Tempat Wisata

Pemandian Umbul Jernih : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Pemandian Umbul Jernih : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Apakah Anda sedang jalan-jalan ke Banyuwangi atau berencana jalan-jalan ke sana tapi masih belum tahu tempat mana saja yang bisa dikunjungi di sana? Tenang saja kali ini kami akan membahas salah satu tempat wisata di banyuwangi yang tentunya tidak boleh anda lewatkan, apalagi jika anda mengajak anak-anak dalam wisata ini.

Pemandian Umbul Bening merupakan pemandian yang cukup terkenal di banyuwangi, lebih tepatnya di desa Sumber Gondo di kecamatan Glenmore. Berbeda dengan pemandian lain yang dibangun di lahan agak terbuka, Pemandian Umbul Bening umumnya dikelilingi tembok seperti kolam renang.

Namun jangan khawatir, Anda akan melewatkan pemandangan indahnya karena pemandian ini dibangun dengan beberapa pepohonan dan tanaman disekitarnya yang rindang dan asri sehingga tetap memberikan kesan seperti sedang berada di luar ruangan. Air di kolam ini juga sangat bersih dan berwarna biru sehingga membuat Anda serasa mandi berjam-jam menikmati segarnya air yang bersumber langsung dari mata air umbul dengan saluran air yang sangat besar.

Terdapat beberapa jenis kolam yang ada di tempat wisata ini yaitu kolam dangkal yang tentunya khusus diperuntukkan bagi anak-anak yang gemar bermain air, dan ketiga kolam lainnya juga memiliki kedalaman yang berbeda-beda mulai dari 40 cm hingga 2 meter, jadi anda bebas memilih bisa memilih mana yang kamu suka. Tergantung tinggi badan Anda, tanpa harus khawatir tenggelam.

Anda yang tidak ingin mandi pun bisa bersantai di pemandian sambil melihat-lihat pengunjung yang sengaja bermain air dan menikmati jajanan atau makanan yang dibawa, katakanlah, untuk menghilangkan stres sejenak. untuk membongkar.

Untuk anak-anak sendiri, selain kolam dangkal khusus, ada juga permainan menarik yang patut dicoba oleh anak Anda yang terletak di sebelah kolam. Jadi Anda tetap bisa menikmati waktu mandi sementara anak Anda juga sibuk bermain, namun tetap usahakan untuk mengawasinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas Pemandian Umbul Bening

Beruntungnya tempat wisata yang satu ini dibangun dengan baik dan juga memiliki fasilitas yang tersedia bagi pengunjung. Fasilitas apa saja yang ada di sana?

– Kamar mandi umum

Pastinya setiap kolam renang atau tempat wisata renang mempunyai toilet umum yang bisa Anda dan pengunjung lain gunakan untuk membilas badas setelah berjam-jam berenang. Lalu ada juga stand tempat ganti baju. Jangan khawatir, kabin dan kamar mandi di sini cukup banyak.

– Paviliun

Bagi yang tidak ingin basah kuyup bisa menikmati waktu bersantai di pendopo yang disediakan pihak pengelola di sekitar kolam yang ada di sana. Gazebo ini juga terlihat sangat nyaman karena dilengkapi dengan atap untuk melindungi Anda dari terik sinar matahari. Bagi anda yang ingin rehat sejenak, tersedia juga jajanan yang dibawa dari rumah.

– Tempat bermain anak-anak

Untuk itu Pemandian Umbul Bening menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk anda jika membawa anak anda karena terdapat area khusus bermain anak dan juga kolam renang khusus anak.

– Penyewaan ban

Tidak bisa berenang tapi ingin berenang di kolam renang? Jangan takut, karena di sini Anda bisa menyewa ban yang memungkinkan Anda berenang dengan aman di kolam.

– Kantin dan warung

Meski tidak membawa bekal makanan dan minuman, perut lapar tetap bisa terpuaskan karena banyak kantin yang menyediakan berbagai jajanan, makanan, dan minuman bagi pengunjungnya.

– Area parkir

Tempat parkir di lokasi ini sangat memadai bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi maupun menyewa bus wisata.

Berburu foto di Pemandian Jernih Umbul

Meski tidak seterbuka kolam-kolam lain yang lebih menonjolkan suasana alami, namun di sini dibangun layaknya sebuah kolam renang yang juga tidak kehilangan suasana alaminya karena banyak pepohonan rindang yang menghiasi area sekitar kolam. Anda memerlukan kamera tahan air jika ingin mengabadikan banyak momen saat anak Anda sedang berenang atau bermain air, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika kamera Anda terjatuh ke dalam kolam dan rusak. Anda juga bisa memilih background pendopo sebagai tempat berfoto atau sekedar selfie. Jadi jangan lupa membawa kamera.

Baca juga: Biro Pariwisata Benculuk, Lokasi Eksotis ala Lord of the Rings

Akses jalan menuju Pemandian Umbul Bening

Ada dua jalur utama untuk menuju Pemandian Umbul Banyuwangi. Bagi pengunjung yang berangkat dari arah barat (dari Jember), rutenya sebagai berikut. Jember => Kalibaru => Glenmore => Wisata Umbul (Desa Sumbergondo)

Bagi pengunjung yang berangkat dari arah Timur (Kota Banyuwangi), bisa menempuh rute berikut. Banyuwangi => Rogojampi => Genteng => Glenmore => Wisata Umbul (Desa Sumbergondo)

Jika menggunakan bus bisa langsung turun di pertigaan Glenmore. Anda kemudian akan naik ojek langsung menuju lokasi.

Jika menggunakan kereta api, Anda bisa turun di stasiun Setail. Kemudian naik ojek menuju lokasi.

Tiket Masuk Pemandian Umbul Jernih

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pemandian Umbul Jernih

  • Buka setiap hari mulai pukul 08:30 hingga 16:30

Tips berlibur di Pemandian Umbul Jernih

  • Lebih baik membawa makanan dan minuman sendiri
  • Awasi anak Anda saat bermain air
  • Sebaiknya datang pada pagi atau sore hari
  • Bawalah baju ganti

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button