Berita Wisata

Pelatihan dan pembelajaran kolaboratif menjaga alam ala TK-KB Aisyiyah – Viral Pencerahan

Menyiapkan kegiatan ice breaking dan senam bersama sebelum memindahkan permainan ke pantai Ria Kenjeran. (Riska Setiowati/KLIKMU.CO)

Surabaya, CLICKMU.CO – Aisyiyah Kindergarten 05 dan Aisyiyah 27 Surabaya KB mengadakan Kegiatan Outing Class dengan tema utama explore tempat wisata dengan mengunjungi Pantai Ria Kenjeran Lama, Jalan Pantai Kenjeran No 1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Surabaya (30 /11/2022).

Pukul 07.00 WIB, seluruh anak baik TK maupun KB berkumpul di sekolah. Mereka semua berdoa dan murojaah surat pendek sebelum berangkat ke kelas Outing. Mereka berangkat dari Jln Platuk 131 tepat pukul 08.00 WIB. Semua anak, guru dan ibu-ibu IKOM telah tiba di tempat tujuan.

Kepala Sekolah STThI Anik Hariati mengatakan outing class di Pantai Ria Kenjeran Surabaya ini bertujuan untuk mengajak anak-anak mengunjungi tempat-tempat wisata yang dekat dengan lingkungannya, untuk mengenalkan kepada mereka bahwa tempat tinggal mereka di kota Surabaya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, begitu juga dengan membiasakan mereka mencintai dan bermain dengan alam bebas.

Sedangkan menurut koordinator Outing class bertema Pantai Ria Kenjeran Novita Dwi Suci SPd, di sini anak-anak belajar kekompakan, kerjasama dan menjaga alam dengan bermain.


“Ada 5 permainan yang kami ajarkan kepada anak-anak. Di stasiun 1 ada permainan estafet hula-hop, di stasiun 2 ada permainan bola pingpong, di stasiun 3 ada permainan water balance, di stasiun 4 ada permainan ulat bulu dan di pos 5 ada permainan ulat bulu. permainan capit pasir untuk membuat istana, dimana permainan ke 5 ini membutuhkan kerja sama dan kekompakan dari masing-masing tim,” jelas Cici sapaan akrabnya.

Menurutnya, pantai Ria Kenjeran mulai membaik. Bagus banget sekarang, tempatnya nyaman, bersih, banyak pepohonan bikin pantainya sejuk dan enak dipandang. Itu membuat anak-anak betah memainkannya untuk waktu yang lama.

Salah satu siswa KB ‘Aisyiyah 27 bernama Al, bermain pasir marka mengaku sangat senang diajak gurunya jalan-jalan di pantai. “Al suka banget disini ma, maen pasir, mencetak kerang. Besok mau ajak mama kesini lagi, mau main kesini lagi ma” ucapnya gembira.

Kepala Sekolah KB Aisyiyah 27 Sofi Aulia SPd berharap kegiatan ini tidak hanya mengenalkan anak-anak tentang tempat-tempat wisata di Surabaya, tetapi juga dapat menanamkan sikap pada anak-anak agar dapat mencintai tanah, ikut menjaga kelestarian alam dan menjaga kebersihan lingkungan serta menanamkan rasa kebanggaan terhadap anak-anak yang telah menjadi warga Surabaya yang memiliki tempat wisata yang masih terjaga kelestariannya. (Riska Setiowati/AS)


Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button