Tempat Wisata

Pantai Semilir, pantai berpasir putih dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Tuban

Pantai Semilir, pantai berpasir putih dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Tuban
harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 06.00-17.00 WIB, Alamat: JL.Nasional 1, Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Cab.Tuban, Jawa Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Berbicara tentang tempat wisata pantai di Indonesia akan sangat seru bagi anda yang berencana untuk menghabiskan akhir pekan di pantai. Salah satu pantai yang mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda adalah Pantai Semilir di Tuban. Pantai yang terletak di Jawa Timur ini memiliki pemandangan yang sangat indah untuk anda nikmati.

Pantai ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang memancarkan pesona pemandangan yang indah dan memukau pengunjung dengan keindahan alamnya. Selain itu, wisata pantai ini tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok.

Pantai berpasir putih ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke pantai ini agar tidak datang dengan pengetahuan kosong. Ada baiknya Anda membaca dan memahami pernyataan berikut.

Daya Tarik Pantai Semilir

Atraksi pantai yang sejukKredit Foto: Google Maps Julian El Sanjaya

1. Sunset di Pantai Semilir

Sudah dijelaskan di atas bahwa Pantai Semilir berada di wilayah Jawa Timur yang menawarkan keindahan alam pantai yang akan memanjakan mata anda. Selain itu, daya tarik tersendiri bagi wisatawan adalah keajaiban matahari terbenam atau sunset yang sangat dinantikan karena bentang alamnya yang luar biasa indah.

2. Pasir putih

Selain itu, Anda juga bisa melihat hamparan pasir putih yang sangat luas yang akan membuat Anda terkagum-kagum. Jadi kamu bisa memanjakan mata dengan pasir putih yang sangat enak untuk kamu lihat.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Rute Lokasi Pantai SemilirKredit Foto: Google Maps Julian El Sanjaya

Bagi anda yang tertarik mengunjungi pantai yang satu itu dan belum mengetahui jalur yang harus anda lalui untuk menuju ke tempat tersebut. Lokasi Pantai Semilir berada di Desa Socorejo tepatnya di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Pantainya sendiri terletak di sebelah timur pelabuhan semen Gresik, berjarak sekitar 200 meter. Petunjuk arah berupa umbul-umbul ke arah utara dimana anda akan menemukan tulisan “Pantai Semilir”. Ada beberapa pilihan rute yang bisa Anda pilih jika ingin mengunjungi pantai ini.

Jika Anda berada di tempat ini, untuk rute pertama dari kota Tuban, mulailah dengan lurus ke barat dan ikuti jalur pantai utara ke Semarang atau Rembang. Selanjutnya melalui Kecamatan Jenu kemudian melalui Pasar Jenu. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah barat hingga menemukan Koramil.

Jika Anda sudah berada di Koramil, Anda akan menemukan persimpangan jalan. Anda perlu mengambil arah yang benar kemudian ikuti jalan utama hingga tiba di Masjid Al Mubarok. Lanjutkan perjalanan menuju pantai Semilir kemudian belok kanan di perempatan hingga melewati desa Rawasan.

Setelah sampai di ujung jalan desa, belok kiri dan lanjutkan perjalanan hingga menemukan desa Remen. Ikuti setiap petunjuk untuk sampai ke pantai yang menjadi tujuan akhir Anda.

Destinasi wisata di pantai ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 06.00 hingga 17.00 sore. Kawasan ini memiliki pesona sunset atau matahari terbenam yang sangat indah. Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa datang lebih pagi atau pulang sore hari.

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk anda yang mengendarai sepeda motor, sedangkan untuk mobil anda harus membayar Rp 5.000 sudah termasuk biaya parkir.

Aktivitas seru di Pantai Semilir

Aktivitas seru di Pantai SemilirSumber gambar: Google Maps Peter Lasvera

Keindahan alam Pantai Semilir yang juga memiliki berbagai aktivitas atau kegiatan yang bisa anda lakukan dikemudian hari jika ingin berkunjung.

1. Berenang

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di pantai adalah berenang. Sehingga ketika anda sampai di pantai, anda akan menemukan telaga atau telaga kecil di area pantai. Danau ini tidak memiliki arus yang kencang, arusnya cukup tenang sehingga memberikan keamanan bagi anak-anak saat berenang.

2. Bermain di pantai

Tidak lengkap rasanya jika hanya menghabiskan waktu liburan dengan duduk-duduk. Saat berada di Pantai Semilir Anda harus memanfaatkan waktu bermain bersama keluarga. Anda bisa menyewa jasa outbound di Tuban tanpa harus membawa peralatan sendiri. Jadi Anda bisa bermain dengan jasa pantai.

Salah satu permainan lain yang bisa Anda gunakan adalah bermain pasir bersama anak. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bagus, sehingga Anda tidak bisa menahan diri untuk tidak bermain pasir di pantai. Sehingga akan memberikan hiburan dan keceriaan dalam liburan keluarga anda.

3. Menikmati matahari terbenam

Tentunya bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai pasir putih ini bisa bertahan hingga senja. Anda akan dapat memiliki pemandangan saat matahari terbenam dengan keindahan yang cukup bagus. Diiringi dengan warna langit di pinggir pantai yang sangat mendukung akan sangat indah untuk anda lihat.

4. Berkemah

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di pantai Semilir adalah berkemah. Mendirikan tenda kecil di pinggir pantai akan sangat menyenangkan. Anda dapat menikmati keindahan dan ketenangan di malam hari. Jika Anda beruntung, Anda bahkan mungkin melihat bintang jatuh.

Namun, untuk bisa berkemah di pantai, Anda harus melapor terlebih dahulu kepada pengelola pantai yang ada. Jangan biarkan diri Anda pergi berkemah dan langsung mendirikan tenda tanpa melapor ke pantai.

5. Nikmati makanan laut

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menikmati hidangan laut yang disajikan di pinggir pantai. Setelah berenang dan bermain, Anda akan merasa lelah dan rasa lapar di tubuh Anda akan mulai terasa. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir kelaparan karena banyak terdapat restoran di sekitar pantai.

Rasa masakannya juga enak dan tidak kalah enak dengan di restoran-restoran ternama. Anda bisa menikmati hidangan tersebut sambil memanjakan mata dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Jadi bagi anda yang tertarik untuk mencoba seafood yang disajikan di Pantai Semilir ini, anda bisa langsung mencicipinya.

Fasilitas di sekitar pantai

Fasilitas di Pantai SemilirKredit foto: Google Maps Hafidz Firmansyah

Itulah beberapa pembahasan yang dapat dipaparkan dalam artikel ini mengenai daya tarik pantai, sehingga cukup banyak peminat yang ingin berkunjung ke pantai. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini layak untuk menjadi tujuan wisata Anda selanjutnya.

Demikian pembahasan artikel tentang Pantai Semilir di Tuban dan semoga artikel ini dapat memberikan anda sumber informasi tentang wisata pantai. Anda yang memang tertarik dengan keberadaan pantai ini bisa langsung mengunjungi rute yang telah dijelaskan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button