Tempat Wisata

Pulau Banda Neira, pulau eksotik dengan sejarah Belanda yang kental di Maluku tengah

Pulau Banda Neira di Maluku tengah merupakan pulau eksotik dengan pegunungan vulkanikk dan kisah Belanda yang kuat yang menampilkan pesona alam dan warisan budaya yang menakjubkan.

Biaya tur: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kp.Baru, Kec. Banda, Kab.Maluku Tengah, Maluku; Map: Periksa lokasinya

Pulau Banda Neira memang pantas menjadi surga tersembunyi di negeri seribu kepulauan, Maluku. Keindahan alamnya membuka potensi wisata alam dan patut dijadikan pilihan saat berwisata. Mulai dari keindahan lautnya, pesona alamnya yang masih terjaga, hingga pulau kecil ini merupakan kawasan yang kaya akan hasil rempah-rempah.

Jadi apa yang ingin Anda lakukan saat mengunjungi pulau sepi ini? Ada banyak hal yang bisa ditemukan di pulau indah ini. Dari sederetan pantai yang menakjubkan, aktivitas air yang mengasyikkan, hingga perjalanan mengunjungi kembali masa lalu peninggalan Belanda. Apakah Anda ingin mampir?

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Banda Neira

Pemandangan Pulau Banda NeiraFoto: Google Maps/Icarossa

1. Sejarah kebudayaan Belanda yang kuat

Pulau Banda Neira di tengah Maluku menjadi salah satu saksi bisu masa penjajahan dan sejarah Indonesia. Pulau ini bahkan disebut Pulau Syahrir karena Sutan Syahrir yang menjabat perdana menteri pertama Indonesia pernah mengunjungi Banda Neira pada masa pengasingannya. Jejak sejarah juga dapat ditemukan di rumah pengasingan Bung Hatta pada masa penjajahan Belanda.

Jangan salah, ada beberapa tempat bersejarah yang menjadi daya tarik wisata utama di pulau cantik ini. Ada Fort Nassau yang masih dianggap sebagai saksi sejarah. Ada pula Fort Belgica, benteng peninggalan Portugis yang kemudian digunakan Belanda.

2. Wisata pegunungan vulkanik yang eksotik

Destinasi wisata ini merupakan pulau tersendiri yang jaraknya cukup dekat untuk dijelajahi. Situs tersebut masih berada di kawasan Kepulauan Banda, tempat berdirinya gunung berapi Ganapus yang berada di ketinggian 656 meter di atas permukaan laut dan menjadi rumah bagi flora dan fauna lokal yang masih terjaga kelestariannya. Jika ingin mendakinya, hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk mencapai puncak.

3. Keindahan alam pantai dan matahari terbenam di Indonesia bagian timur

Pulau Banda Neira yang merupakan bagian dari Kepulauan Maluku tentu tidak lepas dari keindahan alam lautnya. Bahkan, jernihnya air laut menimbulkan warna biru yang indah. Hamparan pasir putih lembut dengan pepohonan hijau subur memberikan perasaan tenang. Hal ini membuatnya cocok untuk liburan pantai yang penuh peristiwa.

4. Arsitektur kolonial Belanda yang menakjubkan

Kekayaan sejarahnya juga meninggalkan jejak keindahan arsitektur kolonial Belanda di beberapa lokasi wisata. Salah satu kesan uniknya adalah banyaknya bangunan mewah khas Belanda yang dijadikan backdrop foto keren. Jalanan yang berkelok-kelok, berbatu, serta bangunan-bangunan tua yang mencolok selalu memancarkan pesona indahnya.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau Banda NeiraFoto: Google Maps/Bayu Indra Kahuripan

Wilayah pulau cantik ini terletak di Provinsi Maluku, dimana pulau ini termasuk dalam wilayah administratif Kepulauan Banda di Maluku tengah. Karena merupakan pulau kecil dan cukup tersembunyi, bisa dikatakan untuk mencapai tempat ini cukup rumit. Akses yang paling direkomendasikan adalah dari Ambon kemudian melalui pelabuhan Banda.

Anda bisa mencapai Bandara Ambon melalui jalur udara lalu naik speedboat menuju Pelabuhan Banda. Ada pilihan kapal feri dengan waktu tempuh hingga 10 jam. Atau naik kapal Pelni rute Ambon – Banda dengan waktu tempuh sekitar 8-15 jam.

Rute lainnya adalah dengan pesawat menuju Bandara Banda Neira. Pilihan rute ini hanya tersedia dalam bentuk pesawat pilot yang hanya memiliki 12 kursi penumpang. Biaya perjalanan dengan pesawat ini sekitar Rp 350.000, waktu tempuh hanya sekitar 45 menit. Di sana Anda bisa menyewa kendaraan atau mengikuti paket wisata.

Biaya Tour ke Pulau Banda Neira

Tarif masuk Pulau Banda Neira lebih didasarkan pada tarif masing-masing destinasi wisata. Umumnya tidak ada biaya masuk ke pulau kecil yang indah ini. Namun jika mengunjungi suatu lokasi dikenakan biaya khusus. Misalnya HTM mulai dari Rp 20.000 untuk Fort Belgica atau di rumah budaya.

Bisa juga dikatakan biaya mengunjungi pulau cantik ini cukup murah. Yang perlu diperhatikan adalah biaya transportasi dengan perahu dari Ambon ke Banda, dengan kisaran harga antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000. Belum lagi harga tiket pesawat di Ambon yang turun. Kemudian Anda juga perlu mempertimbangkan biaya paket perjalanan atau sewa kendaraan.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Banda NeiraFoto: Google Maps/Gonzo Gooner

Cobalah aktivitas air yang mengasyikkan

Ingin pergi ke pantai apa di Pulau Banda Neira di Maluku Tengah? Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Anda bisa bermain air, berenang bahkan mencoba aktivitas menyelam dan snorkeling. Airnya cukup tenang dan tentunya masih jernih. Di pesisir Pulau Banda, Anda juga akan disuguhi keindahan magis alam bawah laut yang penuh dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil berwarna-warni.

Cicipi kuliner khas Maluku di Pulau Banda Neira

Berkunjung tidak akan lengkap tanpa mencicipi olahan kuliner khas Maluku. Beruntungnya, di pulau cantik ini banyak terdapat stand wisata yang menyajikan berbagai kuliner khas khas maluku. Salah satu ciri khasnya adalah cita rasa asli penduduk setempat yang menghargai produk rempah-rempah pulau tersebut.

Pelajari lebih lanjut jejak sejarah masa kolonial di Pulau Banda Neira

Banyak jejak sejarah kolonial yang tersembunyi di pulau indah ini. Misalnya saja dari tempat pengasingan tokoh terkenal seperti Bung Hatta dan Sutan Syahrir. Selain itu juga terdapat sejarah panjang mengenai Banda Neira yang menjadi pusat perdagangan Pala dan pusat kota modern VOC. Jejak sejarah bisa Anda lihat langsung pada sisa-sisa bangunan tua di Banda Neira.

Kunjungan ke Fort Belgica dan Nassau

Benteng Belgica memiliki bentuk segi lima yang masih dipertahankan hingga kini meski dibangun pada abad ke-17. Bangunan benteng ini semakin terkenal karena menyuguhkan pemandangan Gunung Ganapus yang indah. Sementara itu, Benteng Nassau yang berusia 400 tahun menjadi saksi bisu perjuangan kelam antara masyarakat Banda dan penjajah Belanda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau Banda NeiraFoto: Google Maps/Doela Latif

Mengingat Pulau Banda Neira di Maluku Tengah memiliki potensi wisata, berbagai fasilitas dasar dan pariwisata saat ini tersedia. Anda tidak perlu khawatir tentang kebutuhan dasar. Beberapa fasilitas umum yang tersedia antara lain lapak wisata, fasilitas umum, toko oleh-oleh, dan layanan paket wisata.

Selain itu, pulau primadona ini juga terus berkembang dan semakin optimal. Fasilitas wisata seperti akomodasi, terminal feri, atraksi air, dan fasilitas persewaan mudah ditemukan. Dukungan pelayanan pariwisata ini membantu meningkatkan nilai pariwisata.

Beberapa layanan wisata seperti penyewaan kendaraan dan transportasi cukup efisien. Jadi Anda bisa menikmati liburan di Banda Neira tanpa kebingungan lagi. Destinasi wisatanya juga luas, mulai dari pantai, wisata gunung berapi, hingga beberapa tempat bersejarah. Bisa dibilang semuanya ada di sana.

Meski tersembunyi permata, lokasi wisata ini menyimpan segudang potensi wisata menarik. Anda bisa menjelajahi kawasan pantai, menjelajahi pulau dari pegunungan hingga dataran rendah, atau mengunjungi beberapa tempat bersejarah. Semuanya tersedia di Pulau Banda Neira.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button