Tempat Wisata

Penangkaran Rusa Maliran : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Berwisata ke suatu tempat di alam terbuka pasti akan menyenangkan, apalagi jika ada hewan yang bisa diajak berinteraksi. Apakah Anda datang ke kebun binatang? Seperti biasa, saatnya Anda merasakan sensasi baru di antara hewan lucu dan menggemaskan seperti rusa di Penangkaran Rusa Maliran di Blitar, Jawa Timur.

Tak hanya dikenal dengan berbagai wisata yang berkaitan dengan sejarah atau kepahlawanan, Blitar juga menawarkan tempat wisata seru yang mudah diakses oleh anak-anak. Selain penangkaran penyu yang pertama kali didirikan di kawasan Pantai Serang, Blitar juga memiliki penangkaran rusa yang berada di kawasan hutan Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Di kawasan penangkaran rusa ini, pengunjung yang datang tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk penangkaran rusa, tetapi juga menikmati kesejukan dan keindahan hutan yang cukup luas. Tak jarang fasilitas wisata ini juga digunakan untuk kegiatan para fotografer amatir untuk berfoto.

Sebelum dijadikan penangkaran rusa, kawasan milik Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Blitar ini hanya berfungsi sebagai hutan tebangan dan areal pembibitan. Populasi rusa berangsur-angsur meningkat dan kini tinggal sekitar 200 ekor rusa yang hidup di penangkaran rusa Maliran. Merawatnya juga relatif mudah karena diberi makan langsung dengan rumput yang ditanam langsung di lokasi tersebut. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir rusa menggemaskan ini kelaparan.

Terkenal sejak tahun 2000-an, objek wisata ini sempat meredup sebelum akhirnya manajemen melakukan beberapa perbaikan dan kini memiliki landmark baru bertajuk Maliran Deer Feeding. Penangkaran rusa maliran sebenarnya termasuk dalam kawasan Perhutani RPH Sumberingin, sehingga tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Hutan Wisata Sumberingin. Secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Jatilengger, Kec. Ponggok, Kab. Blitar Namun karena daerah ini lebih dikenal dengan nama Alas Maliran namanya adalah Penangkaran Rusa Maliran dan bukan Jatilengger.

Jika Anda sedang berkunjung ke kota Blitar, Penangkaran Rusa Maliran memang menjadi destinasi yang cocok untuk Anda karena di sini Anda dan keluarga terutama anak-anak bisa bermain dan berinteraksi di antara rusa. Karena rusa juga jinak di sini, jangan khawatir diserang selama Anda memperlakukannya dengan baik. Beri makan rusa yang tampak menggemaskan sambil menikmati pemandangan dan udara segar.

Fasilitas di Suaka Rusa Maliran

Objek wisata ini menawarkan kepada pengunjung beberapa fasilitas yang tersedia bagi pengunjung meskipun tidak terlalu banyak, seperti:

– Kamar mandi umum

Salah satu fasilitas penting ini telah disediakan pihak pengelola sehingga Anda tidak perlu pusing mencari toilet jika ingin buang air kecil atau sekadar membasuh bagian tubuh setelah bermain dengan rusa.

– Paviliun

Dengan menyediakan gazebo di lokasi ini, pengunjung bisa bersantai dan menikmati pemandangan rusa yang lalu lalang mencari makan sambil menyantap jajanan atau bekal yang dibawa dari rumah.

– Tempat bermain anak-anak

Anak-anak Anda tidak hanya bisa bermain dan berinteraksi dengan rusa yang ada di objek wisata ini, tetapi juga bebas bermain di arena bermain anak yang disediakan oleh pengelola Penangkaran Rusa Maliran. Di tempat ini terdapat berbagai permainan seperti jungkat-jungkit, perosotan, ayunan dan lain-lain.

– Bilik atau tempat makan

Bagi Anda yang lupa atau tidak sempat membawa makanan dan minuman dari rumah, jangan khawatir karena di kawasan ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Area parkir

Selain itu, tempat parkir di tempat wisata ini cukup luas dan cukup untuk wisatawan yang membawa kendaraan bermotor.

Foto hunting di penangkaran rusa maliran

Bagi Anda yang menyukai seni fotografi, disini Anda bisa memanjakan hobi Anda sepuasnya dan mengambil banyak foto dengan angle yang bagus yang layak untuk diposting di media sosial Anda. Di Suaka Rusa Maliran Anda bisa menikmati pemandangan hutan yang mengelilingi lokasi ini dan tentunya ratusan rusa yang berkeliaran kesana kemari untuk mencari makan. Saat Anda berinteraksi dengan mereka, Anda dapat berfoto selfie atau meminta salah satu anggota keluarga Anda untuk berfoto dengan rusa yang cantik dan menggemaskan ini. Beberapa tempat lain yang bisa Anda gunakan adalah area pendopo dan juga area bermain anak.

Baca Juga : Pantai Camplong, Menikmati Keindahan Salah Satu Wisata Andalan di Pulau Madura

Akses jalan menuju penangkaran rusa Maliran

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menuju ke penangkaran rusa Maliran dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk melakukannya, cukup menyusuri jalan raya Kediri-Blitar hingga menemukan gapura masuk bertuliskan “Wana Wisata Maliran”. Setelah Anda menemukan gapura tersebut, Anda tinggal mengikuti jalan menuju kesana dan setelah kurang lebih 1 km Anda akan segera sampai di penangkaran rusa Maliran. Mengingat rutenya yang relatif mudah, tak heran banyak yang mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Biaya masuk ke peternakan rusa Maliran

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka peternakan rusa maliran

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips liburan di penangkaran rusa maliran

  • Siapkan kamera Anda
  • Lebih baik membawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan perlakukan rusa dengan buruk di sana
  • Jangan dibuang
  • Awasi anak Anda saat berinteraksi dengan rusa

Galeri Foto Peternakan Rusa Maliran

penangkaran rusa maliran
Berinteraksi dengan rusa
berburu foto
Potret Pengunjung dengan Rusa
Beri makan rusa

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button