Tempat Wisata

Pantai Sedari, perpaduan eksotisme pantai dan hijaunya hutan bakau di Karawang

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 06.30-00.00 WIB, Alamat: Kenali Kec. Cibuaya, Cab Karawang, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Sedari bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan saat berada di Karawang. Letaknya yang strategis di dekat kota membuat tempat wisata ini layak untuk dikunjungi. Pada waktu-waktu tertentu pantai ini begitu ramai dan ramai dikunjungi pengunjung. Alam yang masih asri menjadi salah satu alasannya, tentunya masih banyak lagi yang perlu dibahas.

Karawang memang bukan daerah yang seindah Bandung dan Jogja. Namun untuk kategori objek wisata, pemerintahan di Jawa Barat ini terbilang cukup lengkap. Sebut saja dari kategori wisata religi, wahana permainan, wisata alam dan masih banyak lagi lainnya. Pantai juga ada di sini dan menjadi wisata yang paling menarik untuk dikunjungi.

Dengan pasir berwarna coklat, Pantai Sedari menawarkan keindahan alam yang begitu eksotis. Disebelah pantai terdapat hutan bakau, walaupun awalnya dibuat untuk menahan abrasi, keberadaan pohon bakau ini menambah pesona tersendiri. Suasananya yang masih terlihat alami, sejuk dan asri membuatnya semakin populer di kalangan wisatawan.

Daya tarik Pantai Sedari

Objek wisata Pantai SedariKredit foto: Google Maps Kaya Sultan

Setiap wisata pasti memiliki daya tarik yang membuat pengunjung ingin datang. Dalam hal ini, pantai umumnya memiliki daya tarik karena air lautnya yang biru, pasirnya dan pemandangan alam di sekitarnya. Mirip dengan Pantai Sedari, sebagian besar daya tariknya tidak lepas dari semua yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Pemandangan Pantai Sedari yang unik

Pantai di Karawang ini tidak memiliki air biru jernih seperti di Bali atau tempat lainnya. Airnya berwarna coklat, terlihat keruh dari jauh. Namun, ada banyak keseruan yang akan Anda dapatkan di sini. Misalnya berenang atau bermain air di pantai. Untuk menjaga keamanan, pihak pengelola menyediakan ban apung, silahkan disewa.

Di sisi lain, pantai ini juga tidak memiliki pasir putih yang khas, melainkan pasir berwarna coklat. Tapi Anda bisa merasakan kelembutan pasir saat bertelanjang kaki. Detailnya sangat halus, yang biasanya digunakan sebagai mainan untuk anak-anak dan orang tua mereka.

2. Hutan bakau hijau

Daya tarik Pantai Sedari selanjutnya adalah adanya hutan bakau atau biasa disebut hutan bakau. Tidak semua pantai memiliki mangrove yang fungsi utamanya adalah menahan abrasi. Selain itu tumbuhan pantai ini juga berperan sebagai penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh biota laut di sekitarnya.

Bagi wisatawan keberadaan hutan bakau ini menambah keindahan, warna hijaunya juga terjaga. Sebagian besar pantai diketahui hanya ditumbuhi pohon kelapa yang merupakan tumbuhan khas mereka. Namun kali ini tidak, Anda tidak bisa menemukan pohon kelapa. Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati indahnya suasana hutan bakau.

3. Gelombang Tenang

Pantai Sedari banyak dikunjungi wisatawan bukan tanpa alasan, meski banyak pantai di Karawang yang menawarkan keindahan lebih. Salah satu alasan yang dimaksud adalah karena pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang karena karakteristiknya. Hampir tidak ada ombak besar yang datang ke pantai, hanya ombak kecil yang datang seperti ombak.

Untuk itu, pengunjung yang berasal dari keluarga bisa bermain bersama anaknya di pantai. Tetap saja, Anda harus berhati-hati dengan aktivitas di sini. Apalagi jika membawa anak-anak, awasi mereka dan jangan sampai mereka lolos dari pengawasan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SedariKredit foto: Google Maps Agile Zero

Sebelum mengunjungi Pantai Sedari, ada baiknya Anda mengetahui di mana letaknya agar mudah ditemukan. Alamat wisata di Karawang ini berada di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jarak dari Alun-alun Karawang atau pusat kota sekitar 47 kilometer, bisa ditempuh selama 1 jam 30 menit.

Memang cukup jauh dari pusat kota tapi lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk sehingga mudah ditemukan. Jika Anda sedang berada di pusat kota, silakan ke Tugu Proklamasi terlebih dahulu. Selanjutnya silahkan menuju ke Jalan Raya Medangasem, lalu ke Jalan Raya Bolang.

Gunakan Pasar Citopeng sebagai landmark berikutnya dan kemudian ikuti rute utama. Selama perjalanan anda akan menyusuri sungai Citarum dan melanjutkan perjalanan hingga melewati jembatan desa Sedari. Destinasi wisata berjarak kurang lebih 2,5 kilometer dari jembatan ini, silakan ikuti rambu atau gunakan Google Maps.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Mengunjungi Pantai Sedari Karawang tentunya tidak gratis, ada harga yang harus dibayar jika ingin masuk. Padahal, harga tiket masuknya tidak mahal karena hanya 10.000 rupiah untuk pengunjung yang datang. Dikatakan sangat murah karena dengan harga tersebut Anda bisa menikmati segala keunikan dan keindahannya.

Biaya tambahan hanya berlaku jika Anda membawa kendaraan sendiri, baik itu sepeda motor atau mobil. Untuk biaya parkir, keduanya memiliki harga yang berbeda tentunya. Jika Anda datang dengan sepeda motor, biayanya adalah 5.000 rupiah. Sedangkan jika membawa mobil, siapkan dana tambahan sebesar 10.000 rupiah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sedari

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai SedariSumber Gambar: Google Maps Puji Lestari

Banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Sedari, bahkan semuanya terbilang menarik. Misalnya bermain pasir dan merasakan kelembutannya, menikmati keindahan alam dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya kami telah merangkum kegiatan berikut!

1. Bersantai sambil menikmati pemandangan alam

Tidak terlalu bagus dibandingkan dengan pantai pada umumnya, tapi setidaknya Anda memiliki pemandangan air laut, pasir dan hutan bakau yang hijau. Wisatawan yang sedang tidak mood beraktivitas biasanya memilih untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Ditemani angin sepoi-sepoi yang berhembus, bersantai di sini semakin seru.

2. Naik perahu

Aktivitas menarik selanjutnya di Pantai Sedari adalah berperahu. Tempat wisata ini menawarkan banyak fasilitas pendukung termasuk perahu. Jika ingin merasakan dihantam ombak, silahkan sewa perahu. Menariknya, rute yang Anda tempuh melewati hutan bakau yang hijau dan menyejukkan pemandangan.

3. Berenang dan bermain air

Tidak bisa dipungkiri bahwa aktivitas yang paling menarik dan menyenangkan di pantai adalah berenang. Selain itu, pantai eksotis di Karawang ini termasuk yang memiliki karakteristik ombak yang tenang. Namun jika masih khawatir sebaiknya bermain air di pantai saja karena dijamin lebih aman namun tetap menyenangkan.

4. Bermain pasir

Tidak hanya untuk berenang dan bermain air, Pantai Sedari juga cocok untuk aktivitas bermain pasir. Salah satu kelebihannya adalah teksturnya yang lembut, lebih mudah dibentuk dibandingkan pasir putih yang berbutir halus. Pengunjung yang sering melakukan kegiatan ini tidak lain adalah anak-anak, ada juga orang dewasa yang menemani.

5. Wisata Kuliner

Rekomendasi aktivitas menarik lainnya saat berkunjung ke pantai cantik ini adalah wisata kuliner. Tak jauh dari pantai Anda akan menemukan banyak warung yang berjejer rapi. Sebagian besar warung yang dimaksud menawarkan menu ikan yang sangat cocok mengingat letaknya di pinggir pantai. Selain itu, ikan yang digunakan masih segar, kebanyakan diolah dengan cara dibakar.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai SedariKredit Foto: Google Maps Lusyana Tri Kusuma

Pantai Sedari dikelola dengan sangat baik oleh pihak terkait dan didukung oleh warga setempat. Oleh karena itu, fasilitas penunjangnya banyak, syaratnya cukup. Misalnya tempat parkir yang luas, bahkan bisa parkir tepat di pinggir pantai. Fasilitas lainnya meliputi toilet, mushola, paviliun, warung dan persewaan pelampung.

Berkunjung ke tempat wisata tidak hanya wajib saat liburan saja. Bagi sebagian orang, traveling adalah suatu keharusan untuk merefresh pikiran sehingga terasa fresh kembali. Dalam hal ini, Pantai Sedari memang layak menjadi pilihan utama saat Anda berada di Karawang karena menawarkan banyak keindahan dan daya tarik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button