Berita Wisata

Pembukaan taman Pracima Tuin Maret 2023, tempat wisata di Solo

Surakarta, IDN Times – Adipati Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di balai kota, Kamis (1/12/2023). Pertemuan yang digelar tertutup selama dua jam itu juga mengundang pengusaha muda solo, Kevin Nugroho.

1. Bicara tentang rencana pembukaan Taman Pracima Tuin

Baru!  Taman Pracima Tuin Buka Maret 2023, Tempat Wisata Solo GuysKGPA Mangkunegara X bertemu dengan Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Seusai sidang, Bhre mengatakan pertemuannya dengan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu memunculkan sejumlah pertanyaan. acara diselenggarakan di Mangkunegaran. Selain itu, ada juga soal proyek pembukaan Pracima Tuin, obyek wisata taman di Candi Mangkunegaran.

“Tadi kita sudah membicarakan event budaya dan perkembangan pembangunan Mangkunegaran tahun ini, pada 21 Januari 2023 kita akan lembut pembukaan dulu (Pracima Tuin),” ucapnya.

Meski sudah dibuka, Bhre mengaku taman di belakang bangunan utama belum beroperasi 100%. Memang masih ada aspek operasional yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Revitalisasi Candi Mangkunegaran, Kerjasama Mangkunegara X dengan BUMN

2. Dibuka pada Maret 2023

Baru!  Taman Pracima Tuin Buka Maret 2023, Tempat Wisata Solo GuysTaman Pracima Tuin, Candi Mangkunegaran (IDN Times/Larasati Rey)

Bhre berharap pada Maret 2023 akan dilakukan pembukaan secara resmi. Meski resmi dibuka, pengunjung Taman Pracima akan dibatasi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

“Bukannya kita buka pelan-pelan, tapi dengan pembatasan dulu sekarang. Harapannya Maret sudah bisa buka,” ujarnya.

Selain pembukaan Taman Pracima, Pura Mangkunegaran juga memperkenalkan kuliner khas Mangkunegaran, serta pengenalan restoran di kawasan Taman Pracima.

“Masakan yang kita pelajari ini lebih ke makanan favorit Mangkunegara Mangkunegara jaman dahulu sebelum saya. Kita ambil dari arsip, kita memperbaiki dan kami bungkus agar lebih menarik,” jelasnya.

Sajian kuliner khas Mangkunegaran antara lain dendeng, garang asem, dan masih banyak lagi lainnya. Bhre menambahkan, nantinya juga akan ada lagi paket-paket yang menarik lebih banyak pengunjung.

“Kami membuat paket melalui reservasi. Semua melalui reservasi dan nanti tergantung jumlahnya,” tutupnya.

3. Pracima Tuin akan menjadi destinasi baru

Baru!  Taman Pracima Tuin Buka Maret 2023, Tempat Wisata Solo GuysPotret Taman Pracima Candi Mangkunegaran (instagram.com/rbeatsntravels)

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka memuji rencana pembukaan Pracima Tuin sebagai destinasi baru di Kota Solo. Ia menjelaskan, taman yang memiliki bentuk arsitektur campuran Jawa dan Belanda itu akan dibuka pada Maret 2023.

“Tadi saya lihat menunya, semuanya baik-baik saja. Untuk Pracima, seperti Kanjeng Gusti Bhre tadi, selalu lembut pembukaan. Tunggu sampai Maret 2023 ya,” pungkasnya.

Baca Juga: Taman Pracima Tuin, Ikon Wisata Baru di Candi Mangkunegaran Solo

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button