Tempat Wisata

Pulau Burung, Menikmati keindahan berbagai jenis terumbu karang di Kepulauan Seribu

Pulau Burung, Menikmati keindahan berbagai jenis terumbu karang di Kepulauan Seribu
Biaya tur: Dari Rp 200.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu Administrasi, DKI Jakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Burung merupakan salah satu destinasi bahari di Gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta yang mirip dengan Pulau Pramuka, Pulau Pari dan pulau-pulau lain di sekitarnya. Selain itu, Kepulauan Seribu juga memiliki pulau-pulau lain yang lebih kecil dan menarik.

Meski pulau ini tidak setenar pulau lainnya, namun pemandangan dari pulau ini tidak bisa dipungkiri. Bahkan banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi tempat ini untuk menikmati eksotisme pantainya dan mencari ketenangan.

Oleh karena itu, pulau ini cocok untuk berobat baik bersama keluarga maupun teman. Jadi untuk menuju pulau ini anda harus terlebih dahulu menuju ke dermaga Marina Ancol untuk menyeberanginya dengan menggunakan perahu. Karena letak pulau ini berada di tengah laut.

Daya tarik yang dimiliki Pulau Burung

Atraksi Pulau BurungKredit foto: Facebook Duan Bari

Pulau Burung merupakan bagian dari gugusan pulau ikan pari di Kepulauan Seribu. Memang ukuran pulau ini kecil bahkan tidak berpenghuni, namun biasanya orang datang ke tempat ini untuk berwisata atau untuk melindungi hewan langka.

Oleh karena itu, pulau ini masih sangat indah karena jarang dijamah manusia dan masih banyak hewan langka yang bisa kita jumpai disini. Tentunya pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, pulau ini tidak berpenghuni dan memiliki kekayaan hayati yang beragam.

Selain nama pulaunya yang unik, pulau ini juga memiliki banyak objek wisata yang bisa Anda temukan selama berkunjung. Berikut adalah beberapa atraksi yang tidak boleh dilewatkan.

1. Melihat sekawanan burung

Nama pulau ini memang unik, namun bukan tanpa alasan, karena pulau cantik ini menjadi habitat banyak kawanan burung. Itu jugalah pesona yang dimiliki pulau kecil nan indah ini. Salah satu burung yang dilestarikan di tempat ini adalah Elang Bondol.

Selain Elang Bondol, masih banyak burung lain yang bisa Anda temukan di pulau kecil ini. Semua itu karena keindahan pulau kecil ini, namun keindahan burung-burung tersebut bukanlah daya tarik utama tempat ini. Masih banyak keindahan lain yang bisa dinikmati.

2. Pemandangan alam yang menakjubkan

Karena pulau ini digunakan untuk melindungi elang Bondol, pulau ini memiliki banyak pohon yang sangat rimbun. Pepohonannya bahkan menutupi hampir seluruh wilayah pulau yang hanya berada di pinggir, namun menutupi hampir seluruh wilayah pantai pulau ini.

Pantai di Pulau Burung ini juga memiliki pasir putih bersih dan airnya jernih berwarna biru muda mirip kristal. Tentunya pantai berpasir putih dengan air laut yang biru membuat pemandangan alam di pulau ini semakin menakjubkan.

3. Laut yang datar dan jernih

Jarang sekali kita menemukan pulau di Jakarta seindah pulau burung ini. Sejauh mata memandang Anda bisa melihat keajaiban bawah air yang indah, lautnya masih jernih dan dangkal. Sehingga terumbu karang dan ikan hias warna-warni dapat terlihat dengan jelas.

Anda juga bisa menghabiskan waktu 1 hari sepuasnya jika ingin berkeliling ke seluruh area pulau ini. Sambil bersantai, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Pulau Pari dan sekitarnya dari pinggir pulau. Ini sangat cocok bagi anda yang terlalu malas untuk mengemudikan perahu dan masih bisa melihat laut yang indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat VogelinselKredit foto: Google Maps黄德雪

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pulau Burung masih menjadi bagian dari gugusan Pulau Pari di Kepulauan Seribu Selatan. Jadi, alamat pulau ini berada di Wilayah Administratif Kepulauan Seribu, Jakarta.

Untuk menuju pulau ini dari Pulau Pari, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk tiba di lokasi menggunakan speedboat. Karena kedua pulau ini sangat dekat satu sama lain dan masih dalam satu gugus yang sama, Anda hanya perlu menyeberang sedikit dengan perahu atau speedboat.

Namun jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda bisa berangkat dari pelabuhan pantai Marina Ancol. Dari pelabuhan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menyeberang dan menggunakan kapal. Agar lebih mudah, Anda bisa ikut open trip.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Seperti yang Anda tahu, Pulau Seribu tidak pernah mematok harga pasti untuk tiket masuk. Namun mereka hanya menyesuaikan jenis kapal penyeberangan yang digunakan. karena masuk ke Pulau Burung sebenarnya gratis dan tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Karena Anda perlu menyewa perahu yang bisa membawa Anda dari dermaga di Jakarta ke pulau ini dan harganya sangat bervariasi. Sama seperti kapal penyeberangan lainnya, tarif kapal Rp 200.000 pada hari kerja dan tarif Rp 250.000 pada akhir pekan.

Aktivitas seru di Pulau Burung

Kegiatan menyenangkan di Pulau BurungKredit Gambar: Perjalanan Google Maps Linardy

Jadi jika Anda sudah memutuskan untuk datang ke pulau ini, Anda bisa menikmati banyak aktivitas seru bersama teman, keluarga atau orang tersayang. Di sini Anda bisa snorkeling, memancing, sekedar menikmati pemandangan pantai atau piknik. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan.

1. Snorkling

Seperti disebutkan, Pulau Burung sebenarnya tidak berpenghuni, sehingga terumbu karang dan nemo masih terlihat jelas di laut. Namun bagi anda yang menyukai aktivitas bawah laut, terutama yang menyukai wisata laut, snorkeling ini bisa anda coba.

Selain itu, berbeda dengan pantai selatan Jawa, ombak di pulau ini relatif tenang. Lautnya juga jernih dan bersih sehingga menjadi tempat berkembangbiaknya biota laut dan terumbu karang. Begitu juga dengan ikan di dalamnya terdapat 48 spesies ikan dari 16 famili.

2. Berenang di pantai

Tentunya ketika mendengar wisata laut, yang terbayang adalah laut biru yang indah dengan pasir yang bersih dan aktivitas seperti berenang di pantai. Pulau ini bisa banget buat kalian yang suka bermain air karena ombaknya yang agak tenang dan menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan.

Karena pulau ini juga memiliki pantai yang dangkal dan perairan yang jernih membuat setiap orang yang melihatnya ingin berenang. Tak perlu takut tersapu ombak juga, sebenarnya berenang di lepas pantai Pulau Burung paling enak di pagi atau sore hari sambil melihat sunset.

3. Piknik di pantai

Pulau ini memang menjadi destinasi keluarga yang cocok, disini Anda bisa piknik di pinggir pantai. Menikmati udara sejuk, pantai bersih dan wisatawan lainnya berenang atau snorkeling.

Sambil bersantai Anda juga bisa memesan sesuatu dari menu di sana, ada banyak hidangan ikan yang bisa Anda coba juga. Saat bersantai di pantai sambil makan seafood dan piknik santai di sini, sungguh liburan yang menyenangkan.

4. Aktivitas Memancing yang Menyenangkan

Selain itu, bagi Anda yang memiliki hobi memancing di Pulau Burung, Anda juga bisa menekuni hobi tersebut di sini. Bagi Anda yang tidak membawa alat pancing dari rumah, tersedia persewaan alat pancing di sini.

Disebutkannya lagi, ikan yang ditangkap di sini pasti lebih segar dari yang dibeli di pasar. Selain itu, ikan juga bisa langsung diolah di sana oleh wisatawan untuk makan siang bersama para nelayan.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau BurungKredit Gambar: Perjalanan Google Maps Linardy

Kalau bicara pulau tak berpenghuni pasti akan berpikir mungkin fasilitasnya kurang lengkap atau toiletnya tidak ada sama sekali.

Tenang saja, meski tidak berpenghuni, pulau ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sebagai berikut.

  • listrik untuk pengisian
  • Toilet dengan air bersih
  • Menyewakan peralatan snorkeling dan memancing

Itulah beberapa hal menarik dari Pulau Burung yang mempesona di Kepulauan Seribu. Disarankan untuk mengunjungi beberapa pulau indah di daerah tersebut untuk liburan akhir pekan yang menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button