Tempat Wisata

Pantai Telawas Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp5.000, Waktu aktif: 07.00-16.30 WITA, Alamat: Mekarsari, Kec. Praya Barat, Kab.Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; map: pemeriksaan situs

Pulau Lombok yang terletak di sebelah barat Nusa Tenggara ini memang dikaruniai keindahan alam yang mampu memukau siapa saja. Ada banyak objek wisata yang membuat orang selalu ingin mengunjungi pulau eksotis ini, termasuk Pantai Telawas di Lombok Tengah.

Pantai ini tersembunyi di jajaran pantai. Meski pantai yang satu ini dekat dengan Pantai Selong Belanak, namun pantai ini belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, pengunjung yang datang ke tempat tersebut relatif sedikit.

Bagi anda yang menyukai tempat wisata yang sangat sepi dan tidak terlalu ramai dengan banyak orang serta pemandangan yang sangat bagus, maka pantai telawas ini bisa anda jadikan tujuan wisata. Di bawah ini, atraksi, fasilitas, hotel terdekat, dll yang terkait dengan pantai dijelaskan lebih detail.

Atraksi Pantai Telawas

Objek Wisata Pantai TelawasKredit foto: Instagram Jelajah Nusantara

1. Pantai Eksotis

Pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang eksotik. Wo didominasi oleh bebatuan dengan berbagai ukuran dan bentuk. Pemandangannya sangat indah. Anda bisa menemukan gundukan karang yang tidak beraturan namun terlihat begitu estetis ditumbuhi tumbuhan hijau yang rimbun.

Jika tempat wisata di Lombok lainnya menyajikan panorama yang agak datar dan polos, tidak demikian halnya dengan pantai ini. Pemandangan pantainya sangat kaya dan jarang ditemukan. Komposisi karangnya sangat unik dan membuat pemandangan di pantai terlihat indah.

2. Pasir putih yang indah

Daya tarik selanjutnya dari pantai ini adalah pemandangan pasir putihnya yang sangat bagus. Pantai berpasir putih ini cukup landai sehingga bisa Anda gunakan untuk bersantai.

Pantai Telawas secara keseluruhan menawarkan pemandangan yang sangat maskulin. Sangat cocok sebagai lokasi petualangan bagi anda yang memang menginginkan wisata yang sedikit lebih menantang. Jika ingin menjelajahi kawasan pantai sebaiknya berhati-hati karena bentuk karangnya cukup tajam.

3. Apakah kamu punya spot foto yang menarik?

Atraksi yang dimiliki oleh Pantai TelawasKredit foto: Instagram oleh Carlo Tscholl

Tidak diragukan lagi bahwa daya tarik yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini adalah memiliki banyak spot foto yang menarik. Bagi Anda yang suka berfoto, sangat cocok jika datang ke tempat ini.

4. Tiga dalam Satu Tur

Para wisatawan yang ingin ke Pantai Telawas biasanya memiliki syarat tiga dalam satu tur. Karena ketika Anda mengunjungi pantai ini akan terasa lengkap ketika Anda mengunjungi pantai-pantai lain di sekitarnya.

Dua pantai terdekat adalah Pantai Mawi dan Pantai Semeti. Saat berkunjung ke ketiga pantai yang berbeda tersebut tentu akan banyak kesan yang didapat, meskipun keduanya sama yaitu berupa pantai dan tebing batu yang dibenamkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai TelawaKredit Foto: Google Maps Agung Rinjani

Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi Pantai Telawas, berikut rute dan lokasinya. Pantai ini sendiri terletak di desa yang sama dengan pantai Selong Belanak yang merupakan salah satu pantai paling menarik di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jika Anda berada di kota Mataram, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan pribadi untuk sampai ke pantai ini. Karena rutenya sendiri sekitar 55 km.

Namun, jika Anda terbang ke sini dari bandara, waktunya akan lebih singkat, sekitar 46 menit. Karena jarak dari Bandara Internasional Lombok ke Pantai Telawas hanya sekitar 27 km. Untuk jalurnya sendiri, Anda bisa menggunakan jalur pantai Selong Belanak.

Anda yang berada di Mataram bisa melanjutkan perjalanan menuju bandara hingga akhirnya tiba di perempatan dekat Masjid Jami’ Penujak. Selanjutnya, Anda tinggal berbelok ke selatan menuju Selong Mullet Road.

Nantinya Anda tinggal mengikuti jalan tersebut sejauh 17 km atau jika menggunakan kendaraan pribadi akan memakan waktu sekitar 28 menit. Yang harus Anda lakukan adalah berbelok ke Jalan Mawun lalu berjalan ke Jalan Pantai Mawi.

Sesampainya di ujung jalan Anda memiliki pilihan untuk menuju ke tiga pantai yaitu Pantai Semeti, Pantai Mawi dan juga Pantai Telawas.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pantai TelawasKredit foto: Instagram laeluahle_

Tentunya jika Anda memutuskan untuk berwisata ke pantai, maka Anda perlu mempersiapkan perbekalan yang cukup agar nantinya liburan Anda nyaman. Harga tiket masuk Wisata Pantai Telawas ini sangat terjangkau.

Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk satu orang. Kalaupun harga yang ditawarkan murah, jangan terkecoh, karena begitu memasuki kawasan pantai, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan alam yang disajikan.

Aktivitas seru di Pantai Telawas

Kegiatan Pantai TelawasKredit foto: Instagram ITU TANO

1. Menjelajahi bebatuan

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan setibanya di Pantai Telawas. Salah satu kegiatan tersebut adalah menjelajahi terumbu karang. Pantai cantik ini sangat mirip dengan yang ada di film Superman, yaitu Planet Krypton. Anda akan melihat tebing yang sangat curam dengan latar belakang ombak biru besar dan bukit hijau.

Bagi Anda wisatawan yang sangat tidak menyukai tantangan, sebaiknya tidak perlu menjelajahi bebatuan ini. Karena untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru dan tak terlupakan, di sini Anda perlu sedikit keberanian untuk menjelajahi batu karang dan berdiri di atasnya.

Tentu saja, kehati-hatian juga diperlukan di sini ketika mencoba memanjat batu. Dan saat air laut sedang pasang, sebaiknya hindari dan jangan berdiri di dekat area pantai. Hal ini dilakukan untuk menjaga Anda tetap aman dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Perburuan foto yang menarik

Seperti yang sudah dibahas di atas, kawasan pantai ini menawarkan banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan. Pantai Telawas memiliki perbukitan karang dan panorama pantai yang sangat indah berpadu dengan ombak yang besar.

Selain itu, lanskap perbukitan hijau di sekelilingnya terlihat sangat indah. Itulah alasan mengapa banyak pemburu foto mengunjungi pantai ini untuk mengambil gambar yang menarik.

Bahkan beberapa wisatawan datang berkunjung hanya dengan tujuan untuk berfoto di area tebing. Karena pantai ini tidak terlalu ramai, Anda bisa berfoto di area manapun, seperti area tebing karang, tanpa harus mengetahuinya terlebih dahulu.

3. Bersantai di pantai

Bagi Anda yang tidak ingin melakukan apa-apa, baik itu berfoto atau menjelajahi area bebatuan, Anda juga bisa bersantai saja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pantai Telawas juga memiliki hamparan pasir putih yang cukup landai.

Di kawasan ini Anda bisa bersantai dan menikmati panorama alam yang indah. Untuk pemandangan yang lebih bagus lagi, Anda bisa datang saat senja.

Ada sesuatu yang sangat romantis tentang duduk di atas pasir putih bersama pasangan, keluarga, atau teman Anda dan menyaksikan matahari terbenam. Tentunya dengan pengalaman ini anda tidak akan melupakan momen anda berada di hamparan pantai ini.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai TeawasKredit foto: Google Maps Faesal Ageng

1.OYO 1659

Penginapan pertama yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Pantai Telawas adalah OYO 1659. Ada banyak fasilitas di penginapan ini yang bisa Anda gunakan. Fasilitas ini meliputi AC, restoran, resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil yang luas, dan Wi-Fi gratis.

2. Pondok Mangga

Penginapan selanjutnya yang juga dekat dengan pantai adalah Mango Lodge. Harga menginap di tempat ini cukup terjangkau. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap. Misalnya kolam renang, bar, restoran, tempat parkir, AC dan sebagainya.

3. Hotel Segara Anak

Segara Anak Hotel menawarkan akomodasi yang nyaman bagi Anda yang ingin bermalam. Penginapan ini juga terletak di dekat pantai. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan dengan bermalam di tempat ini adalah AC, tempat parkir yang luas, keamanan 24 jam dan lain sebagainya.

Fasilitas area pantai tersedia

Kredit foto: Google Maps Winda Harsanti

Pantai Telawas memang cukup tersembunyi. Memiliki kontur perbukitan karang dan jarak yang harus ditempuh cukup jauh dari kawasan perkampungan. Dengan itu, pantai masih belum sepenuhnya memberdayakannya.

Fasilitas yang bisa Anda temukan di pantai ini memang kurang memadai. Fasilitas hanya dapat ditemukan berupa toilet umum. Fasilitas lain seperti paviliun, mushola, dll belum tersedia.

Meski fasilitasnya sangat terbatas, Anda tentu tidak akan kecewa dengan pemandangan yang ditawarkan Pantai Telawas jika Anda memutuskan untuk berkunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button