Tempat Wisata

Pantai Ujung Genteng: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Ujung Genteng: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu pantai yang berada di selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jernihnya air laut menarik banyak wisatawan untuk datang ke tempat ini. Letaknya sekitar 200 kilometer dari ibu kota Jakarta. Pantai Ujung Genteng menawarkan suasana nyaman bagi masyarakat pantai yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Pantainya yang berpasir putih selalu menarik perhatian para pengunjungnya. Jika beruntung, kita bisa melihat penyu bertelur dan kita juga bisa ikut bersama para nelayan mencari lobster.

Dalam perjalanan menuju pantai Anda akan disuguhi pemandangan hijau yang memikat mata. Anda juga akan merasakan sensasi berkendara melewati pegunungan atau perbukitan yang berkelok-kelok secara alami.

Fasilitas di Pantai Ujung Genteng

Keindahan pantai yang indah tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang ada seperti akomodasi sebagian besar berupa shelter sederhana dan gubuk-gubuk yang disediakan warga sekitar pantai. Wisatawan juga bisa membeli lobster dengan harga sekitar Rp. 50.000/-. Harga lebih murah dibandingkan di restoran.

Fasilitas lain seperti kamar mandi dan toilet umum juga tersedia di sini. Jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh untuk kerabat terdekat, Anda juga bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Ujung Genteng. Banyak terdapat warung-warung kecil yang menjual oleh-oleh khas tersebut antara lain kaos, kalung kecil, gelang dan lain sebagainya.

Di sekitar pantai juga banyak terdapat warung-warung kecil yang menjual berbagai jenis makanan laut. Dengan harga terjangkau, Anda bisa menikmati berbagai jenis menu yang ditawarkan para pedagang. Anda bisa menikmati air kelapa muda meski di bawah terik matahari.

Sejarah Pantai Ujung Genteng

Nama Pantai Ujung Genteng berasal dari ungkapan “Ujung Genting”. Nama tersebut berasal dari ujung ubin berbentuk gunting yang terdapat di ujung salah satu sudut pulau di Jawa Barat.

Ujung gunting bagian bawah disebut Ujung Genteng, sedangkan ujung gunting bagian atas disebut Ujung Kulon. Dahulu Ujung Genteng bukanlah nama sebuah desa, namun karena adanya pemekaran desa yang terbagi menjadi dua bagian, Ujung Genteng menjadi sebuah desa.

Ujung Genteng merupakan kawasan yang umumnya memiliki dua kawasan yang sama-sama layak untuk dikunjungi. Terdapat kawasan wisata pantai dan air terjun. Pantai Ujung Genteng disebut juga “mutiara tersembunyi” karena keindahan dan kealamian tempatnya.

Baca juga : Ryzzy Azzahra Waterpark, wisata modern di Sukabumi yang tak kalah menarik dengan wisata alamnya

Berburu foto di Pantai Ujung Genteng

Kunjungan ke Pantai Ujung Genteng pasti tidak akan sempurna jika tidak mengabadikan momen yang tepat. Kawasan pantai wisata ini sering digunakan oleh para pemburu foto profesional sebagai lokasi pre-wedding atau sekedar memotret panorama indah. Latar belakang air yang jernih membuat Pantai Ujung Genteng menjadi spot favorit para fotografer.

Tak jarang juga banyak anak muda yang asyik berfoto selfie di depan kamera sambil memanfaatkan keindahan tempat ini. Manfaatkan objek-objek yang ada di sekitar pantai serta pemandangan sekitar pantai yang akan membuat foto Anda terlihat berbeda.

Sangat disarankan untuk membawa kamera yang tahan air agar tidak mempengaruhi fungsi kamera kesayangan Anda. Jika lupa membawa kamera, Anda juga bisa menyewa jasa fotografi yang biasa beroperasi di tepi pantai.

Di kawasan Pantai Ujung Genteng, wisatawan bisa menikmati pemandangan reruntuhan dermaga yang dibangun pada zaman Belanda. Jadi banyak sekali spot foto yang bisa kamu manfaatkan di sini

Peta lokasi pantai Ujung Genteng

Biaya masuk ke Pantai Ujung Genteng

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Ujung Genteng

Tips berlibur di Pantai Ujung Genteng

  • Bawalah pakaian ekstra jika Anda berencana berenang dan mandi di pantai
  • Disarankan agar Anda membawa pakaian yang mudah menyerap keringat
  • Bagi Anda yang hendak berlibur ke pantai, disarankan juga menggunakan topi dan kacamata hitam
  • Jangan berenang terlalu jauh karena meski ombak terlihat tenang, Anda tetap perlu waspada
  • Awasi anak-anak
  • Jangan membuang sampah sembarangan di pinggir pantai, Anda juga perlu menjaga kebersihannya agar tetap lestari
  • Wisatawan wajib menjaga keindahan alam dan tidak diperkenankan merusak fasilitas yang ada di sekitar pantai

Di atas adalah ulasan mengenai hal tersebut Pantai Ujung Genteng, tips ini bisa kamu terapkan jika ingin berlibur ke pantai. Pantai Ujung Genteng bisa menjadi tempat liburan Anda bersama keluarga atau pasangan karena eksotismenya yang memanjakan Anda.

Galeri Foto Pantai Ujung Genteng

Selamat datang di Pantai Ujung Genteng
Potret Pantai Ujung Genteng

Potret perahu nelayan di pantai
Perburuan Foto
Sepeda motor menuju Pantai Ujung Genteng

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button