Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Cisolok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pemandian Air Panas Cisolok di kawasan Sukabumi merupakan sumber air panas yang berada di dekat Pantai Pelabuhan Ratu yang berjarak sekitar 15 kilometer. Tempat wisata ini menawarkan air panas sebagai hidangan utama. Berbeda dengan sumber air panas lainnya, objek wisata ini menawarkan pemandangan yang cukup menarik karena letaknya yang dekat dengan pantai dan bukan dekat pegunungan seperti biasanya.

Keistimewaan dari pemandian air panas ini adalah air panasnya berasal langsung dari pecahan bebatuan. Terdapat tiga titik penyemprotan air panas dengan suhu cukup tinggi, rata-rata 80 derajat Celcius. Beberapa pengunjung juga terlihat memasak telur dengan cara merendamnya di sungai berisi air panas dalam waktu singkat.

Pengunjung tidak diperbolehkan bermain di dekat sumber air panas karena khawatir pengunjung akan terancam jika bersentuhan dengan sumber air panas ini. Pengunjung diperbolehkan menyelam ke dalam sungai. Selain itu, pengunjung juga bisa mandi di kolam air panas yang ada di sekitar tempat ini. Menurut warga sekitar, pemandian air panas ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit.

Objek wisata pemandian air panas ini memiliki keistimewaan lain selain letaknya yang dekat dengan pantai: air yang dihasilkan tidak mengandung belerang dan panas yang dihasilkan berasal dari geyser atau air panas yang mengalir melalui kerak bumi. Geyser terbentuk oleh uap air panas yang tercipta melalui celah atau retakan yang mendorong air ke permukaan. Menghindari belerang bukan berarti tidak ada manfaatnya. Air panas yang muncul memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga dianggap dapat menyembuhkan penyakit rematik dan penyakit kulit lainnya seperti gatal-gatal atau eksim. Bagi wisatawan yang berkunjung ke resor termal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya. Tempat ini bisa menjadi referensi liburan anda bersama keluarga untuk menghilangkan kepenatan akibat kehidupan sehari-hari.

Pemandian air panas ini terbuka untuk umum. Kawasan ini terbagi menjadi 2 lokasi. Lokasi pertama diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menikmati gemerlap air. Pengunjung bisa berenang di area sungai. Bagi Anda yang ingin lebih santai dan private, tersedia lokasi kedua: kolam air panas yang disediakan pihak pengelola. Anda juga bisa menikmati pemandangan khas kawasan Pelabuhan Ratu.

Sejarah Pemandian Cisolok

Sebelumnya sumber air panas ini ditemukan oleh warga kolonial Belanda di Sukabumi dan menjadi tempat populer penjajah Belanda saat itu. Sumber air panas Cisolok mengeluarkan air akibat adanya tekanan tinggi dari dalam tanah dan di tengah sungai-sungai kecil. Konon tekanan air ini bisa ditingkatkan dengan menumpuk batu di sekitar saluran keluar air ini. Oleh karena itu, banyak sumber air yang tampak dikelilingi tumpukan batu.

Baca juga: Pantai Karang Hawu, pesona keindahan alam dan legenda mistis yang ada di tanah Sukabumi

Lokasi sumber air panas Cisolok

Tempat wisata tersembunyi ini terletak di Desa Cisolok, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jalur yang Anda ambil adalah melalui pelabuhan Ratu-Cisolok. Anda akan melewati kawasan wisata Pantai Karang Hawu, Citepus dan kemudian Cibangban. Sesampainya di pertigaan Cisolok, Anda bisa mengambil arah kanan untuk menuju lokasi pemandian air panas ini. Sesampainya di lokasi parkir, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan berjalan kaki melintasi jembatan gantung. Berjalan melintasi jembatan gantung ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Jam buka dan tarif masuk serta fasilitas Air Panas Cisolok lainnya

Bagi anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata pemandian air panas, tempat ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 06.00 sore. Harga tiket masuk ke pemandian air panas ini cukup terjangkau. Harga tiket tertera di gerbang masuk. Biaya masuknya bervariasi tergantung jenis kendaraan dan berkisar antara Rp 3.000 hingga 25.000. Terdapat biaya sekitar Rp 1.000 untuk fasilitas. Bagi anda yang ingin berenang di kolam renang, biayanya sekitar Rp 5.000/jam. Sedangkan untuk berendam di tempat tertutup hanya dikenakan biaya Rp 15.000 saja. Anda juga bisa melakukan terapi air panas hanya dengan biaya sekitar Rp 35.000 saja. Perlu diketahui bahwa harga yang tercantum di sini dapat berubah sewaktu-waktu. Layanan pijat tradisional juga tersedia di lokasi ini.

Anda tidak perlu khawatir perut lapar, karena di area pemandian air panas juga terdapat beberapa warung makan yang bisa Anda jadikan tempat memanjakan lidah. Harga makanan di sini cukup terjangkau.

Tips berlibur di lokasi Sumber Air Panas Cisolok

  • Pastikan tubuh Anda bugar
  • Bawalah baju ganti
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen di tempat yang Anda kunjungi.

Galeri Foto Sumber Air Panas Cisolok

Selamat datang di Geyser Cisolok
Potret uap air panas dari tangki penyimpanan
Potret tangki penyimpanan air panas
Potret musim semi
Tempat untuk bersantai dan melepas penat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button