Tempat Wisata

Pulau Durai: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Durai: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Durai merupakan salah satu dari sekian banyak Kepulauan Riau yang memiliki banyak tempat untuk dijelajahi wisatawan. Terletak di distrik Palmatak. Dikelilingi air laut yang jernih dan pasir putih, pulau ini menjadi tempat perlindungan penyu.

Seperti pulau-pulau di Riau, Pulau Durai Air lautnya juga jernih dan garis pantainya berpasir putih. Sebagai daya tarik utama sebuah pantai, tidak ada bedanya dengan pantai-pantai lain yang ada di Kepulauan Riau.

Dengan air laut yang jernih, wisatawan bisa melihat langsung biota laut dengan mata telanjang. Belum lagi terumbu karang yang masih menjadi habitat alami biota laut seperti ikan karang membuat para pecinta bawah laut ingin melihatnya secara langsung.

Di beberapa tempat terdapat hutan bakau yang tumbuh subur di sepanjang pantai. Dengan vegetasi pantai seperti pohon kelapa, pohon hutan dan alang-alang semakin menambah nuansa eksotis pulau ini dan memberikan kesan yang sangat nyaman bagi wisatawan.

apa istimewanya itu? Pulau Durai adalah tempat penyu singgah. Pada sore hari, penyu betina akan bertelur dan membangun sarang di tepi pantai. Belum lagi adanya penyu perlindungan yang melindungi telur penyu hingga menetas.

Fasilitas di Pulau Durai

Fasilitas di Pulau Durai merupakan tempat penangkaran penyu dibawah naungan PT. Minyak primer yang secara langsung melindungi habitat dan telur penyu. Selain itu, di pulau ini juga belum terdapat pendopo atau restoran untuk wisatawan

Sejarah Pulau Durai

Terletak di Kecamatan Palmatak Kepulauan Riau, Pulau Durai merupakan habitat penyu yang bertelur dan membangun sarang. Penyu sisik dan penyu belimbing akan naik ke permukaan laut menuju Pulau Durai. Selain itu pulau ini juga disebut Pulau Penyu.

Hanya ada dua keluarga yang tinggal di pulau ini dan mereka langsung menjaga penangkaran penyu. Perlindungan penyu ini berada di bawah naungan PT. Prima Oil sudah ada sejak tahun 2009.

Berburu foto di Pulau Durai

Alam bawah laut menjadi tempat fotografi terbaik bagi wisatawan yang ingin mengabadikan liburannya dan bagi yang sangat menyukai pemandangan bawah laut Pulau Durai. Terumbu karang dengan ikan-ikan yang hidup di dalamnya menjadi latar belakang yang indah dengan birunya air laut.

Wisatawan yang ingin melihat penyu betina bertelur dan membangun sarang di tepi pantai bisa mengabadikannya di sore hari. Dan begitu telurnya menetas, wisatawan bisa mengambil foto saat bayi penyu keluar dari sarangnya dan menuju ke laut.

Baca Juga: Nikmati Indahnya Pulau Damar dari Atas Tebing

Akses jalan menuju Pulau Durai

Pergi Pulau Durai Wisatawan bisa menuju Bandara Matak dengan pesawat selama dua jam penerbangan dari Batam. Anda kemudian dapat menempuh perjalanan darat sejauh 2 km menuju pelabuhan dan naik speedboat selama 1,5 jam dari pelabuhan.

Harga tiket ke Pulau Durai

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Saat anda menghabiskan liburan di tempat wisata Pantai Kusik, anda hanya tinggal mengendarai speedbot saja. Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pulau Durai

Tips berlibur di Pulau Durai

Hal pertama yang harus dikonfirmasi adalah bulan. Bulan dengan ombak yang tidak terlalu tinggi akan sangat penting bagi wisatawan untuk bisa berlayar ke sana Pulau Durai. Jika wisatawan datang pada saat pergantian musim maka wisatawan akan kesulitan mencapai tujuannya karena ombak yang sangat tinggi.

Berikutnya adalah anggaran yang harus dikeluarkan wisatawan selama berlibur. Terutama biaya naik pesawat dan speedboat. Kedua hal ini akan memakan uang banyak wisatawan.

Hal lainnya adalah pakaian yang akan dikenakan wisatawan dan apa yang dikenakan wisatawan. Gunakan pakaian yang menyerap keringat karena wisatawan banyak melakukan aktivitas di bawah sinar matahari. Gantilah pakaian jika diperlukan untuk mengganti pakaian basah wisatawan setelah bermain air.

Penggunaan sandal jepit membuat wisatawan semakin merasa nyaman saat berjalan-jalan di Pulau Durai. Tabir surya bagi wisatawan yang beraktivitas di pantai dan berjemur untuk menghindari kulit terbakar akibat sinar matahari. Jangan lupa memakai topi dan kacamata untuk melindungi diri dari terik sinar matahari.

Galeri foto Pulau Durai

Potret Pulau Durai
Potret penyu di Pulau Durai
Pesona air laut di Pulau Durai
Berlayar di perairan Pulau Durai
Berburu foto di bebatuan
Matahari terbenam di Pulau Durai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button