Tempat Wisata

Pantai Tembeling Nusa Penida, pantai air tawar tersembunyi yang penuh keajaiban

Pantai Tembeling memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya tempat liburan alternatif terbaik di Nusa Penida bagi wisatawan.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Batumadeg, Kec. Nusa Penida, Taksi Klungkung, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Bosan melihat pantai dengan pemandangan yang sama? Sepertinya butuh penyegaran dengan mengunjungi Tembeling Pantai di Nusa Penida, unik dan akan membuat Anda kembali lagi. Terutama bagi mereka yang membutuhkan tempat untuk menyendiri dan jauh dari keramaian.

Biasanya batu karang dan pasir putih di pantai menjadi lambang pantai, hampir di setiap pantai ada lambang ini. Bedanya biasanya melihat Pemandangan lepas pantai dan gelombang yang diciptakan oleh gelombang laut di daerah tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Pantai Tembeling Klungkung, Anda akan merasakan sesuatu yang berbeda, tidak hanya pemandangannya saja, tetapi juga perjuangan untuk menuju ke tempat tersebut dan berbagai hal menarik lainnya. Penasaran? Simak informasi lengkapnya.

Daya Tarik Pantai Tembeling

Atraksi di Pantai TembelingSumber gambar: Google Maps Rafel S.

Berikut beberapa atraksi utama yang menempatkan salah satu pantai eksotis di Nusa Penida ini dalam daftar pantai terpopuler di kalangan wisatawan mancanegara.

1. Mata Air Templeling

Inilah yang menjadi daya tarik utama dimana terdapat mata air berbentuk teluk dengan air tawar yang sangat segar. Lihat sekilas caranya jacuzzi air panas biasa tersedia di kolam renang eksklusif, tapi itu wajar dan sudah lama sekali.

Ada cerita di balik keberadaan Mata Air Tembeling, konon dulu ada seorang ibu hamil yang mencari ternaknya yang hilang di sana. Dia pergi ke hutan tetapi tidak dapat menemukan ternak.

Ibu hamil tersebut justru menemukan mata air yang dikelilingi bebatuan dengan air yang sangat jernih. Itulah sebabnya wisata ini dinamakan Tembeling, yang berasal dari istilah Bali untuk ibu hamil yaitu “kaca”.

Mencapai mata air cukup terjal, namun segala penat akan hilang begitu merasakan kesejukan mata air. Bahkan, karena keaslian airnya, air ini bisa langsung diminum dan digunakan untuk berbagai keperluan.

2. Pemandangan pepohonan hijau

Sepanjang candi Pantai Terdapat deretan pepohonan hijau yang menjadi sumber kesejukan di pantai. Berbeda dengan sejumlah pantai yang dikelilingi bebatuan, kondisi di pantai ini tetap nyaman meski cuaca panas.

Pepohonan hijau yang tumbuh memiliki dahan yang rindang, cocok untuk istirahat sejenak tanpa harus menggunakan tenda tambahan.

3. Udara sejuk bebas polusi

Pantai ini memang sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara, namun keaslian dan kealamiannya masih terjaga hingga saat ini. Sebab, udara di kawasan ini masih sangat segar dan tentunya bebas dari polutan.

Bagi yang ingin sejenak menjauh dari polusi kota besar, memilih liburan pantai adalah solusi tepat tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk mencari tempat. menyembuhkan luar negeri.

4. Hutan Tembeling yang Indah

Sebelum Anda menemukan Tembeling Pantai, pengunjung harus melewati hutan yang rindang dan tentunya jauh dari hiruk pikuk kota. Sisi kiri dan kanan jalan dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan alami yang menjadi magnet utama wisatawan.

5. Pantai Tersembunyi yang Tenang

Jumlah pengunjung pantai ini sangat terbatas, salah satu penyebabnya adalah letak pantai yang tersembunyi. Suara deburan ombak dan air yang mengalir ke mata air Tembeling menjadi suara alam yang menyejukkan hati sehingga Anda benar-benar bisa merasakan ketenangan saat tiba.

6. Gua pendek yang eksotis

Sebelum mencapai pantai utama Anda harus melewati gua yang cukup pendek. Jadi harus berhati-hati karena masih banyak terdapat bebatuan kapur dengan berbagai bentuk dan ukuran di dalamnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai TembelingKredit foto: Google Maps Jaspis de Bruin

Jika ingin mengunjungi pantai tersembunyi ini, langsung saja ke Desa Batu Madeg, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Lalu orang langsung menunjuk jalan ke pantai dengan santai. Akses jalannya masih cukup berliku dan terjal, apalagi saat musim hujan.

Hal ini dikarenakan jalanan yang lebih licin dan harus berhati-hati baik dengan motor maupun mobil. Berangkat dari pelabuhan Denpasar atau sekitarnya, wisatawan yang ingin menuju ke Tembeling Pantai harus menggunakan speedboat.

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 45 menit sampai Anda mencapai pulau Nusa Penida. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan ke pantai dari Pelabuhan Nusa Penida dengan menyewa mobil atau motor yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Ada beberapa jalur yang bisa dilalui, pertama melalui Jalan Puncak Mundi dengan jarak 11,5 km. Kemudian Anda juga bisa melalui Jalan Raya Jungut Batu yang memakan waktu sekitar 32 menit atau Anda bisa melalui Jalan Raya Salang namun lebih jauh karena Anda perlu berkendara selama 37 menit.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Saat ini tidak ada biaya masuk untuk memasuki kawasan pantai, hanya ada biaya sumbangan sukarela di pintu masuk hutan yang akan membawa pengunjung bersama Pantai Tembeling.

Jumlah yang diberikan dapat disesuaikan tanpa paksaan oleh pengelola dan masyarakat setempat tergantung berapa banyak uang yang dimiliki.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tembeling

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai TembelingKredit foto: Google Maps Gabriella Lundhaw

Tidak terlalu banyak aktivitas di wisata pantai ini yang sering dilakukan pengunjung. Tapi cukup mengisi musim liburan dengan hal-hal yang menyenangkan tanpa terlihat oleh banyak orang.

1. Mendaki

Bagi yang suka Kenaikan Dengan sepeda motor, jalan menuju pantai indah ini cukup berliku dan memiliki kontur yang cocok untuk hiking Kenaikan. Yang harus Anda lakukan adalah memilih rute dengan jalur terbaik dan kemudian memilih sepeda motor jalur untuk pergi dengan cara ini.

Hati-hati dengan jurang di salah satu sisi jalan. Jika jalannya licin, lebih baik memilih jalur yang aman untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

2. Berenang di Mata Air Tembeling

Kolam terpisah saat ini sedang dibangun di Mata Air Tembeling, satu kolam khusus untuk wanita dan satu lagi untuk pria.

Wisatawan bisa membawa baju renang dan baju ganti sendiri, tak lupa tas untuk menyimpan perlengkapan dan perlengkapan renang, termasuk kantong sampah sendiri.

3. Uji adrenalin dengan melompat ke mata air

Di beberapa bagian mata air terdapat tebing yang tidak terlalu tinggi. Bisa dijadikan tempat loncat ke mata air jika ingin merasakan seperti sedang berenang di kolam renang profesional.

4. Fotografi

Jangan salah sangka! Tempatnya mungkin tersembunyi tapi masalahnya Pekerjaan banyak foto. Mulai dari hutan menuju Tembeling PantaiKemudian Pekerjaan di Gua Tembeling yang mempesona.

Apalagi di sekitar mata air dan pantai akan banyak terdapat lokasi-lokasi strategis untuk menghasilkan jepretan kamera terbaik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai TembelingKredit Foto: Google Maps Hyunyul Jo

Dibandingkan objek wisata di Nusa Penida lainnya, fasilitas di kawasan pantai ini masih minim dan masih perlu dikembangkan. Diantaranya adalah:

1. Toilet

Banyak toilet bersih tersedia bagi pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah berenang.

2. Akomodasi

Jika Anda ingin melanjutkan liburan di berbagai tempat di sekitar pantai, ada pilihan akomodasi di sekitar area pantai yang bisa Anda pilih.

3. Parkir

Tersedia tempat parkir sepeda motor dan mobil yang dijaga oleh petugas parkir setempat. Jangan lewatkan Memperbarui Tur terbaik Nusa Penida, rencanakan saja liburan penyembuhan di Tembeling Pantai. Jangan lupa untuk membawa perbekalan dan perlengkapan yang dibutuhkan agar liburan damai Anda semakin berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button