Tempat Wisata

Pantai Sipelot, pantai yang indah mempesona dan air terjun yang eksotis di Malang

Pantai Sipelot, pantai yang indah mempesona dan air terjun yang eksotis di Malang
harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tirtoyudo, Pujiharjo, Kec. Tirto Yudo, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Sipelot merupakan salah satu destinasi wisata bahari terpopuler di Kabupaten Malang, lebih tepatnya di Kecamatan Tirtoyudho, Desa Pujiharjo. Pantai ini selalu menjadi tujuan para wisatawan yang mengunjunginya. Tujuan para wisatawan di pantai ini tidak lain untuk menikmati berbagai keindahan yang ditawarkan kawasan pantai ini.

Terletak di selatan Kabupaten Malang, tempat ini bisa menampilkan banyak keindahan. Di antara kawasan pesisir lainnya yang juga berada di kabupaten ini, Sipelot mampu menawarkan pengalaman berbeda bagi setiap pengunjung yang datang.

Atraksi Pantai Sipelot

Pemandangan di Pantai SipelotPhoto credit: Instagram INFO WISATA MALANG BATU

Berada di antara gugusan pantai yang mengelilingi Malang bagian selatan, Pantai Sipelot menjadi salah satu destinasi wisata untuk melepas penat dari aktivitas. Pantai yang berbatasan langsung dengan medan perbukitan ini bisa menyuguhkan panorama hijau yang asri.

1. Tempat jembatan yang bagus

Bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama berupa jembatan gantung panjang yang mengarah ke laut. Dengan demikian, tempat ini mampu memenuhi keinginan para pengunjung.

Jembatan gantung yang dimaksud terletak tidak jauh dari kawasan pantai. Posisinya hanya antara 20 hingga 30 meter dari jalur pantai, dan pengunjung bisa langsung menuju puncak jembatan gantung.

2. Bukit kapur yang menjulang tinggi

Kawasan di sekitar Pantai Sipelot juga dikelilingi perbukitan kapur yang menjulang tinggi. Matahari tidak selalu bersinar di daerah ini.

Hal ini dapat menjaga suhu udara tetap segar. Dan pengunjung dihimbau untuk berlama-lama di area pantai.

3. Air terjun yang menyegarkan

Karena kedekatannya dengan daerah perbukitan, pantai ini bersentuhan langsung dengan dataran tinggi. Hal ini juga diversifikasi tempat wisata di sekitar pantai.

Selain pantai, pengunjung juga bisa menikmati wisata air terjun di dekat pantai. Pengunjung bisa merasakan segarnya air yang jatuh dari atas atau mandi di bawah derasnya air terjun.

4. Habitat ikan yang berbeda

Selain itu, Anda dapat bersantai di area pantai dan air terjun. Pengunjung juga bisa memancing di sekitar pantai.

Ada banyak habitat ikan yang hidup di sekitar pantai Sipelot. Pengunjung dapat menggunakan ini untuk menikmati kegiatan seperti memancing atau pemandangan dari atas kapal.

5. Tempat foto yang bagus

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai SipelotSumber Gambar: Google Maps jelek_

Baik pada sore atau malam hari, pantai ini selalu menawarkan kesempatan berfoto yang indah. Pengunjung dapat memilih beberapa sudut yang dapat digunakan sebagai latar belakang untuk mengambil gambar.

Pengunjung bisa memanjat jembatan gantung atau di bawah air terjun. Pengunjung juga bisa naik perahu nelayan untuk melihat pemandangan laut yang indah.

6. Senja yang menakjubkan

Keindahan pantai yang terletak di antara hutan belantara dan perbukitan kapur akan membuat sunset semakin indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari pantai atau kabin yang tersedia.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari bebatuan yang mengelilingi pantai. Pengunjung juga bisa melihat matahari terbenam dari atas bukit kapur yang tinggi.

7. Vegetasi hutan yang rimbun

Pepohonan yang tumbuh di sekitar Pantai Sipelot terkenal dengan diameternya yang tinggi dan rimbun. Hal ini dapat terjadi karena masyarakat setempat menggunakan sumber daya alam pada saat dibutuhkan.

Hal inilah yang membuat perjalanan ke pantai begitu memanjakan mata. Jalan pulang dari pantai pun tak kalah indahnya, karena banyak pohon bakau yang berjejer di sini.

8. Karang Hardy

Sebagai ujung yang mengubah terumbu karang menjadi tiang jembatan. Tentu saja, ini bisa terjadi karena terumbu karang bisa menjadi sangat besar.

Karang di kedua sisi jembatan gantung tumbuh subur dan kokoh. Hal ini memungkinkan penduduk setempat untuk membangun jembatan di kedua sisi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SipelotKredit foto: google maps why nf

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Sipelot tidak perlu khawatir. Karena sarana transportasi untuk menuju kawasan ini cukup tersedia.

Pengunjung dapat datang ke Kota Malang, Jawa Timur melalui jalur darat maupun udara. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju kecamatan Tirtoyudho dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kendaraan pribadi.

Setibanya di Kecamatan Tirtoyudho, pengunjung dapat mengikuti penunjuk arah menuju Desa Pujiharjo. Di sana pengunjung bisa mengikuti jalur yang disediakan pengelola.

Naiki beberapa tanjakan dan turunan karena membelah kawasan perbukitan. Pengunjung mencapai area pantai setelah kurang lebih 2 jam perjalanan.

Namun, pengunjung tidak perlu takut karena akan bosan selama perjalanan. Karena kawasan perbukitan yang mengelilingi pantai ini memiliki pemandangan hutan yang indah.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Pantai SipelotKredit Foto: Instagram Travel Information Malang Batu

Biaya masuk yang harus dibayar pengunjung untuk menikmati keindahan Pantai Sipelot hanya Rp 15.000. Biaya ini berlaku untuk biaya pengelolaan pantai dan pembersihan.

Juga, ketika pengunjung datang dengan kendaraan pribadi. Kemudian pengunjung harus membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 7.000 untuk kendaraan roda empat.

Ketika pengunjung ingin menggunakan fasilitas seperti toilet umum. Pengunjung diharuskan membayar biaya sebesar Rp 2.000 untuk setiap penggunaan.

Biaya lain yang harus dikeluarkan pengunjung adalah jika pengunjung datang dengan kendaraan umum atau sewa kendaraan. Untuk angkutan umum, biayanya berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

Untuk sewa kendaraan dari Kota Malang, pengunjung harus merogoh kocek lebih dalam. Biasanya layanan sewa untuk setiap mobil adalah Rp 200.000-400.000 tergantung berapa lama pengunjung tinggal di pantai.

Aktivitas menarik di pantai Sipelot

Aktivitas di Pantai SipelotKredit foto: Google Maps Kuri zemon87

1. Memancing

Pengunjung dapat memancing berbagai jenis ikan di kawasan pantai. Karena biota laut kaya akan spesies di sini.

Selain itu, pengunjung juga akan menemukan spot memancing yang bagus. Karena pantai ini menawarkan banyak spot khusus untuk para pemancing.

2. Menyelam

Penduduk setempat juga menyediakan peralatan selam bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut. Pengunjung dapat menyewa peralatan seperti kacamata renang dan sepatu khusus.

Pengunjung juga dapat membawa perlengkapan selam pribadi. Dan pengunjung bisa langsung menikmati keindahan alam bawah laut di kawasan ini.

3. Nikmati panoramanya

Karena ada beberapa spot yang indah, pengunjung bisa memanfaatkannya untuk menikmati panorama. Pantai ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah.

Area di sekitar pantai dipenuhi dengan pepohonan hijau yang rimbun. Juga karena pemandangan dari atas bukit dan dari pantai sama indahnya.

4. Jalan-jalan di pantai

Pengunjung bisa menyewa perahu dari nelayan untuk menikmati keindahan pantai dari jauh. Pengunjung dapat membawa perlengkapan pribadi untuk fotografi.

Pengunjung juga bisa berenang ke tengah laut dengan bantuan pelampung. Pengunjung bisa menyewa ban dari warga sekitar untuk digunakan sebagai pelampung.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai SipeletKredit foto: Google Maps Steven Westony

1. Akomodasi Tumpak Sewu

Penginapan ini memiliki banyak fasilitas untuk membantu kenyamanan pengunjung selama menginap, antara lain sarapan dan parkir gratis, kamar ber-AC, dan area bebas rokok. Karena tidak jauh dari pantai Sipelot, panorama dari penginapan ini sangat menarik.

2. Akomodasi Traveler yang terhormat

Selain itu ada penginapan yang khusus dibuat untuk backpacker, penginapan ini sendiri memiliki kisaran harga yang ramah kantong bagi pengunjung. Tersedia kamar untuk 1 hingga 6 orang dalam satu kamar, sehingga pengunjung bisa leluasa menyewa kamar untuk diri sendiri maupun rombongan.

3. Akomodasi Yanto

Akomodasi terakhir di dekat area pantai adalah Yanto Homestay, pengunjung diberikan fasilitas berupa air bersih, sarapan pagi dan WiFi gratis, serta tempat parkir yang luas. Selain itu, pengunjung penginapan ini juga bisa memesan langsung secara online.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai SipelotKredit Foto: Instagram Travel Information Malang Batu

Saat pengunjung datang ke Pantai Sipelot di akhir pekan, pengunjung bisa mendapatkan fasilitas tambahan berupa gubuk gratis untuk berteduh. Namun, ketika pengunjung datang di hari biasa, fasilitas yang didapatkan pengunjung tak kalah menarik.

Pengunjung diberikan fasilitas berupa toilet umum, tempat ibadah dan juga tempat sampah umum. Selain itu, pengunjung juga mendapatkan spot foto yang indah dan juga jembatan gantung yang menghubungkan pulau-pulau di sekitar pantai.

Fasilitas lain yang dapat digunakan pengunjung di pantai ini adalah perahu nelayan milik nelayan. Pengunjung bisa menggunakan jasa kapal untuk berwisata pantai.

Itulah beberapa fasilitas, manfaat, atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Sipelot Malang. Sebagai daerah yang menjadi tujuan wisata bagi banyak pengunjung, tentu saja Malang terus berbenah untuk menciptakan kawasan wisata yang lebih baik di masa depan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button