Tempat Wisata

Pulau Dodola Morotai – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Biaya tur: Dari Rp 100.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kolorai, Kec. Morotai Selatan, Kab. Pulau Morotai, Maluku Utara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi selama berada di Maluku Utara adalah Pulau Dodola di Morotai. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni dan memiliki pasir yang begitu indah dan putih. Selain itu tempat ini juga menawarkan panorama bawah laut yang begitu indah dan asri.

Keindahan ini memberinya julukan “Surga Maluku Utara”. Bagi Anda yang menyukai wisata air, tempat ini sangat direkomendasikan. Keindahannya membuat tidak jarang wisatawan mancanegara maupun lokal berkunjung ke tempat ini.

Beberapa fotografer bahkan sengaja datang ke tempat ini hanya untuk mengabadikan momen. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dibahas lebih detail mengenai atraksi, fasilitas, aktivitas menarik yang bisa dilakukan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Pulau Dodola.

Daya Tarik Pulau Dodola

Atraksi di Pulau DodolaKredit foto: Google Maps Septiana Sulistiawati

1. Pasir putih cemerlang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pulau Dodola merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni di wilayah Maluku Utara. Meski luas pulau ini tidak terlalu luas, namun daya tarik pulau ini mampu menarik banyak pengunjung.

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi mereka yang sangat menyukai wisata bahari dan ekosistem pantai yang dapat merelaksasikan pikiran. Pulau itu sendiri terdiri dari dua bagian yang terpisah. Bagian ini meliputi pulau Dodola Kecil dan Dodola Besar.

Dilihat dari atas, pasir putihnya tampak seperti jembatan yang seolah membelah lautan. Di sini wisatawan bisa bebas bermain pasir dan menikmati pasir putih yang halus.

2. Keindahan tropis bawah laut

Anda tidak hanya bisa mendapatkan pemandangan dari atas keindahan ini, namun panorama ini juga bisa Anda dapatkan dengan menyelam ke bagian bawah lautnya. Banyak lokasi penyelaman yang bisa ditemukan di lokasi ini. Setidaknya ada 13 lokasi penyelaman yang dijadikan lokasi penyelaman.

Selain itu kamu juga bisa melihat fauna laut dan ikan hiu di tempat ini yang sangat lucu dan menggemaskan. Namun tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat pemandangan pesawat dan bangkai kapal nantinya. Pesawat dan kapal adalah peninggalan masa perang.

Kondisi alam di sekitar Pulau Dodola memang sangat alami. Jika waktu ini dapat membuat Anda lebih nyaman untuk tinggal di pulau. Dengan segala keindahan yang ditawarkannya, sayang sekali jika Anda tidak mengunjunginya.

3. Ombaknya begitu tenang

Ombak laut di pulau ini juga menjadi daya tarik lain bagi wisatawan. Ombak di tempat ini cukup tenang sehingga anda yang suka beraktifitas seperti bermain air, mandi atau berenang akan sangat aman melakukannya di tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata pulau DodolaKredit foto: Google Maps Abhy Abhy

Pulau Dodola berada di Kabupaten Pulau Morotai yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Maluku Utara. Untuk bisa mencapai tempat wisata tersebut, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus ke Ternate lalu terbang langsung ke Pulau Morotai.

Selain menggunakan pesawat, Anda juga bisa menggunakan kapal laut yang memiliki waktu tempuh 10 hingga 12 jam. Jika nanti tiba di Pulau Morotai, Anda juga bisa naik speedboat menuju objek wisata atau naik perahu nelayan.

Dibutuhkan sekitar 20 menit jika Anda berangkat dari Daruba. Meski untuk mencapai tempat ini membutuhkan perjalanan yang relatif panjang, rasa lelah Anda akan terbayar di tempat ini. Anda bisa menikmati pemandangan yang begitu indah. Perjuangan untuk sampai ke tempat ini tidak akan pernah sia-sia.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya wisata Pulau DodolaKredit foto: Google Maps Septiana Sulistiawati

Besaran budget yang perlu Anda siapkan untuk mengunjungi Pulau Dodola sangat tergantung dari jenis transportasi apa yang rencananya akan Anda gunakan nantinya. Anda bisa memilih antara perahu nelayan atau speedboat.

Jika Anda lebih suka menggunakan speedboat di sini, Anda perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu, biayanya berkisar Rp 100.000 per orang. Namun, Anda harus sabar menunggu kursi speedboat terisi penumpang. Itulah salah satu kerugian menggunakan speedboat.

Karena kamu harus bersiap untuk menunggu agak lama sebelum akhirnya bisa mengunjungi tempat wisata. Jika Anda mengunjungi tempat itu selama liburan, mungkin tidak masalah. Berbeda dengan hari biasa, jadi cukup sulit untuk naik speedboat.

Biaya sewa menggunakan speedboat seharian masih sangat mahal. Jika ingin sedikit berhemat di sini, Anda bisa menggunakan angkutan nelayan. Biaya sewa yang harus Anda bayarkan untuk menjelajahi pulau dalam sehari penuh adalah Rp 500.000.

Sepintas, biaya tersebut tampak lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan speedboat. Namun jika anda datang dengan rombongan maka anda lebih berhemat dengan menggunakan perahu nelayan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Dodola

Kegiatan wisata di Pulau DodolaKredit foto: Google Maps Abhy Abhy

1. Menyelam dan snorkeling

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pulau Dodola. Salah satunya adalah menyelam dan snorkeling. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemandangan bawah laut pulau ini memang luar biasa.

Anda bisa menemukan terumbu karang yang dikelilingi oleh ikan-ikan beraneka warna. Selain menarik Anda juga bisa menemukan bangkai pesawat dan kapal laut. Pada zaman dahulu, Morotai sendiri merupakan salah satu zona perang Sekutu melawan tentara Jepang pada Perang Dunia II.

Maka jangan heran jika menemukan pesawat dan bangkai kapal saat menyelam di perairan ini. Bagi Anda yang sangat suka melakukan aktivitas ini, jika Anda berada di tempat wisata, jangan lewatkan.

2. Mandi dan berenang

Kegiatan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah mandi dan berenang. Kegiatan ini sangat memungkinkan. Karena tempat ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Pulau Dodola tidak berpenghuni, jadi disarankan untuk membawa bekal secukupnya.

3. Menikmati panorama alam

Suguhan alam yang begitu memanjakan mata tentunya harus Anda nikmati. Untuk pemandangan yang lebih luar biasa, Anda harus mengunjungi tempat ini saat air surut. Karena dengan begitu jalan berpasir yang menghubungkan pulau Dodola Kecil ke Dodola Besar akan terlihat dan terlihat jelas.

Selain digunakan untuk melintas, jalur berpasir ini memiliki tampilan yang begitu indah sehingga sangat cocok untuk diabadikan. Tak sedikit pula wisatawan yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto prewedding yang tentunya bertemakan keindahan alam.

Berjalan di atas jembatan pasir tentu bisa membuat kesan unik dan khas pada gambar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menginap di tempat wisata ini agar tidak menyia-nyiakan kesempatan menjelajahi kawasan laut saat kembali. Anda benar-benar dapat menikmati keindahan Surga Maluku Utara.

Pemandangan laut yang bersih dan biru kehijauan berpadu dengan pasir putih cemerlang merupakan kombinasi yang begitu sempurna. Belum lagi pemandangan terumbu karang yang muncul ke permukaan saat air surut.

4. Berburu foto

Untuk aktivitas yang terakhir ini tentunya sangat cocok untuk anda selama berada di pulau tersebut. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan kamera agar bisa melakukan hunting foto sepuasnya. Estetika foto-foto yang tersedia tentunya sangat layak untuk dipamerkan di laman Instagram.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Sarana Wisata Pulau DodolaKredit foto: Google Maps Imron Hart

Pulau Dodola merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Oleh karena itu, fasilitas di pulau ini tidak seperti destinasi laut lainnya.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa menginap di penginapan yang tersedia di sana. Akomodasi yang ada cukup mendasar tetapi dapat mendukung semua aktivitas.

Selain itu, bagi Anda yang ingin bermalam, Anda bisa mendirikan tenda. Namun tentunya tenda harus disiapkan terlebih dahulu. Pasalnya, persewaan tenda di tempat ini masih belum ditawarkan oleh Badan Atraksi Wisata.

Disini kamu nantinya bisa melihat keindahan sunset dan juga menikmati malam yang tenang dan damai. Anda bisa menikmati berbagai macam pengalaman yang begitu berharga dengan bermalam di pulau ini. Berhati-hatilah untuk tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga keindahan pulau.

Itu tadi ulasan lengkap Pulau Dodola dari segi atraksi, fasilitas, alamat dan hal lainnya yang perlu Anda ketahui. Bagi yang mencari tempat liburan tenang yang menawarkan keindahan alam sempurna, pulau ini adalah jawabannya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button