Tempat Wisata

Pantai Ulee Lheue: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pesona wisata yang dimiliki provinsi Aceh seakan tidak ada habisnya untuk dinikmati dan dijelajahi. Banyak sekali objek wisata di beberapa daerah mulai dari pantai, air terjun dan danau hingga tempat seperti museum dan wisata religi. Banda Aceh, ibu kota provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang patut dikunjungi, salah satunya Pantai Ulee Lheue.

Jika Anda mengharapkan pantai pasir putih, Anda tidak akan menemukannya di Pantai Ulee Lheue. Pantai ini memang terasa istimewa karena sangat berbeda dengan pantai-pantai lain di Aceh. Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan permukaan laut yang tenang dengan duduk di kursi pinggir jalan sambil menyantap jagung bakar.

Pantai Ulee Lheue

Secara geografis, Pantai Ulee Lheue terletak di Desa Ulee Lheue, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Letak pantai ini juga sangat strategis dan sangat dekat dengan pusat kota Banda Aceh. Wisatawan hanya perlu menempuh jarak 3 kilometer dari Banda Aceh dan dapat menggunakan berbagai alat transportasi seperti penyu, taksi atau kendaraan pribadi.

Saat bencana tsunami melanda pada tahun 2004 lalu, Pantai Ulee Lheue merupakan salah satu pantai yang mengalami kerusakan paling parah. Gelombang tsunami menumbangkan banyak pohon dan merusak fasilitas umum. Pantai ini konon memiliki pasir putih bersih sebelum tsunami, namun semua itu berubah setelah peristiwa memilukan yang meluluhlantakkan Aceh.

Bahkan setelah tsunami, pemerintah bereaksi cepat dan membangun kembali fasilitas umum dan memperbaiki pantai agar Anda dapat menikmati keindahannya kembali. Nyatanya, meski tak ada lagi pasir putih, Pantai Ulee Lheue tak pernah sepi pengunjung. Apalagi di sore hari banyak anak muda yang menikmati keindahan pantai dan sunset yang fenomenal.

Pesona Pantai Ulee Lheue

Berbeda dengan pantai lain di Aceh yang menghadap Samudera Hindia, Pantai Ulee Lheue memiliki ombak yang tenang. Ombak besar sangat jarang terjadi di pantai ini. Hal ini disebabkan adanya semacam bendungan cairn yang berfungsi sebagai pemecah gelombang.

Wisatawan biasanya berkunjung ke Pantai Ulee Lheue pada sore hari untuk menikmati keindahan tempat wisata sambil menikmati jagung bakar. Di sepanjang pantai Anda akan menemukan warung-warung yang menjual jagung bakar dan menyediakan kursi plastik untuk digunakan wisatawan bersantai.

Pantai Ulee Lheue

Pantai ini sebenarnya berada di Jalan Pelabuhan Ulee Lheue yang sering digunakan sebagai penyeberangan menuju Pulau Weh. Semacam pembatas antara jalan dan pantai telah dibangun di sepanjang jalan ini agar wisatawan dapat menikmati keindahan pantai tanpa takut terjatuh.

Di sisi lain pantai, wisatawan bisa menikmati pasir hitam yang konon berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Meski tidak sebesar itu, banyak pengunjung yang mengajak anak-anaknya berlibur untuk bermain air dan berenang di laut.

Selain itu, wisatawan bisa menyusuri pantai dan menaiki bebek yang disewakan di sekitar pantai. Keberadaan bendungan yang tidak jauh dari bibir pantai juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan pengunjung untuk memancing. Ada berbagai jenis makanan ikan saat mancing di Pantai Ulee Lheue.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Ulee Lheue adalah sore hari saat matahari mulai bersahabat dengan wisatawan. Pengunjung bisa menikmati luasnya lautan dan perairan yang tenang ditemani semilir angin sepoi-sepoi. Aneka jajanan yang menggoda tersedia untuk menggiurkan lidah wisatawan.

Pantai Ulee Lheue sebenarnya sangat cocok sebagai tujuan liburan. Dahsyatnya tsunami yang merusak keindahan pantai yang seolah tak terlihat kini, tergantikan oleh panorama alam yang mempesona. Keindahan pantai dengan latar belakang perbukitan hijau merupakan fenomena yang pas untuk bersantai setelah beraktivitas sehari-hari.

Fasilitas pantai Ulee Lheue

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ulee Lheue ini bisa dibilang cukup lengkap. Di pinggir jalan, wisatawan akan menemukan fasilitas umum seperti toilet, masjid untuk beribadah, dan tempat parkir. Selain itu, di tempat ini juga terdapat persewaan sepeda air bagi wisatawan yang ingin menjelajahi pantai bersama anak-anaknya.

Wisatawan juga bisa mencicipi berbagai kuliner seperti jagung bakar dengan berbagai rasa yang seolah menjadi makanan khas yang menemani pemandangan pantai Ulee Lheue. Selain itu, ada juga kuliner seperti pulut bakar dan kuliner seafood seperti ikan bakar, kepiting dan udang. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat kafe dan restoran yang bisa dikunjungi wisatawan.

Baca juga:

Jika ingin bermalam, terdapat berbagai hotel dan penginapan di sekitar pantai yang bisa menjadi tempat menginap para wisatawan. Berkunjung ke Pantai Ulee Lheue bisa menjadi salah satu alternatif untuk bersantai setelah seharian beraktivitas. Berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Saat Anda berkunjung ke Pantai Ulee Lheue, panorama pantai dengan perairan yang tenang dan tak tergoyahkan sudah menanti. Anda dapat menikmati pantai ini dengan duduk di kursi plastik yang disediakan oleh penjual kuliner dan makan pulut bakar atau jagung bakar dengan rasa yang berbeda.

Jika ingin berenang atau bermain air, Anda juga bisa melakukannya di pantai ini dengan mengunjungi sisi lain pantai. Pasir hitam yang terbentang di sepanjang pantai memiliki khasiat yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Anda juga bisa berkeliling dengan sepeda air untuk lebih menikmati keindahan pantai.

menyaksikan matahari terbenam

Salah satu daya tarik utama Pantai Ulee Lheue adalah fenomena pantai yang bisa Anda nikmati di sore hari. Saat mentari perlahan seakan tenggelam ditelan laut, suasana romantis pun tercipta, yang tentunya bisa Anda nikmati dengan sempurna bersama pasangan tercinta.

Langit yang berubah jingga menciptakan gradasi yang indah seolah lukisan alam ciptaan Yang Maha Kuasa. Dengan latar perbukitan, pemandangan akan terasa sempurna. Tak heran jika pada sore hari pantai ini semakin banyak dipadati anak muda yang ingin menikmati keindahan sunset.

berburu foto

Bagi Anda yang menyukai fotografi dan sedang mencari objek untuk difoto, Anda bisa mengunjungi Pantai Ulee Lheue. Ada banyak objek mempesona yang bisa Anda abadikan dalam sebuah karya fotografi. Seperti luasnya laut, perahu-perahu kecil dan keindahan sunset yang terlihat memukau di sore hari.

Jam buka dan harga tiket Pantai Ulee Lheue

Untuk menikmati keindahan Pantai Ulee Lheue, wisatawan tidak dipungut biaya apapun, juga tidak gratis. Pantai ini sendiri hanya dibuka untuk umum sampai matahari terbenam, karena tujuannya disini adalah untuk menghindari perbuatan yang dilarang oleh syariat Islam.

Baca juga:

Peta pantai Ulee Lheue

Tips Berwisata di Pantai Ulee Lheue

  • •Sebaiknya datang pada sore hari karena pantai ini menawarkan pesona yang lebih indah lagi pada sore hari.
  • Selalu jaga kebersihan pantai dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jaga kelestarian pantai ini dengan tidak merusak fasilitas dan keindahan pantai.
  • • Pengunjung dilarang melakukan asusila di pantai.

Galeri Foto Pantai Ulee Lheue

Selamat datang di Pantai Ulee LheueKeindahan Pantai Ulee Lheue di AcehPotret Kapal KaramBerburu foto di pantaiMatahari terbenam di Pantai Ulee Lheue

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button