Tempat Wisata

Pasar Seni Kumbasari, tempat berburu oleh-oleh populer di Bali

Pasar Seni Kumbasari, tempat berburu oleh-oleh populer di Bali
harga tiket: -, Waktu aktif: 09.00 – 17.00 WITA, Alamat: J L. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pasar Seni Kumbasari adalah tempat wisata belanja di Denpasar, Bali. Banyak oleh-oleh dan kerajinan tangan dengan harga terjangkau di sini!

Bukan hanya Bali yang memiliki berbagai jenis destinasi wisata, pulau ini juga memiliki tempat yang cocok untuk berbelanja! Pasar Seni Kumbasari Bali merupakan tempat bertemunya para pedagang dan seniman berbagai produk atau karya seni.

Tak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi pasar ini setelah mengunjungi berbagai destinasi wisata di Bali. Destinasi belanja ini terletak di pusat kota Denpasar. Karena lokasinya yang strategis, dapat dikunjungi dari berbagai penjuru Bali.

Tempat ini memang cocok dikunjungi untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Bali. Seperti tas, sandal, baju, pernak-pernik, kerajinan tangan, tie-dye, ukiran dan sebagainya. Penasaran dengan wisata belanja di Bali yang satu itu? Simak langsung informasi lengkap seputar Pasar Kumbasari!

Daya tarik pasar seni Kumbasari

Daya Tarik Pasar Seni Kumbasari BaliKredit foto: Google Maps Muhammad Reizadkha Surya Utama

Hampir setiap hari, pasar kerajinan ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal, wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, sebagai tempat transaksi jual beli, Pasar Kumbasari memiliki keunikan dan kurma menarik tersendiri!

1. Penjualan aneka kerajinan khas Bali

Daya tarik utama mall ini adalah penjualan berbagai jenis kerajinan khas Bali. Aneka kerajinan tangan ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman setelah pulang dari liburan di Bali.

Uniknya, harga aneka kerajinan di pasar ini bisa ditawar. Wisatawan bisa membeli barang kerajinan dengan harga yang disepakati dengan pedagang sehingga sama-sama diuntungkan.

Apa yang dijual Pasar Seni Kumbasari? Jika penasaran, berikut beberapa jenis kerajinan tangan yang bisa Anda beli dan bawa pulang, yaitu:

  • Tas
  • gantungan kunci
  • pakaian
  • patung
  • ornamen
  • Melukis
  • ukiran
  • Berbagai aksesoris
  • sandal
  • Syal
  • pewarna dasi

Masing-masing kerajinan ini dijual dalam berbagai ukuran. Selain itu, banyak juga pilihan warna dan desain kerajinan khas Bali yang bisa dijadikan oleh-oleh. Selain itu, harga kerajinan tangan di pasar seni cukup terjangkau.

2. Keindahan Pasar Seni Kumbasari

Sebagai destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara, Pasar Kumbasari memiliki keindahan tersendiri. Deretan toko yang menjajakan aneka kerajinan terlihat sangat cantik dan menarik.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan kawasan sekitar pasar seni Bali ini. Salah satu pemandangan yang paling indah untuk dinikmati adalah keindahan Tukad Badung. Sungai panjang ini memiliki keindahan tersendiri karena dijadikan objek wisata khas di Bali.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pasar Seni Kumbasari BaliSumber Gambar: Google Maps Erna Siahaan

Alamat Pasar Seni Kumbasari berada di Jalan Gajah Mada, Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali. Pasar seni ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di tengah pusat kota Denpasar.

Itinerary dari Bandara Ngurah Rai menuju Pasar Kumbasari dapat ditempuh dalam waktu 25 menit atau sekitar 25 menit berkendara. Rute ini mengarah ke utara melalui Jalan Bandara Ngurah Rai, Jalan Bypass Ngurah Rai, Jalan Sunset Road, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Gajah Mada.

Sedangkan rute dari Kota Denpasar dapat ditempuh hanya dalam waktu 10 menit karena jaraknya 4 km. Itinerary yang akan ditempuh adalah ke utara melalui Jalan Diponegoro menuju Jalan Ps Kumbasari.

Lokasi pasar sangat dekat dengan pasar Badung yang juga terkenal di Bali. Kedua pasar ini dipisahkan oleh sebuah sungai panjang bernama Tukad Badung yang juga dijadikan objek wisata khas Bali.

Wisatawan dapat mengunjungi Pasar Kumbasari setiap hari mulai pukul 09.00 WITA. Kapan Pasar Seni Kumbasari ditutup? Pasar seni ini buka dan tutup setiap hari mulai pukul 17.00 WITA.

Jika ingin mengunjungi pasar seni ini, sebaiknya menggunakan angkutan umum atau memesan taksi online. Hal ini dikarenakan lahan parkir pasar yang cukup terbatas dan pengunjung harus menempuh jarak tertentu dari tempat parkir menuju gedung pasar.

Aktivitas menarik di Pasar Seni Kumbasari

Kegiatan di Pasar Seni Kumbasari BaliKredit foto: Facebook Shaggy Sigit Sarwanto

Pasar di Denpasar ini memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itu banyak juga aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berada di sini. Jika penasaran, berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pasar Kumbasari, yaitu:

1. Belanja aneka oleh-oleh khas Bali

Kegiatan yang paling menarik di sini adalah berbelanja berbagai oleh-oleh khas Bali. Wisatawan bebas menelusuri setiap deretan kios penjual untuk mencari oleh-oleh khas Bali yang diinginkan.

Wisatawan pasti mendapatkan oleh-oleh yang diinginkan karena Pasar Seni Kumbasari merupakan pasar tradisional terbesar dan terlengkap di pulau Bali. Bangunan pasar seni ini terdiri dari empat lantai, dan berbagai kerajinan unik dijual di setiap lantainya.

Jika ingin membeli kebutuhan sehari-hari, penduduk lokal atau turis bisa membelinya di lantai dasar. Lantai dua Pasar Kumbasari menjual berbagai jenis kerajinan tangan tradisional buatan seniman lokal dan berbagai macam pakaian.

Di lantai tiga terdapat pedagang dan seniman yang menjual berbagai jenis patung, lukisan, dan ukiran. Ada juga pedagang yang menjual sepatu, sandal, tas dan berbagai produk lainnya.

Kerajinan tangan dan pernak-pernik yang cocok sebagai oleh-oleh atau oleh-oleh bisa dibeli saat wisatawan berkunjung ke lantai empat pasar di Denpasar ini.

2. Berburu foto Instagramable

Pasar Seni Kumbasari cukup luas karena mencakup area seluas kurang lebih 6.230 meter persegi. Pasar Kumbasari bukan sekedar pasar tradisional biasa, melainkan pasar seni yang sangat indah dan menarik!

Ornamen Bali terlihat jelas di sepanjang jalan pasar. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke pasar ini tidak hanya untuk berbelanja, tapi juga untuk berburu foto yang Instagramable.

Deretan kios pasar yang menjajakan aneka kerajinan khas Bali bisa dijadikan backdrop foto yang menarik. Selain untuk berburu foto pribadi, marketplace juga bisa dijadikan objek atau background untuk foto-foto yang berhubungan dengan humanisme, seni, kota, fotografi jalanan, dan lain-lain.

Selain di Pasar Kumbasari, hunting foto juga bisa dilakukan di sekitar pasar. Misalnya hunting foto di sungai atau Tukad Badung.

Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap momen saat menjelajahi area pasar yang unik ini!

Fasilitas yang tersedia di area pasar

fasilitas Pasar Seni Kumbasari BaliKredit foto: Google Maps Marc Kloosterman

Pasar Seni Kumbasari yang banyak dikunjungi masyarakat dan wisatawan ini memiliki berbagai fasilitas pendukung. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola pasar yaitu toilet, rumah makan atau rumah makan, tempat parkir, mushola, kafe, toko souvenir dan lain-lain.

Terdapat juga tempat sampah di beberapa tempat, sehingga memudahkan pengunjung untuk menjaga kebersihan area pasar.

Semua fasilitas yang disediakan oleh pengelola pasar dijaga agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Tujuannya agar para pedagang dan pengunjung yang datang ke sana tetap merasa nyaman berkeliling dan berbelanja di Pasar Kumbasari.

Pasar seni Kumbasari merupakan pasar seni yang wajib dikunjungi saat berlibur di Bali. Wisatawan dapat membeli berbagai kerajinan tangan yang dapat dijadikan oleh-oleh atau oleh-oleh. Selain itu, hunting foto juga bisa menjadi pilihan aktivitas seru lainnya di sini!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button