Tempat Wisata

Pantai Tanjung Pasir menjadi saksi deretan pulau-pulau kecil Kepulauan Seribu di Tangerang

Pantai Tanjung Pasir menjadi saksi deretan pulau-pulau kecil Kepulauan Seribu di Tangerang
harga tiket: Rp10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjung Pasir, Kec. Teluknaga, Kab.Tangerang, Banten; Map: Periksa lokasinya

Hampir seluruh kota di Banten memiliki pantai indah yang cocok dijadikan tempat refreshing. Tangerang juga memiliki pantai bernama Tanjung Pasir yang menjadi destinasi populer di awal musim lebaran. Tak heran jika pantai ini populer di kalangan wisatawan.

Pasalnya wisata bahari dengan garis pantai sepanjang 2 kilometer ini menawarkan keindahan luar biasa yang dijamin membuat semua orang betah melihatnya. Selain itu, dari pinggir pantai juga terlihat deretan pulau-pulau kecil Kepulauan Seribu yang begitu memanjakan mata. Kegembiraan apa yang menanti Anda di pantai indah ini? Mari lihat.

Lihat penawaran hotel di Tangerang

Daya Tarik Pantai Tanjung Pasir

Objek wisata pantai Tanjung PasirFoto oleh Daniel Hutabarat di Google Maps

✦ Pulau Seribu Pulau Kecil

Jika berada di pesisir pantai, Anda bisa melihat dengan jelas deretan pulau-pulau kecil yang membentuk wilayah Kepulauan Seribu. Pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa.

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu. Pantai di sana tak kalah indahnya dan menawarkan pasir putih berpadu dengan laut biru super jernih. Selain itu, udaranya sejuk dan bebas dari polutan khas perkotaan. Untuk menuju Pulau Untung Jawa dari Tanjung Pasir, Anda perlu membayar biaya sekitar Rp. 50.000.

✦ Permainan air

Di Pantai Tanjung Pasir terdapat banyak fitur air yang bisa dicoba oleh pengunjung. Jadi Anda tidak hanya bisa berenang atau bermain air saja, tapi juga mencoba wahana menarik seperti banana boat. Untuk menjamin keselamatan, saat mengendarai kendaraan ini, Anda akan dilengkapi dengan jaket pelampung terlebih dahulu.

Dengan banana boat Anda melaut untuk lebih mengenal laut. Bersiaplah basah saat banana boat berbelok tajam di tengah laut. Pastinya bagian ini akan memacu adrenalin Anda dan membuat liburan Anda semakin berkesan dan tidak biasa-biasa saja.

Tiket Ricastro Waterzone Tangerang

✦ Penangkaran buaya

Tanjung Pasir Tangerang tidak jauh dari kawasan penangkaran buaya. Jadi anda bisa singgah disini terlebih dahulu sebelum menuju ke pantai atau bisa juga mampir ke sini bila sudah bosan bermain-main di pantai. Peternakan buaya tidak menawarkan atraksi khusus untuk hewan-hewan tersebut.

Meski begitu, ada banyak spesies buaya yang bisa Anda lihat. Jika Anda membawa anak-anak, mereka akan senang melihat buaya dengan berbagai ukuran mulai dari sedang hingga besar. Ada pula buaya langkah putih yang hidup di penangkaran. Jika beruntung, Anda juga bisa berada di sana saat pawang anjing memberi makan buaya.

✦ Kawasan mangrove Tanjung Pasir

Kawasan sekitar Pantai Tanjung Pasir terkenal dengan hutan bakaunya yang menakjubkan. Hutan ini tidak hanya melindungi dari abrasi, tetapi juga menjadi tempat populer bagi wisatawan untuk berfoto. Dan bagi pecinta memancing, terdapat peta terdekat yang bisa Anda gunakan.

Cek tiket Newtown Waterpark Tangerang

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di pantai Tanjung PasirFoto oleh Moch Nurihfan di Google Maps

Pantai indah dengan keindahan alam yang asri ini terletak di Desa Tanjung Pasir, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk sampai ke pantai.

Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta, mungkin diperlukan waktu sekitar satu jam untuk mencapai tujuan Anda. Anda dapat mengendarai kendaraan menuju Kampung Melayu untuk sampai ke lokasi pantai. Nanti bisa parkir di area Dermaga Tanjung Pasir. Tempat parkirnya cukup luas, jadi tidak perlu khawatir jika datang bersama rombongan.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk untuk masuk ke Pantai Tanjung Pasir sangat murah karena pengunjung hanya membayar biaya sekitar Rp 10.000 saja. Belum termasuk biaya taman dan sewa perahu jika berlayar ke Pulau Untung Jawa. Harga yang tercantum juga dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Bagi yang ingin menyewa tikar untuk duduk bersantai di pinggir pantai bisa Rp 25.000. Jadi sebaiknya bawa uang ekstra untuk berjaga-jaga, karena ada banyak wahana menarik untuk dicoba. Perlu diketahui bahwa biaya pembilasan adalah Rp. 5.000/ember air.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai Tanjung PasirFoto oleh Dhimas Leo Prastowo di Google Maps

1. Cobalah wahana yang berbeda

Karena banyak wisata air seru di Pantai Tanjung Pasir Tangerang, sebaiknya jangan mencobanya. Jangan lewatkan Banana Boat, dimana Anda bisa merasakan adrenalin saat ditarik ke atas permukaan laut dengan fast boat. Dengan tarif Rp 35.000 sekali perjalanan, Anda juga akan mendapatkan jaket pelampung untuk menjamin keselamatan Anda selama beraktivitas di laut.

2. Berburu foto

Pantai cantik ini memiliki sejumlah spot foto untuk memenuhi keinginan berfoto Anda. Tak hanya pemandangan hamparan pasir yang menyatu dengan laut, Anda juga bisa berpose sambil duduk di ayunan. Terletak di sekitar pantai, ayunan ini terbuat dari kayu yang diikatkan pada tali. Anda bisa duduk-duduk disana dan berfoto dengan latar belakang pantai yang indah.

Selain ayunan, ada juga spot foto berbentuk cinta dan masih banyak lagi. Jadi Anda bisa mengabadikan banyak kenangan indah di sini saat berlibur. Waktu terbaik untuk berburu foto adalah sore hari. Pasalnya, langit malam di pinggir pantai bisa menjadi latar belakang foto yang sangat eksotis.

3. Wisata kuliner

Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa berwisata kuliner di Pantai Tanjung Pasir. Pasalnya di sepanjang pantai terdapat beberapa rumah makan yang menawarkan berbagai macam masakan ikan. Menu yang ditawarkan mulai dari ikan kakap bakar, cumi goreng tepung, cumi saus tiram dan masih banyak lagi. Ada juga menu paket lengkap dengan nasi dan sayur timun.

4. Berkemah

Tak sedikit wisatawan yang datang ke Tanjung Pasir untuk berkemah. Karena area pantainya yang cukup luas dan ombaknya yang tidak terlalu besar, sangat cocok untuk mendirikan tenda. Namun perlengkapannya harus dibawa sendiri, mulai dari tenda hingga sleeping bag.

5. Memancing

Spot pemancingan di Pantai Tanjung Pasir banyak ditandai, kebanyakan di sekitar hutan bakau. Bagi Anda yang hobi memancing, jangan lupa membawa alat pancing saat berkunjung ke sini. Anda juga bisa menyewa perahu untuk merasakan sensasi memancing di tengah laut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai Tanjung PasirFoto oleh Zia Putra Persada di Google Maps

Tanjung Pasir merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Tangerang yang paling terkenal dan memiliki berbagai fasilitas. Tempat parkirnya cukup luas untuk menampung banyak kendaraan sekaligus. Anda bisa dengan mudah menemukan resor dan penginapan di kawasan pantai.

Di sepanjang pantai juga banyak terdapat restoran yang menawarkan berbagai macam hidangan ikan. Selain itu, fasilitasnya dilengkapi dengan toilet, ruang ganti, dan toko oleh-oleh bagi yang ingin membeli oleh-oleh.

Saat peak season, petugas yang terdiri dari gabungan Polri, TNI, Ormas, dan Pramuka disiagakan untuk membantu pengamanan kawasan pantai ini. Jadi semua orang bisa bepergian dengan nyaman di sini.

Apakah Anda ingin mengunjungi Tanjung Pasir Banten? Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pantai indah ini sangat cocok menjadi destinasi liburan. Karena lokasinya yang tidak jauh, maka dapat dengan mudah dikunjungi kapan saja. Selain itu, masih banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan agar liburan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button