Tempat Wisata

Pantai Terosan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Terosan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Apakah Anda ingin jalan-jalan bersama keluarga atau teman tetapi tidak tahu harus ke mana? Cobalah objek wisata ini yaitu Pantai Terosan. Pantai ini terletak di sisi utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Pulau Bawean. Pantai ini terkenal sangat terpencil dan belum terjamah tangan manusia sehingga cukup mudah dan sulit untuk mencapai objek wisata ini. Di Pantai Terosan juga terdapat sebuah pulau yaitu Pulau Selayar. Pulau Selayar letaknya tidak cukup jauh dari Pelabuhan Bawean.

Pulau Selayar Bawean merupakan sebuah gunung yang berada di tengah laut. Pulau ini tidak berpenghuni, namun warga atau warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan menjelajah perairan sekitar Pulau Selayar untuk mencari hasil tangkapan. Menurut warga sekitar yang pernah berkunjung ke Pulau Selayar Bawean, terdapat sebuah batu bertuliskan “Bismillah” dalam bahasa Arab. Batu ini konon mempunyai kekuatan magis. Namun, sejarah pasti dari batu ajaib ini belum diketahui.

Saat ini juga terdapat sebuah pulau kecil di sebelah tenggara Pulau Selayar Bawean yaitu Pulau Noko Selayar. Pantai berpasir putih yang ada di pulau ini hanya ada satu dan Anda bisa mencapainya dengan menggunakan perahu tradisional milik masyarakat Bawean yaitu Klothok. Perairan di sekitar Pulau Noko Selayar dikelilingi taman laut dengan bunga karang dan ikan berwarna-warni. Jadi cocok bagi anda yang suka melakukannya Snorkeling dan aktivitas menyelam.

Fasilitas dan akomodasi di Pantai Terosan

Anda wajib mengetahui fasilitas objek wisata ini. Ada banyak perahu tradisional milik penduduk setempat di Pantai Terosan. Jika Anda bertanya dengan sopan dan meminta bantuan kepada pemilik perahu tradisional tersebut, Anda mungkin akan diajak pergi ke Pulau Selayar atau Pulau Noko Selayar. Selain itu juga terdapat rumah-rumah kecil yang dibangun warga sekitar untuk menyimpan berbagai perlengkapan penangkapan ikan seperti jaring, alat tangkap dan berbagai peralatan lainnya.

Karena letak objek wisata ini yang masih cukup terpencil, fasilitas yang ada saat berkunjung ke sini mungkin masih sedikit, karena tempat ini masih terkesan sepi pengunjung dan hampir tidak terjamah oleh tangan manusia. Karena pantai ini masih terkesan sepi, Anda bisa memanfaatkannya sebagai Pantai Terosan noda untuk mengambil foto lucu bersama teman atau keluarga. Jadi sebelum kesini persiapkan dulu kamera anda karena Pantai Terosan terkenal dengan panorama alamnya yang indah.

Berburu foto di Pantai Terosan

Tentunya banyak pengunjung yang mengabadikan momennya di Pantai Terosan bersama teman atau keluarganya. Banyak noda Foto-foto terkenal yang cukup keren di Pantai Terosan, Pulau Selayar dan Pulau Noko Selayar, dan salah satunya ada di sini!

Dengan latar Pulau Selayar, berfoto bersama teman atau keluarga pasti terlihat lebih keren. Selain tempat ini, masih banyak lagi noda mengambil foto yang bagus. Dan disarankan untuk mengunjungi objek wisata ini pada sore hari. Mengapa demikian? Sebab waktu terbaik mengunjungi Pantai Terosan adalah sekitar pukul tiga hingga enam waktu setempat. Pohon palem yang mengelilingi pantai, ombak yang tenang, dan cahaya keemasan matahari terbenam membuat pasir yang surut tampak semakin berkilauan. Alasan lainnya adalah laut sedang surut pada sore hari dan Pulau Selayar bisa dicapai dengan berjalan kaki. Tentu saja kalau air laut surut total ya.

Baca Juga: Pantai Citepus, Nikmati Keindahan Alam Paranome yang memanjakan mata

Akses jalan menuju Pantai Terosan

Akses jalan menuju Pantai Terosan terbilang sangat sulit karena tidak adanya petunjuk arah di peta maupun GPS peta Google untuk sampai ke sana. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa menggunakan “GPS” lain, misalnya Manfaatkan penduduk setempat. Untuk lebih jelasnya lihat peta ini:

Jika Anda berasal dari luar Pulau Bawean, Anda dapat menggunakan: perahu cepat untuk menuju ke Pelabuhan Bawean. Setelah sampai di Pelabuhan Bawean, naik kendaraan pribadi melalui jalur Lingkar Timur pulau dan melanjutkan perjalanan menuju Desa Sungai Rujing. Sesampainya di sana, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi objek wisata tersebut. Untuk menuju pantai ini Anda harus melintasi jalan desa kecil. Pasalnya, Pantai Terosan masih belum dikelola oleh warga sekitar maupun pemerintah. Jika berhasil melewati jalan desa maka Anda akan sampai di Pantai Terosan yang berada di utara Pulau Selayar. Mudah dan sulit bukan?

Biaya Masuk Pantai Terosan

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Terosan

Tips berlibur di Pantai Terosan

Jika Anda sudah sepakat untuk mengunjungi objek wisata ini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda mengunjungi Pulau Bawean lebih dari sehari, pastikan untuk memesan kamar hotel atau akomodasi sebelum mengunjungi Pantai Terosan. Selain itu, menyediakan perbekalan secukupnya dan membuang sampah sembarangan di kawasan Pantai Terosan sangat tidak dianjurkan. Dan yang paling penting adalah jangan berdoa dan memohon keselamatan saat berkunjung kesana.

Ini adalah ulasan singkat tentang Pantai Terosan, Surga kecil yang masih terpencil. Jangan lupa untuk menerapkan berbagai tips yang telah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan semoga liburan Anda menyenangkan!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button