Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Semurup: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pemandian Air Panas Semurup: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Kabupaten Kerinci mempunyai ikon wisata yaitu Gunung Kerinci yang menjadi salah satu tempat pendakian terpopuler di Indonesia. Terlepas dari segala misteri yang menyelimutinya, gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini juga menimbulkan berbagai fenomena alam, seperti terciptanya beberapa sumber air panas alami, termasuk sumber air panas Semurup.

Keberadaan sumber air panas Semurup menjadi unik karena terletak di dataran tinggi. Tempat wisata yang menjadi salah satu objek wisata penting di kabupaten Kerinci ini juga menarik pengunjung. Suhu udara di dataran tinggi yang cenderung dingin membuat banyak wisatawan yang ingin menikmati hangatnya sumber air panas ini.

Semurup air panas

Secara geografis Sumber Air Panas Semurup terletak di Desa Batu Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Jika wisatawan ingin berkunjung ke pemandian air panas ini harus menempuh jarak sekitar 12 kilometer dari Sungai Banyak. Jaraknya cukup pendek dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Sebaliknya jika Anda datang dari Kota Jambi, perjalanan akan memakan waktu lebih lama. Pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 11 jam dari Kota Jambi. Jalan yang berkelok-kelok pasti sering Anda jumpai sehingga wisatawan perlu berhati-hati dan waspada. Namun, semua itu terkompensasi oleh pemandangan yang ditawarkan perjalanan ke Sumber Air Panas Semurup kepada kita.

Pesona Pemandian Air Panas Semurup

Sebenarnya ada beberapa sumber air panas di kaki Gunung Kerinci, namun sumber air panas Semurup paling banyak dikunjungi wisatawan. Hal ini disebabkan oleh aktivitas vulkanik Gunung Kerinci yang masih aktif hingga saat ini. Dengan luas sekitar 15 meter persegi dan kedalaman hingga 5 meter, pemandian air panas ini sangat cocok untuk menghilangkan penat dan mengobati serangan pilek.

Menurut warga sekitar, sumber air panas ini sudah ada sejak puluhan ribu tahun lalu. Pemandian ini juga digunakan oleh tentara Belanda untuk mandi. Hingga saat ini Anda masih bisa menemukan beberapa monumen arsitektur Belanda di sini, beberapa di antaranya telah direnovasi.

Semurup air panas

Sumber air panas Semurup tergolong unik karena sangat jarang ditemukan sumber air panas alami yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Tempat ini seolah menjadi oase di tengah udara yang membeku. Suhu airnya yang mencapai 80 derajat Celcius membuat wisatawan tidak bisa leluasa berenang di dalamnya.

Suhu air yang sangat tinggi inilah yang menyebabkan keluarnya asap dari sumber air panas. Selain itu airnya juga memiliki warna biru yang sangat indah dan cukup tenang. Aroma belerang yang dikeluarkan dari air panas Semurup dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan juga rematik.

Selain berendam air hangat di kolam yang disediakan, wisatawan juga bisa mencoba memasak telur atau pisang di sumber air panas tersebut. Karena suhu air yang tinggi, telur matang hanya dalam beberapa menit. Wisatawan juga bisa langsung menyantap telur rebusnya.

Ternyata di balik segala keunikannya terdapat rahasia mengenai sumber air panas Semurup. Pemandian air panas ini sering digunakan oleh orang-orang untuk bunuh diri dengan cara menceburkan diri ke kolam utama. Iya, lumayan seram, jadi sumber air panas utama kini digembok dan dikelilingi pagar kawat berduri. Kabarnya banyak orang yang menjadi korban pemandian ini.

Ada mitos yang mengatakan bahwa sumber air panas ini setiap tahunnya memakan korban manusia sebagai tumbal. Benar atau tidak, yang pasti ada kepercayaan bahwa ketika seseorang ingin bunuh diri, seolah ada bisikan gaib yang memanggil mereka untuk segera menceburkan diri ke sumber air panas.

Sistem air panas semurup

Pemandian Air Panas Semurup juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. Wisatawan akan menemukan tempat parkir yang luas, kolam renang, toilet dan juga musala untuk kebaktian gereja. Selain itu, terdapat juga gubuk-gubuk sederhana yang menjadi tempat wisatawan beristirahat setelah berenang di kolam.

Di pemandian ini wisatawan juga bisa dengan mudah menjumpai warung dan pedagang yang menjajakan makanan. Ada banyak pedagang yang pengunjungnya bisa membeli mie instan, kopi, telur, bahkan pisang. Selain itu, tidak jauh dari kota juga terdapat warung yang menjual kuliner khas yaitu Soto Semurup.

Baca juga: Aroma Pecco, fenomena taman wisata yang berada di tengah perkebunan teh

Namun jika ingin bermalam, belum ada akomodasi di dekat Sumber Air Panas Semurup. Wisatawan harus kembali ke Sungai Banyak. Ada beberapa hotel yang bisa disewa, mulai dari hotel kelas jasmin.

Merasakan hangatnya air panas Semurup bisa menjadi pilihan menarik saat berkunjung ke kaki Gunung Kerinci. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini.

Benamkan diri Anda di sumber air panas

Aktivitas ini wajib dilakukan saat berkunjung ke Sumber Air Panas Semurup. Tak perlu khawatir karena terdapat kolam aman yang bisa digunakan wisatawan untuk berenang. Di kolam ini Anda bisa menikmati hangatnya air beraroma belerang sekaligus merilekskan pikiran yang penat. Selain itu pemandian air panas alami juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Setelah berendam, Anda juga bisa mencoba merebus telur dan pisang di sumber air panas. Untuk melakukannya, Anda harus terlebih dahulu meminta bantuan kepada petugas yang menjaga kolam. Tak perlu menunggu lama, telur sudah siap disantap, ditemani suasana pedesaan yang asri, nikmat sekali rasanya bila disantap saat perut keroncongan.

Perburuan Foto

Setelah puas menyelam, Anda juga bisa mengambil foto keindahan sumber air panas Semurup yang airnya sebiru laut. Kepulan asap yang terus menerus keluar juga membuat tempat wisata ini semakin indah. Anda juga bisa mengabadikan keindahan alam kaki Gunung Kerinci dan hamparan hijau perkebunan teh di Kayu Aro.

Kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen dengan memanfaatkan keunikan pemandian air panas Semurup. Jika ingin berfoto selfie, Anda bisa mendapatkan izin terlebih dahulu kepada petugasnya dan menggunakan batu-batu yang ada sebagai background foto. Jangan lupa untuk selalu waspada saat berada di pinggir kolam, karena suhu airnya cukup tinggi hingga hampir mencapai titik didih.

Baca juga:

Biaya masuk Sumber Air Panas Semurup

  • Biaya masuk: Rp 6.000-15.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pemandian Air Panas Semurup

Peta lokasi Pemandian Air Panas Semurup

Tips berwisata ke Sumber Air Panas Semurup

  • Hati-hati saat berkendara karena jalanan berkelok-kelok meski sudah beraspal baik.
  • Jangan memasuki kolam utama saat berada di lokasi tanpa izin petugas.
  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana berenang di kolam renang.
  • Perhatikan bahasa dan perilaku Anda dan ikuti aturan yang berlaku.
  • Jagalah kebersihan tempat wisata dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Ikut serta dalam pelestarian sumber air panas dan tidak merusak keindahan atau fasilitas yang ada.
  • Doakan agar selalu diberikan keselamatan dan perlindungan.

Galeri foto air panas semurup

Selamat datang di objek wisata Air Panan Semurup

Potret Air Panas Semurup di Kaki Gunung Kerinci
Aneka jajanan dan kuliner
Potret Kolam Air Panas
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button