Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Cikundul: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pemandian Air Panas Cikundul: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Setelah seminggu beraktivitas yang membuat jenuh dan penat, berkunjung ke objek wisata Sumber Air Panas Cikundul tidak ada salahnya. Anda akan terpesona dengan keindahan alam sekitar dan Sungai Cimandiri sebagai salah satu daya tariknya.

Pegunungan yang mengelilingi pemandian pun menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Meski hujan, air di pemandian ini tetap terasa hangat. Alam di sekitar pemandian yang masih asri membuat Anda bisa menenangkan pikiran setelah seminggu bekerja.

Pemandian Air Panas Cikundul dibangun sekitar tahun 1990. Sejak dahulu kala, pemandian ini sangat populer di kalangan masyarakat Sukabumi, Jawa Barat. Namun seiring perkembangan teknologi, nama Air Panas Cikundul lebih dikenal di kalangan wisatawan lokal maupun domestik.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cikundul

Fasilitas yang ada dinilai sudah baik karena pemerintah setempat merawat kawasan tersebut dengan baik. Anda bisa menyewa ruang pijat atau jika berminat bisa menyewa rumah liburan yang lokasinya ada di sekitar kawasan wisata. Toilet umum dan toilet juga tersedia bagi pengunjung.

Di sekitar kawasan wisata pemandian air panas juga banyak terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan, minuman, jajanan, bahkan oleh-oleh. Hal inilah yang menentukan faktor perekonomian masyarakat sekitar. Tentunya Anda akan merasa nyaman jika tinggal di sini dalam jangka waktu yang lebih lama.

Keindahan Sumber Air Panas Cikundul

Tempat ini populer di kalangan wisatawan karena mata air alami dan pemandangan sekitarnya yang masih asli. Wisatawan bisa merasakan sensasi mandi air panas sambil menikmati aliran Sungai Cimandiri.

Sumber Air Panas Cikundul terletak di Jalan Proklik No. 242, Kelurahan Lembur Situ, Kelurahan Cikundul, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Terdapat dua jenis kolam pada kamar mandi ini yaitu kolam air panas dan kolam air dingin. Buat kamu yang nyari pemandian air dingin, disini juga ada. Anda tidak perlu repot mencari tempat yang terdapat kolam air dinginnya.

Menurut otoritas pariwisata setempat, terjadi peningkatan pengunjung sekitar 5 hingga 10% setiap tahunnya. Pada tahun 2009, kawasan wisata ini dilengkapi dengan wisata arung jeram menggunakan Sungai Cimandiri. Perkembangan lainnya adalah pembuatan rumah pohon yang menambah daya tarik wisata di tempat tersebut. Namun, Anda harus berhati-hati karena tidak ada pengamanan khusus di dalam rumah pohon.

Banyak pengunjung yang merasa nyaman saat mandi di pemandian air panas. Rasa lelah Anda akan terobati jika Anda mandi di kolam air hangat. Kebanyakan orang lebih memilih kolam air hangat dibandingkan mandi di kolam air dingin. Mereka merasa ketika berendam di air panas, mereka merasakan perbedaannya setelah direndam di sana.

Pemandian Air Panas Cikundul terbukti dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar yang memanfaatkan keberadaannya dengan berjualan jajanan, gorengan, dan berbagai jenis minuman khas Sunda yang bisa Anda temukan di kawasan wisata ini.

Baca juga : Pantai Pangandaran, pantai berpasir putih indah yang menarik perhatian

Berburu foto di pemandian air panas Cikundul

Bagi Anda yang menyukai fotografi, Anda bisa memanfaatkan objek-objek yang ada di sekitar kawasan wisata. Rumah pohon juga sangat cocok dijadikan objek foto anda dengan pemandangan yang asri dan hijau. Jangan lupa membawa kamera tahan air juga.

Peta Lokasi Sumber Air Panas Cikundul

Biaya masuk pemandian air panas Cikundul

  • Biaya masuk: Rp 3.000-5.000/orang
  • Biaya lounge khusus: Rp 20.000

(Pembaruan September 2023)

Jam Buka Pemandian Air Panas Cikundul

  • Buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 11:59 malam

Tips berlibur di kawasan pemandian air panas Cikundul

  • Pastikan tubuh Anda dalam kondisi fit dan Anda bisa berlibur ke tempat wisata yang suhu udaranya sejuk.
  • Membawa pakaian ganti karena tidak mungkin jika Anda tidak tertarik untuk mandi di pemandian air panas Cikundul.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen yang tidak boleh dilewatkan.

Jadi Pemandian Air Panas Cikundul dapat dijadikan referensi untuk perjalanan anda selanjutnya bersama keluarga. Jangan lupa ikuti tips-tips di atas agar liburan Anda menyenangkan. Pemandangan alam yang indah akan memberikan waktu yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Galeri foto air panas cikundul

Selamat datang di Cikundul
Potret kolam air panas

Potret Air Panas Cikundul dari udara
Aneka jajanan dan kuliner
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button