Berita Wisata

Pendirian proyek percontohan desa budaya mendukung pengembangan pariwisata di Glagaharjo

YOGYAKARTA, Cendana News – Dengan masuknya Desa Glagaharjo, Kabupaten Sleman kini memiliki hingga 20 desa percontohan budaya yang tersebar di berbagai wilayah.

Penetapan satu-satunya kampung budaya percontohan Glagaharjo ditandai dengan digelarnya acara budaya dan UMKM di kawasan wisata Bukit Mintorogo, Glagaharjo, selama dua hari mulai Rabu hingga Kamis (23-24/11/2022).

Peresmian kampung budaya percontohan itu sendiri harus mampu mendorong semangat warga masyarakat untuk terus melestarikan dan mengembangkan potensi budaya yang ada.

Memang sampai saat ini desa Gayamharjo dikenal memiliki berbagai macam potensi seni dan tradisi yang jarang dimiliki oleh beberapa desa lain, seperti seni srandul, gabungan tari dan ketoprak.

Apalagi meski berada di daerah terpencil, Desa Gayamharjo dikenal memiliki potensi besar di bidang pariwisata dengan sejumlah objek wisata alam, serta wisata sejarah dan religi.

“Penetapan desa percontohan budaya ini diharapkan dapat lebih mendukung pengembangan sektor pariwisata di Desa Gayamharjo, salah satunya pengembangan kawasan wisata Bukit Mintorogo,” ujar salah satu perangkat desa asal Gayamharjo, Ignatius Parwoto.

Ke depan, Parwoto yang juga Ketua Pokdarwis zona objek wisata Bukit Mintorogo ini sendiri berencana menggelar kegiatan budaya secara rutin di zona ini.

Selain menampilkan kesenian khas Glagaharjo yakni Srandul, pihaknya juga berencana menggelar sendratari yang menceritakan kisah mistis kawasan perbukitan Mintorogo.

“Selain untuk membuat kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan, juga untuk menampilkan sisi lain dari Bukit Mintorogo yang akan menjadi pertapaan Begawan Ciptoning atau Arjuna,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button