Tempat Wisata

Pulau Abang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Abang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Banyak pengunjung yang mengatakan keindahan bawah laut Pulau Abang tak kalah dengan Raja Ampat atau Bunaken. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjungi pulau ini untuk menyelam. Untuk menuju Pulau Abang, Anda harus menuju Jembatan Balerang Enam. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Setelah itu, Anda harus melintasi pulau dengan perahu pompong selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke Pulau Abang.

Pulau ini tergolong kecil, hanya berukuran sekitar 2 x 5 km. Meski demikian, Pulau Abang mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Hamparan pasir putih bersih dan lebatnya pepohonan kelapa menghiasi pulau membuat pulau ini semakin menarik.

Keindahan alam bawah laut Pulau Abang menjadi surganya para pecinta diving dan snorkeling. Di sana-sini Anda bisa melihat gerombolan ikan kecil berwarna-warni berenang dengan cepat. Terumbu karang yang indah dan alami membuat Anda semakin nyaman berada di dalam air.

Di dalam Pulau Abang, terdapat jenis terumbu karang yang langka yaitu karang biru. Spesies ini hanya dapat tumbuh di air yang bersih dan jernih. Selain beragam ikan dan terumbu karang, alam bawah laut Pulau Abang juga dihuni oleh berbagai jenis makhluk laut. Keindahan biota laut merupakan suatu kesatuan yang harus dilestarikan.

Pulau Abang mempunyai 9 titik yang mempunyai pesona alam bawah laut yang indah dan masih sangat terjaga. Oleh karena itu, kawasan ini dijadikan cagar alam untuk melindungi dan melestarikan habitat terumbu karang dan ekosistem lainnya.

Fasilitas Pulau Abang

Fasilitas di Pulau Abang masih cukup buruk. Namun di pulau ini terdapat beberapa akomodasi bagi Anda yang ingin bermalam. Selain itu terdapat beberapa warung yang menjual berbagai makanan, baik makanan berat maupun makanan ringan.

Bagi Anda yang ingin menyelam, beberapa warga juga telah membuka layanan paket wisata yang akan membawa Anda berkeliling Pulau Abang. Meski fasilitas yang tersedia masih minim, namun sudah bisa memenuhi kebutuhan Anda di Pulau Abang

Berburu foto di tur ini

Berfoto saat berlibur merupakan hal yang wajib dilakukan. Pulau Abang memiliki banyak spot bagus yang bisa dijadikan spot foto. Anda bisa berfoto di dataran yang menyuguhkan pemandangan pasir putih dengan deretan pohon kelapa serta luasnya laut biru.

Saat berada di bawah air, Anda bisa berfoto dengan makhluk laut berwarna-warni dan berbagai jenis terumbu karang yang menakjubkan. Pemandangan ekosistem bawah laut yang indah pasti akan membuat hasil jepretan Anda memukau.

Baca Juga: Menikmati Wisata Alam di Perkebunan Buah Naga Zore

Tips berwisata ke Pulau Abang

Jika Anda berencana berkunjung ke Pulau Abang, Anda perlu memperhatikan kondisi cuaca agar perjalanan Anda tidak sia-sia. Cuaca yang baik untuk menyelam biasanya terjadi antara bulan Maret dan Agustus atau antara bulan September dan November. Selain bulan-bulan tersebut, menyelam tidak disarankan karena cuacanya tidak mendukung.

Menikmati keindahan Pulau Abang

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan alam Pulau Abang. Jika ingin melihat keindahan alam bawah laut, Anda bisa melakukan snorkeling atau diving. Jika tak ingin menyelam, Anda tetap bisa menikmati keindahan ekosistem bawah laut dari permukaan karena air laut di Pulau Abang masih sangat jernih.

Jika tidak ingin basah, Anda bisa bersantai di pinggir pantai dan menikmati indahnya hamparan laut yang biru dan indah. Namun sayang sekali jika Anda sampai di pulau ini namun tidak berenang, karena keindahan kawasan bawah laut Pulau Abang sangat mempesona.

Peta lokasi Pulau Abang

Jam buka dan tarif masuk Pulau Abang

Anda dapat mengunjungi Pulau Abang kapan saja karena kapal berangkat setiap 30 menit. Karena tidak ada jam buka khusus, Anda bisa mengunjunginya kapan saja bersama orang tercinta untuk menghabiskan waktu berlibur. Namun untuk melintasi pulau ini juga harus memperhatikan kondisi cuaca masing-masing. Anda tidak perlu membayar tiket masuk, Anda cukup mengeluarkan uang untuk menyewa berbagai fasilitas yang akan Anda gunakan.

Demikianlah gambaran kawasan wisata tersebut Pulau Abang. Menarik bukan? Keindahan panorama bawah laut menjadikan Pulau Abang sebagai salah satu destinasi wisata di Batam yang wajib dikunjungi. Segera rencanakan liburan Anda bersama teman atau keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga liburan anda menyenangkan.

Galeri foto Pulau Abang

Potret Pulau Abang
Snorkeling di perairan Pulau Abang
Pantai di Pulau Abang
Bersantai dan nikmati keindahan laut
Berburu foto di pantai
Berenang di Pantai Pulau Abang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button