Tempat Wisata

Pantai Teluk Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Teluk Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Teluk Lombok di Kutai Timur memukau dengan keindahan pantainya yang mempesona dan terumbu karangnya yang eksotik, serta dermaga pemancingan yang menambah pesona alamnya yang mempesona.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sangkima, Kec. Sangatta Selatan, Kab.Kutai Timur, Kalimantan Timur; Map: Periksa lokasinya

Kalimantan merupakan salah satu pulau besar di Indonesia yang memiliki segudang tempat wisata alam dengan pemandangan menarik yang memanjakan mata. Salah satunya di Kalimantan Timur. Sebagai kota besar, provinsi ini memiliki banyak destinasi wisata yang cocok untuk berlibur, seperti Pantai Teluk Lombok.

Terletak tak jauh dari Kutai Timur, pantai ini menawarkan pesona alam yang patut untuk dikunjungi. Meski namanya masih asing dan belum banyak dikunjungi, namun pantai ini menawarkan beragam panorama yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung.

Letak pantai yang cukup jauh dari kota membuat pantai ini sepi, tenteram dan sunyi. Cocok untuk pengunjung yang mencari kedamaian dan ketenangan. Anda akan disuguhi banyak sekali kesan, jadi tidak perlu khawatir, Anda hanya bisa merasakan keunikan pantai ini dengan panoramanya di Pantai Teluk Lombok.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Teluk Lombok

Pantai Teluk Kutai LombokKredit foto: Google Maps Riesta, Pawon Riesta

terumbu karang

Pantai cantik ini memiliki pesona khas terumbu karang yang masih asri dan alami. Dalam ekosistem laut yang terdiri dari biota laut penghasil kapur ini, terdapat berbagai jenis karang dan alga yang hidup bersamanya. Terumbu karang merupakan salah satu sumber daya hayati yang dibutuhkan pantai.

Saat Anda memasuki Pantai Teluk Lombok, Anda bisa melihat banyak sekali terumbu karang di sekitar pantai. Karang ini terdiri dari karang berukuran kecil, sedang, dan cukup besar. Pemandangan ini menarik untuk diabadikan karena karang-karangnya berjejer sembarangan di tepi pantai. Di atas karang Anda bisa melihat tumbuhan hijau hidup.

Tanaman hijau seperti alga dan lainnya tumbuh subur di taman. Jika diperhatikan lebih dekat, beberapa ikan terperangkap di celah antara karang besar. Ikan-ikan kecil khas pantai, beberapa pengunjung yang beruntung bisa menangkap ikan tersebut.

Pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan panorama ini seolah-olah sedang memanjat langsung ke atas batu karang. Jika ingin memanjat batu tersebut, disarankan melepas sepatu atau bertelanjang kaki. Hal ini akan menghindarkan Anda dari terpeleset atau terjatuh akibat sifat karang yang licin.

Dari karang tersebut kita bisa mengamati gambaran pantai secara keseluruhan, hamparan laut yang berwarna kebiruan, dihiasi pasir pantai yang agak kehitaman. Jangan lupakan deburan ombak yang menyapu pantai. Gelombang ini menghantam karang sebelum mencapai pantai. Suara deburan ombak seakan diiringi hembusan angin pantai.

Pemandangan di sekitar pantai

Daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke Pantai Teluk Lombok adalah pesona yang terpancar dari pantai itu sendiri. Melihat pantai ibarat rasa syukur atas ciptaannya yang sempurna. Pantai Teluk Lombok memiliki hamparan laut luas yang mengalir hingga ke lautan.

Kawasan laut ini dihiasi dengan air yang berwarna kebiruan, jernih dan segar dipandang. Beberapa terumbu karang yang tumbuh di pesisir pantai juga turut menyumbang fenomena indah, sejuk, dan menenangkan ini. Pasir di pantai ini berwarna agak hitam dan halus saat disentuh.

Wisatawan bisa menikmati keindahan ini dengan duduk-duduk di pinggir pantai. Nikmati deburan ombak yang menghantam bebatuan sebelum menghantam bibir pantai. Ada juga yang mendengar kicauan burung menari indah di angkasa. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain pasir tanpa alas kaki.

Terdapat perbukitan hijau di sepanjang pantai Teluk Lombok. Suburnya tanah perbukitan dapat dikenali dari banyaknya tanaman hijau yang hidup di perbukitan. Selain itu, di pinggir pantai juga terdapat pepohonan. Pohon-pohon yang menjulang tinggi ini tumbuh sendiri dan memberikan suasana teduh.

Karena ombaknya yang bersahabat, pantai ini aman untuk berenang atau sekedar bermain air dingin. Selain itu, ombak tersebut tidak langsung menghantam pantai, melainkan menghantam karang terlebih dahulu sebelum pecah di tepi pantai.

Dermaga Nelayan

Mata pencaharian utama penduduk yang tinggal di pesisir pantai adalah menangkap ikan. Begitu pula di pantai ini. Terdapat pemandangan dermaga yang dihiasi beberapa perahu yang ditata rapi di dermaga.

Terdapat perahu warna-warni di dermaga pemancingan ini, beberapa juga terdapat banana boat.

Biasanya, para nelayan pergi mencari ikan pada sore hari saat matahari terbenam dan kembali ke pantai membawa hasil tangkapannya saat matahari terbit. Hasil tangkapan ini dijual di pasar-pasar dekat desa atau langsung di pinggir pantai.

Selain menyaksikan para nelayan berperahu, Anda juga bisa merasakan sensasi gelombang air di atas perahu. Beberapa bisa disewa oleh pengunjung. Selain wisata perahu, ada juga pilihan persewaan seperti banana boat, aktivitas olahraga air yang menantang dan menarik.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Teluk LombokSumber gambar: Google Maps Okta Viani

Pantai menarik ini bisa Anda temukan di Kalimantan Timur, tepatnya di Jalan Pantai Teluk Lombok, Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur.

Kota pantai ini terletak sekitar 23 kilometer tenggara Kota Sangatta. Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil atau menggunakan angkutan umum dari pusat Kota Sangatta.

Biaya masuk wisata bahari

Tiket Pantai Teluk LombokKredit foto: Facebook Borneo SkyCam

Kabar baiknya, Pantai Teluk Lombok bisa Anda nikmati secara gratis. Anda tidak perlu membayar tiket ke pantai ini karena gratis. Pengunjung bisa melihat panorama pantai sepanjang 20 kilometer ini secara gratis. Dapat menikmati seluruh sisi pantai.

Bukan hanya tiket gratis. Pengunjung tidak dikenakan biaya parkir. Namun sebelum masuk harus meminta izin terlebih dahulu ke pos keamanan Pertamina karena pantai ini terletak di wilayah administrasi Pertamina Sangkima. Sedangkan untuk jam operasionalnya, pantai ini buka 24 jam sehari.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Pantai Teluk LombokKredit foto: Instagram Riky

1. Memancing

Aktivitas yang menarik di Pantai Teluk Lombok ini adalah ketrampilan para nelayan yaitu menangkap ikan. Namun jangan khawatir, pantai ini menawarkan beberapa tempat menarik untuk memancing, salah satunya di atas karang. Agar lebih leluasa, Anda bisa mempersiapkan perlengkapan memancing terlebih dahulu.

Selain memancing di karang, wisatawan juga bisa menyewa beberapa perahu yang ditambatkan di dermaga untuk memancing. Biasanya hanya dibutuhkan beberapa ribu saja untuk memancing. Sensasi yang dirasakan berbeda-beda, di atas perahu dengan deburan ombak, menarik bukan?

2. Bersantai di Pantai Teluk Lombok

Terdapat beberapa saung untuk beristirahat di Pantai Teluk Lombok. Wisatawan bisa duduk-duduk di dalam gubuk dan menikmati keindahan pantai. Selain sebagai tempat beristirahat. Rumah ini juga bisa digunakan sebagai ruang makan. Di dekat gubuk terdapat warung makan, bisa langsung pesan makanan.

Tak hanya di dalam gubuk, wisatawan juga bisa bersantai di bawah pepohonan. Di pinggir pantai banyak terdapat pepohonan rindang, pepohonan ini cukup lebat dengan dedaunannya sehingga menarik. Bahkan banyak pengunjung yang harus duduk-duduk di bawah pohon sambil bermain pasir pantai.

foto ke-3

Aktivitas menarik yang sayang untuk dilewatkan adalah fotografi. Tempat-tempat dengan pemandangan pantai menjadi salah satu hal yang menarik untuk diabadikan dalam foto.

Anda dapat mengambil foto ala Instagram sambil memperbarui feed Instagram Anda. Berbagai spot foto, seperti di tepi pantai, di terumbu karang, di bawah pohon, di dermaga pemancingan, dan di atas kapal.

4. Berenang

Bagi wisatawan yang ingin mengenal air pantai, kegiatan ini bisa dilakukan. Berada tepat di dalam air dan nikmati keindahan laut. Anda juga bisa melihat indahnya panorama bawah laut seperti terumbu karang, alga dan hewan laut lainnya.

5. Sepanjang pantai

Wisatawan bisa berjalan-jalan di Pantai Teluk Lombok. Berjalan di sekitar pinggir laut. Saksikan pancaran keindahannya dengan membiarkan kaki Anda merasakan lembutnya pasir putih pantai. Anda juga bisa bermain pasir bersama keluarga atau orang tercinta.

6. Bermain di pantai

Kegiatan ini cocok bagi pengunjung yang datang secara rombongan. Dia bermain sepak bola dan bola voli. Tendangan dan tangkapan bola bisa Anda rasakan di derasnya air pantai. Apalagi gemericik ombak membuat baju basah. Disarankan untuk membawa baju ganti!

7. Perkemahan

Kegiatan ini cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi gelapnya malam di tepi pantai. Anda bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Sayangnya tidak ada persewaan perlengkapan camping, jadi disarankan untuk membawa perlengkapan camping dari rumah!

8. Naik banana boat

Banana boat atau perahu karet yang berbentuk seperti pisang merupakan kegiatan yang menarik. Sensasi berada di atas perahu bisa kamu rasakan saat gemericik air laut membasahi pakaianmu. Perahu ini bergerak dengan cara ditarik oleh perahu lain yang bermesin.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di pantai Teluk LombokKredit foto: Google Maps Ditto Budi

Fasilitas di pantai ini sebenarnya kurang memadai namun masih lumayan. Pantai ini mempunyai area khusus untuk parkir kendaraan. Terdapat juga toilet pria dan wanita di sekitar pantai.

Ada juga kios yang menjual barang, tapi tidak banyak, hanya sedikit. Disarankan untuk membawa perbekalan dari rumah. Selain itu, terdapat gubuk-gubuk di pinggir pantai. Terdapat juga musala untuk tempat ibadah di sekitar pantai.

Sayangnya kebersihan pantai masih kurang, karena masih banyak sampah berserakan di pinggir pantai karena kurangnya petugas dan tempat sampah. Disarankan juga untuk selalu memperhatikan kebersihan!

Pantai Teluk Lombok merupakan destinasi wisata yang menarik. Meski fasilitasnya masih kurang memadai, namun pesona pantai ini tak kalah dengan pantai lainnya. Jadi kalau kamu berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lupa mampir ke sini ya!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button