Tempat Wisata

Pantai Trianggulasi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja atau berkutat dengan masalah sekolah dan hal-hal lainnya, terkadang kita membutuhkan sesuatu yang disebut penyegaran untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Stres juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Maka dari itu tidak ada salahnya kami merencanakan liburan yang bisa anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Liburan seru tidak harus mengeluarkan banyak biaya lho? Jika Anda berencana ke Banyuwangi, Anda bisa datang ke pantai yang keindahannya menakjubkan, yaitu Pantai Trianggulasi.

Trianggulasi adalah salah satu pantai di Taman Nasional Alas Purwo dan dekat dengan Pura Luhur Giri Salaka dan Pantai Ngagelan. Selain itu, pantai ini hanya berjarak 2 km dari Pantai Plengkung.

Nama Trianggulasi berasal dari Tugu Trianggulasi, sebuah tugu yang menandakan titik pertemuan di daerah pengukuran dan pemetaan yang terletak sekitar 500m dari pantai utara. Penduduk setempat sering menyebut tanggul asri karena sulit menyebut trianggulasi.

Pantai ini terletak persis di desa Tegaldlimo, dimana terdapat formasi hutan pantai. Ini adalah pantai berpasir putih yang khas dengan laut biru jernih yang mendominasi lanskap. Dijamin anda yang datang ke pantai ini tidak akan menyesal, karena panorama yang ditawarkan sangat mempesona, suara deburan ombak yang pecah di bebatuan terasa merdu dan menenangkan.

Hamparan pasir putih yang luas di sana pun seolah mengundang semua orang untuk bermain, entah bermain voli atau sekedar menulis nama. Anda juga bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati semilir angin pantai. Namun sayangnya Anda tidak bisa berenang atau berselancar di pantai ini karena ombaknya sangat tinggi sehingga berbahaya. Jadi Anda hanya bisa bermain di pantai.

Selain itu, empat spesies penyu (kura-kura belimbing, sisik, abu-abu dan hijau) digunakan untuk bertelur di Alas Purwo selama bulan-bulan tertentu, dari April hingga November. Bagi yang ingin melihat penyu di pantai bisa datang ke Pantai Rajegwesi pada bulan diatas. Anda biasanya juga dapat melepaskan anakan atau bayi penyu yang menetas ke laut. Sayang sekali jika melewatkan pemandangan yang lucu dan unik ini.

Fasilitas di Pantai Trianggulasi

Karena letaknya yang berada di kawasan Alas Purwo, pantai ini sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang yang cukup lengkap untuk para wisatawan, seperti;

– Kamar mandi umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di pantai ini anda tidak perlu bingung lagi ketika mencari toilet umum karena di kawasan ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan. jika perlu perlu. Ada juga ruang ganti tempat Anda bisa berganti pakaian.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri. Tempat parkir ini juga cocok untuk bus wisata

– tempat perkemahan

Daripada harus mencari tempat menginap, anda bisa membawa perlengkapan camping dari rumah dan mendirikan tenda disini karena tentunya camping di pantai ini seru dan menyenangkan dan anda bisa menikmati alam secara maksimal. Ditemani api unggun, pengalaman berkemah yang seru menanti Anda.

– Kantin atau tempat makan

Jangan khawatir membuat diri Anda kelaparan jika Anda datang ke sini, tetapi jangan membawa makanan dan minuman. Di kawasan pantai ini Anda akan menemukan beberapa kantin yang juga menjual makanan dan minuman dengan harga yang relatif murah.

– Tempat perlindungan penyu

Seperti disebutkan di atas, pada bulan-bulan tertentu penyu dapat terlihat bertelur di pantai. Dan biasanya telur ini disimpan hingga menetas. Anda bisa datang ke cagar alam untuk melihat telur penyu yang tersimpan.

Berburu foto di Pantai Trianggulasi

Berburu foto di Pantai Trianggulasi pasti menyenangkan karena objek wisata ini luas dan memiliki pemandangan yang indah. Pepohonan seperti kelapa dan lain-lain di sekitar pantai juga menambah indah panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang lautan biru dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto-foto bagus yang dapat langsung Anda unggah ke berbagai media sosial Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen menyaksikan konservasi penyu di sana, terutama saat Anda ikut serta dalam pelepasan tukik atau bayi penyu ke laut. Di tempat ini juga dimungkinkan untuk berfoto selfie, sehingga Anda bisa mendapatkan foto-foto menarik yang bisa Anda unggah ke berbagai media sosial.

Baca Juga: Gua Jeruk, Wisata ke Tempat Eksotis di Madura

Akses jalan menuju pantai Trianggulasi

Pantai ini bisa kita temukan dengan menjelajahi sisi timur Taman Nasional Alas Purwo. Lokasinya tidak jauh dari pos Rowo Bendo, sekitar 3 km ke arah tenggara. Jika Anda datang dari Banyuwangi, gambaran rute untuk mengakses pantai Trianggulasi berjarak sekitar 65 km dari kota Banyuwangi ke Pasaranyar dan dari Pasaranyar ke pos Rowo Bendo sekitar 10 km, kemudian dari Rowo Bendo ke pantai Trianggulasi sekitar 3 km. Anda tentu perlu menggunakan kendaraan pribadi atau setidaknya menyewa kendaraan karena belum ada angkutan umum yang bisa membawa Anda ke pantai ini.

Tiket masuk Pantai Trianggulasi

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Pantai Triangulasi

Tips liburan di Pantai Trianggulasi

  • Bawalah topi dan kacamata hitam jika diperlukan
  • Jangan lupa gunakan tabir surya
  • Siapkan kamera Anda
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Jangan mencemari lingkungan dengan sampah

Galeri foto pantai Trianggulasi

Selamat datang di Pantai Trianggulasi
Potret pantai triangulasi
Pantai Triangulasi, Area Latihan Angkatan Laut
Peringatan untuk tidak berenang di laut
Taman bermain di pantai
Potret laut lepas pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button