Tempat Wisata

Pantai Sosro, pantai eksotis dengan pemandangan alam yang mempesona di Karangasem Bali

Pantai Sosro, pantai eksotis dengan pemandangan alam yang mempesona di Karangasem Bali
harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Subang, Kec. Karangasem, Taksi Karangasem, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Sosro merupakan salah satu tempat wisata pantai di Karangasem Bali yang cocok untuk dikunjungi saat berlibur. Memang tidak seramai pantai pada umumnya, seperti Pantai Lovina, Pantai Kuta, dan Pantai Seminyak. Namun bukan berarti Anda harus mengorbankan keindahan, karena berkunjung ke sini dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama karena suasananya yang tenang.

Bali adalah pulau dengan sejuta keindahan. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi, baik berupa bukit, gunung, air terjun dan permainan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa Bali lebih dikenal dengan ratusan pantainya yang memukau, masing-masing dengan ciri khasnya sendiri daripada pesonanya.

Pantai di Bali rata-rata memiliki ombak yang tinggi. Ini karena lokasinya tepat di Samudera Hindia. Namun ada beberapa yang tidak terlalu tinggi, ombaknya tenang dan menciptakan suasana hening. Dengan banyaknya pantai, Bali dikenal sebagai pulau seribu pantai dan menjadi surga bagi para wisatawan.

Daya tarik itu milik Pantai Sosro

Objek wisata Pantai SosroKredit foto: Google Maps Milan Hrůza

Salah satu pantai di Bali dengan keindahan alam yang luar biasa adalah Pantai Sosro. Dari namanya sudah cukup jelas kalau pantai cantik ini terletak di Kabupaten Karangasem, lebih tepatnya di kawasan Subagan. Pantai ini memang masih sepi, namun tetap memiliki pesona tersendiri.

1. Pemandangan laut lepas yang indah

Setiap pantai pasti memiliki pemandangan laut, bahkan bisa dibilang itu adalah pemandangan utama. Di sini lautnya terlihat luas dan sangat indah. Tidak ada batasan pandangan ke depan, hanya garis horizontal yang memisahkan air laut dari langit biru cerah.

Jika melihat ke samping, pantai Sosro Karangasem dibatasi oleh daratan yang berkelok-kelok. Berbeda dengan pantai umumnya yang berpasir putih, pantai ini dihiasi pasir berwarna hitam kecokelatan, teksturnya agak kasar karena bebatuan. Garis pantainya juga tidak terlalu lebar, hanya beberapa meter memisahkan laut dari daratan.

2. Air Laut Biru yang Menenangkan

Daya tarik selanjutnya bisa dikenali dari warna air lautnya yang terlihat biru sejuk. Tidak selalu demikian, karena warna air laut berubah mengikuti pasang surut dan arus yang kuat. Saat arus tenang, warna air laut terlihat biru muda menampakkan keindahannya.

Sebaliknya, saat arus kencang, air laut biasanya berubah warna menjadi coklat. Hal ini disebabkan bagian dasar laut yang berupa lumpur dan pasir, mengembang ke atas. Perbedaan warna air juga tergantung pada kedalaman laut. Pada saat air pasang yang berarti air sedang pasang, warna air laut terlihat cukup jernih dan indah.

3. Gelombang cenderung tenang

Pantai Sosro berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tapi ombak disini agak tenang, hampir tidak ada ombak yang menggulung. Terkadang, saat angin kencang, ombak besar terlihat dari jauh. Perpaduan birunya laut dengan buih ombak yang putih semakin memeriahkan suasana.

Berkunjung ke pantai cantik di Bali ini dijamin bikin betah, siapapun itu. Meski sering ke pantai, suasananya berbeda dengan di sini. Selain itu, hingga saat ini masih sepi pengunjung dan cocok sebagai tempat penyembuhan untuk melepas penat akibat aktivitas sehari-hari.

4. Eksotisme gunung dari jauh

Selain hal diatas, daya tarik Pantai Sosro selanjutnya adalah pemandangan gunung dari kejauhan. Meski dari kejauhan, pemandangan ini masih cukup jelas. Ini karena gunungnya sangat tinggi, terlihat begitu eksotik dari kejauhan.

Ini mengacu pada Gunung Rinjani di Pulau Lombok. Bisa dibayangkan seberapa besar sehingga masih sangat jelas dari Bali? Kontur bebatuan khas pegunungan terlihat jelas, demikian pula bentuknya yang mengerucut. Kombinasi dari semua atraksi inilah yang membuat pantai ini layak untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SosroKredit foto: Google Maps Yusrina Foury

Jika anda tertarik mengunjungi Pantai Sosro, silahkan hubungi alamat Desa Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Tidak sulit menemukan wisata indah ini karena letaknya yang cukup strategis. Jaraknya hanya sekitar 18 kilometer dari pusat kota, yang bisa Anda tempuh dalam waktu 40 menit.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, silakan ke Pura Penataran Agung terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan ke Jalan Dharmawangsa lalu belok kanan setelah pertigaan menuju Jalan Saren Kauh. Setelah kurang lebih 1 km, belok kiri menuju Jalan Nanas setelah menemukan pertigaan.

Rute selanjutnya menuju Jalan Achmad Yani hingga sampai di Patung Salak. Menuju Jalan Raya Perasi dan belok kiri setelah pertigaan SPBU. Dari sini silahkan ikuti rambu-rambu, pantai Sosro Karangasem berjarak sekitar 600 meter. Jika masih bingung, tidak ada salahnya menggunakan Google Maps.

Pantai yang indah ini menawarkan tempat parkir yang cukup luas, selanjutnya Anda tinggal berjalan kaki menuju pantai. Tidak ada gerbang masuk atau loket penjualan tiket, dengan kata lain, tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi pantai menawan di Karangasem ini. Namun, Anda perlu menyiapkan sejumlah kecil biaya parkir tergantung pada jenis kendaraan yang Anda bawa.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Sosro

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai SosroKredit foto: Google Maps Yusrina Foury

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa berada di Pantai Sosro tidaklah membosankan meski memakan waktu lama. Hal ini dikarenakan banyak aktivitas yang bisa dilakukan, ada yang hampir seperti pantai pada umumnya. Simak beberapa aktivitas menarik di bawah ini untuk lebih jelasnya!

1. Main air dan pasir

Salah satu kekurangan dari aktivitas di pantai eksotis Bali ini adalah tidak bisa digunakan untuk berenang. Bukan hanya karena kedalaman air lautnya, tetapi di bagian pinggirnya sebagian besar dipenuhi bebatuan karang. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa bermain air dan pasir di pantai sambil mengejar ombak yang datang.

2. Menikmati pemandangan alam

Daya pikat keindahan alam yang dimiliki Pantai Sosro akan sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Terkadang air laut berwarna biru, ombaknya menenangkan dan beberapa tumbuhan hijau sangat cantik dipandang mata. Ditambah lagi, ada pemandangan ikonik yang belum tentu dimiliki pantai lain, yaitu Gunung Rinjani.

3. Bersantai di Pantai Sosro

Jika sedang tidak ingin beraktifitas, Anda bisa bersantai sambil menghirup udara pantai yang khas. Di sini tidak ada tiket masuk, tapi dari segi fasilitas cukup lengkap. Anda bisa bersantai di saung atau gazebo yang disediakan warga sekitar, atau bermain ayunan di pinggir pantai.

4. Menunggu matahari terbenam

Tak jauh berbeda dengan kondisi pantai pada umumnya, Pantai Sosro di Karangasem juga memiliki pemandangan sunset yang begitu eksotik. Cahaya oranye samar perlahan memudar menjadi kegelapan. Langit biru cerah membuat pemandangan semakin indah, tak terasa malam telah datang menggantikan siang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai SosroKredit foto: Google Maps Indra Gunawan

Dari segi fasilitas, objek wisata pantai ini juga tidak kalah, meski Anda bisa memasukinya kapan saja dengan gratis. Tersedia tempat parkir mobil yang luas, silahkan cari tempat yang teduh tergantung jenis kendaraannya. Di sini juga tersedia toilet bagi yang ingin membersihkan diri, gazebo untuk relaksasi dan istirahat, serta stand snack.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan liburan yang layak Anda dapatkan. Anda bisa mengunjungi Pantai Sosro yang sampai saat ini belum ada tiketnya. Meski gratis, namun dari segi keindahan dan daya tariknya sama sekali tidak kalah dengan objek wisata lainnya. Sedikit tips sebelum berkunjung: pastikan cuaca cerah untuk mendapatkan keindahan yang lebih sempurna.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button