Tempat Wisata

Pulau Cinta di Gorontalo: harga tiket, foto, tempat, fasilitas dan spot

Siapa sangka kita juga bisa menemukan tempat wisata romantis ala Korea di Gorontalo? Destinasinya adalah Pulau Cinta yang tak hanya menarik namanya tapi juga bentuknya. Tidak seperti kebanyakan pulau, yang satu ini berbentuk hati. Pantas saja setiap orang yang memandangnya merasa takut dan terpesona.

Tak sedikit yang menyebut tempat ini Maladewa-nya Indonesia. Destinasi ini bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur bersama pasangan.

Lokasi Pulau Cinta

pulau cintaPulau Cinta Sumber : instagram.com/ibuumerang

Tempat wisata ini terletak di Teluk Tomini, Desa Patoameme, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Tempat ini sering dijadikan tujuan bulan madu yang romantis dan eksotis.

Fasilitas di Pulau Cinta

Fasilitas di Pulau CintaPulau Cinta Sumber : instagram.com/dikiyogi_

Pengunjung Pulau Cinta akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan tempat ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kenyamanan berlibur atau bulan madu. Fasilitas apa saja yang ditawarkan tempat wisata romantis ini?

1. Layanan Antar-Jemput Pulau

Salah satu fasilitas utamanya adalah layanan antar jemput dari Bandara Gorontalo. Jadi anda harus benar-benar pergi ke desa Patoameme dengan berkendara menuju lokasi tujuan di pulau tersebut. Kapal ditawarkan sebagai sarana transportasi. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pulau ini adalah dua jam.

Tak perlu khawatir, layanan shuttle ini gratis bagi yang menginap 3 hari 2 malam. Ada biaya Rp 500.000 untuk yang menginap hanya 2 atau 1 hari.

2. Tempat makan

Pengunjung dapat dengan mudah menemukan penjual makanan di tempat ini. Aneka jajanan dan jajanan tersedia dan bisa dinikmati oleh para tamu yang menginap disana. Selain itu, fasilitas pembuat teh dan kopi tersedia gratis.

3. Snorkling

Tidak hanya liburan romantis, Pulau Cinta juga menawarkan pengunjung kesempatan untuk snorkeling. Kegiatan water sport ini cukup banyak diminati, sehingga liburan akan semakin seru dan tidak monoton.

Spot foto menarik di Pulau Cinta

Spot foto menarik di Pulau CintaPulau Cinta Sumber: instagram.com/ignatianugrahi

Sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Gorontalo, pulau ini tentunya memiliki spot foto yang menarik, yaitu.

1. Bentuk pulau menyerupai hati

Seperti namanya, bentuk pulau ini sebenarnya unik karena menyerupai bentuk hati. Dilihat dari atas, Anda tentu akan terkagum-kagum dengan bentuknya yang tidak biasa ini. Tak heran jika keindahan kawasan sekitarnya sangat menarik untuk dijelajahi lebih jauh.

Ada cerita menarik di balik bentuknya yang unik ini. Pada zaman penjajahan Belanda dulu, tempat ini menjadi tempat pelarian Pangeran Gorontalo dan seorang putri. Cinta mereka ditolak oleh masyarakat setempat karena dibingungkan oleh perang. Oleh karena itu, keduanya memutuskan untuk melarikan diri dan mengasingkan diri di pulau eksotis ini.

Destinasi ini tak kalah menarik dengan destinasi romantis di luar negeri. Tentu Anda bisa lebih berhemat jika mengunjungi pulau di negara asal Anda terlebih dahulu.

2. Pemandangan darat dan laut

Pulau romantis ini menawarkan pemandangan laut dan daratan yang menakjubkan. Pengunjung disuguhi secuil laut yang jernih dan bersih. Selain itu angin sepoi-sepoi di tempat ini juga sangat sejuk.

2. Hamparan pasir putih bersih yang luas

Pulau Cinta telah dikelola dengan baik sehingga masih cukup terawat. Pasirnya putih bersih dan karenanya terasa lembut di kulit. Tak heran banyak yang betah hanya berjalan-jalan di sekitar pulau.

3. Pemandangan Bawah Air

Tempat menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah pemandangan bawah laut. Saat Anda berkunjung ke pulau ini, aktivitas snorkeling bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan biota laut.

Biaya masuk ke Pulau Cinta

Untuk mencapai pulau ini, Pulau Cinta tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun pengunjung harus menyiapkan budget tiket kapal ke pulau tersebut yaitu Rp 100.000 (update April 2023).

Jam buka Pulau Cinta

Pada dasarnya, pulau ini buka 24 jam sehari. Waktu berkunjung juga bisa disesuaikan dengan paket wisata yang dipesan. Berkat layanan 24 jam, pengunjung bisa datang dengan fleksibel.

Peta lokasi Pulau Cinta

Akomodasi di dekat Pulau Cinta

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pulau Cinta, Anda bisa menginap di resort yang ada di sekitar pulau. Pada dasarnya setiap resort memiliki fasilitas dan kapasitas yang berbeda-beda. Namun secara umum, setiap resor memiliki sistem panel surya yang ramah lingkungan.

Selain itu, Pulo Cinta Cottage menjadi tempat menginap lainnya. Desainnya berbentuk hati dengan jembatan kayu yang menghubungkan pondok-pondok. Desainnya unik meski menggunakan konsep tradisional. Atapnya terbuat dari rumbia, namun secara keseluruhan tetap terlihat modern.

Itinerary ke pulau cinta

Pulau romantis ini terletak di Teluk Tomni di Provinsi Gorontalo. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa naik pesawat menuju Bandara Jalaludin. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan perahu menuju Pantai Bolihutuo. Durasi perjalanannya tidak terlalu lama yaitu sekitar 15 menit.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Cinta

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau CintaPulau Cinta Sumber : instagram.com/isal_gorontalo

1. Berburu foto

Sayang sekali jika Anda tidak ikut hunting foto selama berlibur di tempat ini. Beberapa gubuk terapung menjadi latar belakang yang sempurna untuk selfie. Letak pondok juga tidak terlalu jauh karena dihubungkan dengan jembatan kayu yang kuat.

2. Trekking menyusuri pulau

Menjelajahi pulau cinta akan menjadi pengalaman yang menarik. Misalnya dengan jalan-jalan sederhana di pantai. Angin sepoi-sepoi yang sejuk akan membuat pengunjung merasa nyaman.

3. Melihat bintang

Di awal malam, melihat bintang adalah kegiatan yang menarik. Banyak yang suka melihat ke langit malam untuk melihat bintang-bintang. Tak heran jika Pulau Cinta kerap dikunjungi bahkan pada malam hari karena tempat-tempat menarik tersebut.

Karena banyaknya daya tarik Pulau Cinta, kunjungan ke tempat ini menjadi suatu keharusan ketika berada di Gorontalo. Tempat romantis dan unik ini juga bisa menjadi pilihan untuk bulan madu bersama pasangan.

Gambar dan foto Pulau Cinta di Gorontalo

Pemandangan Pulau CintaPasir putih di pantaiFasilitas akomodasi terapungair laut yang jernihNaik kapal ke pulau cintaTempat foto terbaikMatahari terbenam di Pulau Cinta

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button