan pantai ini.

Namun, ingatlah bahwa Anda tidak boleh berenang terlalu jauh dari bibir pantai. Karena tidak ada penjaga yang bisa Anda andalkan saat mengalami masalah.

3. Banyak tempat kuliner

Ingin merasakan sensasi kuliner di pantai seperti di Pantai Jimbaran Bali? Sebenarnya tidak perlu terbang jauh-jauh ke Bali. Di Pantai Sebalang, Anda bisa mencicipi berbagai hidangan lezat yang disuguhkan oleh para pedagang di sekitar pantai.

Makanannya juga bervariasi. Dalam bentuk apapun makanan ringantersedia juga makanan berat bagi anda yang lapar dan tidak sempat makan sebelum perjalanan.

Jika Anda memiliki masalah minum, jangan tanya lagi. Bahkan, kini banyak bermunculan kafe di sekitar kawasan pantai. Nah, bagi Anda dan pecinta kopi lainnya, pantai ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati keindahan panorama pantai.

4. matahari terbenam Si Cantik

matahari terbenam cantik bukan cuma milik pantai-pantai di Bali lho! Pantai Sebalang juga punya matahari terbenam Pilih satu layak dilihat. Tak heran, banyak pengunjung kawasan pesisir ini datang untuk mengisi waktu dengan sengaja matahari terbenam selama melepas kaitan di daerah pantai.

5. Dekat kawasan hutan mangrove

Atraksi di Pantai SebalangKredit foto: Google Maps P. Danu Putra

Mangrove dikenal sebagai tumbuhan yang dapat mencegah abrasi oleh air laut. Nah masih satu area dengan Pantai Sebalang, bisa kok menemukan lebih jauh ke dalam hutan mangrove Sebalang.

Di sini Anda bisa berjalan-jalan dan menikmati pemandangan hutan bakau menutup. Trek yang disediakan tidak terlalu jauh sehingga Anda bisa menemukan tanpa lelah sambil berganti suasana saat bosan dari pantai.

6. Temukan foto yang harus dimiliki

Tidak lengkap rasanya jika Anda mengunjungi suatu tempat wisata tanpa menghabiskan waktu untuk berfoto. Wah sepertinya pengelola pantai ini benar-benar paham. Jadi jangan heran jika menemukan banyak lokasi foto yang berbeda Instagramable.

jauh Pendapat pantai yang indah, laut yang biru, hingga pemandangan pohon kelapa yang bisa dengan mudah Anda jumpai. Ada juga spot foto buatan yang bisa kamu akses dengan mengunjungi kafe-kafe tertentu.

Dermaga Sebalang juga bisa kamu gunakan sebagai background foto kamu lho. Jika Anda berdiri di dermaga, Anda bisa menonton Pendapat Tanah dari jauh yang sekilas terlihat seperti gunung. Belum lagi, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang lautan lepas yang sayang jika dilewatkan.

7. Tempat yang tepat untuk bersantai

Dengan segala “penawaran” yang diberikan, sayang sekali jika tidak mengunjungi pantai seindah ini. Pantai di Lampung Selatan ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda jika bosan dengan hiruk pikuk kota namun enggan berwisata ke tempat yang terlalu jauh dan berstatus “permata tersembunyi”.

Banyak karung kacang dan kursi berjemur disediakan di area ini. Anda bisa menyewanya untuk sekedar bersantai di pantai dan menikmati pemandangan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Objek wisata Pantai SebalangSumber gambar: Google Maps Daniel

Pantai Sebalang terletak di Kabupaten Lampung Selatan. Lebih spesifik lagi, pantai ini terletak di daerah Sebalang, Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung.

Jika Anda berangkat dari Bandar Lampung, Anda perlu berkendara sekitar 30,9 km melalui Jalan Lintas Sumatera. Rute yang harus ditempuh tidak terlalu sulit dan Anda bisa mendapatkan bantuan dari peta online untuk menuju tempat pantai tersebut.

Rute yang perlu Anda tempuh dari Bandar Lampung adalah Jl. Padjajaran – Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Lintas Sumatera – Jl. PLTU Sebalang – Jl. Pati menuntut.

Meski jarak dari kota Bandar Lampung tidak terlalu jauh, akan lebih baik jika menggunakan peta sebagai panduan. Jangan takut untuk bertanya kepada penduduk setempat karena tidak banyak penunjuk jalan untuk membantu Anda mencapai Pantai Sebalang.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Pantai SebalangKredit foto: Google Maps Glory Lampung

Mereka yang ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Pasalnya, tidak ada biaya khusus untuk masuk ke pantai ini. Hanya saja Anda harus membayar biaya parkir.

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per kendaraan untuk biaya parkir sepeda motor. Untuk mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 per kendaraan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Sebalang

Kegiatan di Pantai SebalangSumber Gambar: Google Maps Endang Mhaulana

1. Menikmati keindahan Pantai Pasir Putih

Pantai Sebalang merupakan pantai yang dikaruniai pasir putih yang bersih. Pantai di Lampung Selatan ini juga memiliki garis pantai yang panjang, sehingga Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai sambil menikmati keindahan pantainya.

2. Selfie atau memotret pemandangan laut

Suka selfie? Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai ini tanpa berswafoto, bukan? Dengan pemandangan laut yang indah, sayang sangat jika Anda melewatkan kesempatan untuk mengambil potret diri saat mengunjungi pantai ini.

Tidak hanya itu, bagi anda penggemar fotografi landscape/Lanskap, bersiaplah untuk membawa lebih banyak memori ok! Anda bisa meluangkan waktu untuk mengabadikan keindahan pantai ini menemukan Lokasi pinggir pantai dengan garis pantai yang panjang.

Tidak hanya foto pemandangan, Anda juga bisa mengambil foto kepentingan manusia atau fotografi makanan dengan sembako yang bisa anda beli dari penjual di sekitar pantai.

Bagi Anda yang gemar memotret pemandangan, jangan lewatkan kesempatan untuk memotret keindahan matahari terbenam Di pantai ini, ya! Pasalnya, pantai eksotis ini memang terkenal dengan keindahannya matahari terbenammiliknya. Maka jangan heran jika banyak pengunjung yang masih betah di pantai hingga matahari terbenam.

3. Wisata Kuliner

Mengunjungi pantai untuk wisata kuliner? Tidak apa-apa! Memasuki kawasan pantai ini Anda akan menemukan banyak penjual di sekitar pantai yang memiliki warung. Bagi penyuka kuliner yang memiliki banyak variasi hidangan, rasa bosan pasti bukan pilihan!

Beberapa makanan yang bisa Anda jumpai di kawasan Pantai Sebalang antara lain simba rebus, bakso, seblak, sop tulang sapi, ayam bakar dan cumi balado. Minuman yang ditawarkan pun beragam mulai dari minuman kemasan hingga minuman kopi ala kafe yang lengkap!

4. Berkemah

Berkemah di pantai bukan hanya tentang pantai Bali. Anda bisa berkunjung ke pantai ini kemudian bermalam di tenda sambil menikmati pemandangan pantai di malam hari.

Hanya saja Anda harus membayar sejumlah uang kepada pengelola. Pasalnya, tidak semua kawasan pesisir bisa digunakan untuk berkemah.

5. Bermain pasir dan air

Aktivitas seru di Pantai SebalangSumber Gambar: Google Maps Endang Mhaulana

Bagi pengunjung yang membawa putra/putrinya, kegiatan yang satu ini sangat cocok dilakukan di pantai ini. Pantai ini tidak hanya memiliki pasir yang bersih, Pantai Sebalang juga memiliki area bermain yang luas.

Dan tentunya berwisata ke pantai hanya untuk bermain pasir saja tidak cukup. Bermain air juga menjadi hal wajib saat berkunjung ke pantai cantik ini. Jangan khawatir, area ramah anak untuk bermain air mudah ditemukan di pantai ini.

6. Berenang

Nah, bagi Anda yang jago berenang, Anda bisa memanfaatkan ombak di pantai ini untuk berenang dengan mudah. Pastikan Anda tidak terlalu jauh dari pantai, oke?

Walaupun ombak di pantai ini tidak sebesar ombak di Pantai Kuta cocok untuk itu berselancarAnda perlu berhati-hati saat berenang karena tidak ada penjaga yang bertugas di area pantai ini.

Selain itu, tidak ada persewaan pelampung di area pantai. Jika Anda masih belum bisa berenang dengan baik, tidak ada salahnya memilih tempat yang lebih dangkal—atau hanya berenang di sekitar tepian.

7. Mengunjungi kawasan hutan bakau

Meski hutan mangrove tidak bisa dilihat langsung dari pantai, Pantai Sebalang juga terkenal dengan kawasan hutan mangrovenya. Tentunya jika melihat peta wisata pantai ini juga akan terlihat adanya taman bakau Sebalan bisa anda kunjungi.

Jalan-jalan di kawasan hutan mangrove cukup menarik lho. Karena Anda akan merasakan “menjelajahi” hutan tropis sambil mengagumi keindahan landscape yang disediakan.

Untuk mengunjungi cagar alam ini, akan lebih baik jika anda tidak berkunjung pada saat musim hujan. Pasalnya, jalan menuju cagar alam kerap berlumpur sehingga membahayakan pengunjung yang datang.

Fasilitas area pantai tersedia

Kredit foto: Google Maps Trisna Heryanto

Fasilitas yang paling umum di Pantai Sebalang adalah warung makan yang berjejer di tepi pantai. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan “perbekalan makanan” saat berkunjung ke pantai ini. Harga makanan yang ditawarkan tidak mahal. Live music terkadang tersedia.

Toilet disediakan oleh penjual di area pantai dan Anda harus membayar untuk menggunakannya. Selain itu, pantai ini memiliki tempat parkir yang luas.

Jadi Anda tidak perlu khawatir akan tertabrak saat berebut tempat parkir. Tiga mushola tersebar di area pantai, memungkinkan Anda untuk salat di kawasan wisata ini.

Selain itu, dealer menawarkan banyak kursi untuk makan ban karung kacang disewakan seperti di bali. Untuk menyewanya Anda bisa menghubungi dealer-dealer yang ada di kawasan pantai. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa tidak semua dealer menawarkan persewaan karung kacang untuk pengunjung.

Itulah beberapa hal yang menarik dari Pantai Sebalang. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata bahari ini? Yuk, luangkan waktu mengunjungi pantai eksotis Lampung Selatan!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button