Tempat Wisata

Pesisir barat Pangandaran, pantai berpasir putih, menjadi habitat fauna dan flora langka

Di pesisir barat Pangandaran terdapat Pantai Pasir Putih yang merupakan habitat fauna dan flora langka yang menawarkan keindahan alam yang mempesona dan keanekaragaman hayati yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp6.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Pamugaran Bulak Laut, Pananjung, Kecamatan. Pangandaran, Cab.Pangandaran, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Indonesia menawarkan banyak pilihan wisata pantai yang menyenangkan dan lokasinya tidak terbatas pada satu daerah saja, seperti pantai barat Pangandaran.

Karena kawasan wisata ini cukup mudah dijangkau, jumlah pengunjung pun terus meningkat. Baik saat musim liburan maupun hari biasa, jumlah pengunjungnya mencapai puluhan hingga ratusan orang.

Meningkatnya jumlah pengunjung tentunya karena daya tariknya yang selalu membuat banyak orang penasaran.

Meski letaknya cukup jauh dari Kota Bandung, namun masih ada beberapa wisatawan yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk datang ke sini. Karena pantai yang indah ini mampu memberikan pengalaman liburan yang lebih menyenangkan bagi setiap pengunjungnya.

Tempat wisata yang ditawarkan Pantai Barat Pangandaran

Daya Tarik Pantai Barat PangandaranFoto: Google Maps/Ayun

Banyak orang datang kesini karena ingin melihat keindahan pemandangan dengan mata kepala sendiri matahari terbenam bersama dengan orang yang dicintainya.

Namun ada juga sebagian orang yang ingin datang ke sini untuk melihat beragam objek wisata, yaitu:

1. Daerah berpasir yang luas

Jika Anda berlibur ke pantai, Anda tidak hanya ingin bermain air dan menikmati pemandangan yang indah, tetapi Anda juga ingin bermain pasir di tepi pantai.

Dalam hal ini pantai barat Pangandaran mempunyai wilayah pasir yang sangat luas.

2. Cagar Alam Pananjung

Cagar alam yang kaya akan edukasi ini terletak di perbatasan pantai timur dan barat Pangandaran sehingga memungkinkan pengunjung dari kedua pantai tersebut untuk menjelajah. Di dalamnya terdapat berbagai jenis fauna dan flora yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Saat matahari terbenam, suasana di pantai indah ini semakin romantis. Oleh karena itu, banyak pasangan yang memilih berkencan di pantai barat Pangandaran karena ingin merasakan suasana romantis bersama kekasihnya.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat di pantai barat PangandaranFoto: Google Maps/Rizky Afreza Febryanto

Dahulu, wisata pantai barat Pangandaran lebih dikenal sebagai perkampungan nelayan karena sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Namun seiring berjalannya waktu, pantai di Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat ini semakin dikenal sebagai tempat wisata yang indah.

Jarak kota pantai indah ini dengan kota Ciamis adalah 92 km sedangkan jarak dari kota Bandung adalah 222 km. Jadi bisa dipastikan jarak kota Ciamis lebih dekat dibandingkan kota Bandung.

Nantinya, seluruh calon pengunjung bisa menempuh jalur Bandung – Pangandaran yang melewati kota-kota seperti Cimahi, Pangalengan, dan Parigi.

Pasalnya jalur ini diklaim lebih mulus dibandingkan jalur Bandung – Garut yang juga melewati kawasan Pangandaran.

Biaya masuk wisata bahari

Sebelum merencanakan liburan ke suatu destinasi wisata tertentu, biasanya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai biaya masuknya, karena harus dibuat anggaran yang sesuai. Bahkan, ada sebagian orang yang lebih memilih memesan tur murah.

Saat ini banyak sekali tempat wisata menarik di Indonesia yang tarif masuknya tidak mahal. Hanya dengan membeli tiket masuk murah ini, mereka bisa menikmati berbagai aktivitas dan atraksi seru di dalamnya.

Sedangkan tiket masuk wisata Pantai Barat Pangandaran sendiri hanya dibanderol Rp 6.000 per orang.

Selain itu, dikenakan biaya parkir sebesar Rp15.000 untuk pengendara sepeda motor, sedangkan untuk pengendara mobil sebesar Rp35.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai Barat PangandaranFoto: Google Maps/Anugrah Nabila

Keseruan berlibur bisa diukur dari banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di tempat tujuan kita.

Jadi bukan hanya atraksinya saja yang perlu anda ketahui, namun cara bermain di tempat wisata juga perlu anda ketahui sejak awal. Kegiatan menarik di sini adalah:

Bersepeda di pantai

Bersepeda di pantai barat Pangandaran merupakan pengalaman liburan yang langka karena tidak semua wisata pantai di sekitar kita memiliki fasilitas untuk itu.

Namun pengunjung pantai yang menakjubkan ini bisa menikmati aktivitas menyenangkan tersebut karena di sini terdapat jalan mulus yang bisa dijadikan tempat bersepeda pantai. Bahkan pihak pengelola juga menyediakan tempat penyewaan sepeda.

Wisata Kuliner Di Pantai Barat Pangandaran

Selain kaya akan keindahan alam yang mempesona, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan kulinernya yang lezat.

Ada banyak warung makan tradisional di pesisir barat Pangandaran yang bisa membuat wisata kuliner semakin menyenangkan.

Berbelanja oleh-oleh

Anda tidak perlu pergi ke tempat lain untuk membeli oleh-oleh atau memberikan oleh-oleh sebagai oleh-oleh karena di sini banyak terdapat toko oleh-oleh yang menarik. Sebenarnya harga oleh-oleh di sini tidak jauh berbeda dengan harga di warung lainnya.

Mulai dari oleh-oleh makanan hingga produk khas Pangandaran dijual di sini dengan harga yang tidak akan menguras kantong Anda. Oleh karena itu, seluruh pengunjung pantai cantik ini bisa berbelanja oleh-oleh.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Barat PangandaranFoto: Google Maps/Nino

Jika tempat wisata tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, pengunjung atau wisatawan pasti akan merasa tidak nyaman. Namun tak perlu khawatir karena pantai populer ini memiliki fasilitas umum yang lengkap.

Diantaranya adalah toilet, tempat penyewaan sepeda, kursi pantai, shelter, musala, tempat minum dan jajanan serta fasilitas umum lainnya. Dengan cara ini liburan Anda bisa lebih menyenangkan.

Kunjungi Pantai Barat di Pangandaran bersama keluarga dan teman dan ciptakan pengalaman baru yang lebih menyenangkan dalam hidup. Lakukan semua aktivitas di sini agar tidak menyesal saat pulang ke rumah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button