Tempat Wisata

Pulau Kaget Barito Kuala – Atraksi, Kegiatan Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Pulau Kaget, destinasi jelajah rumah dan kehidupan bekantan di Barito Kuala, memberikan kejutan dengan keanekaragaman flora dan fauna yang memikat hati pengunjung.

Biaya tur: Mulai dari Rp 25.000 Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Tabunganen Muara, Kec. Tabunganen, Cab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pulau Kaget dikenal sebagai kawasan lindung fauna dan flora serta menjadi tujuan liburan. Wisatawan yang datang tertarik melihat langsung berbagai habitat yang dilindungi di sana.

Apalagi tempatnya masih jauh dari suasana perkotaan karena letak pulau yang cukup terpencil. Para tamu harus menyewa perahu untuk menyeberangi kawasan sungai menuju pulau.

Destinasi wisata cantik yang satu ini masih sedikit diketahui banyak orang. Namun wisata ini berbeda dengan tempat lain karena keindahan pulaunya.

Anda yang datang bisa mengajak orang sekitar untuk berfoto atau sekedar menikmati pesona alam. Bahkan ada pula yang naik perahu menyusuri sungai untuk menikmati bersihnya air.

Wisatawan masih dijaga ketat oleh pemerintah, sehingga kawasan ini terlihat indah. Namun bangunan di sana belum banyak karena masih terdapat pepohonan sebagai habitat hewan.

Wisatawan sering bersantai sambil melihat-lihat semua tempat yang indah. Oleh karena itu, jangan ragu untuk datang ke Pulau Kaget untuk destinasi liburan yang nyaman.

Atraksi yang ditawarkan Pulau Kaget

Daya Tarik Pulau KagetKredit foto: Instagram Razma

Tumbuhan dan Hewan

Beberapa satwa dan tumbuhan hidup di Pulau Kaget dan mendapat perlindungan khusus dari pemerintah. Mulai dari Bekantan, Elang Bondola, Lutung dan masih banyak lagi habitat yang bisa Anda temukan.

Faktanya, berbagai binatang seringkali menjadi latar belakang foto yang estetis. Hewan ini tidak berbahaya jika hanya dilihat oleh tamu.

Sementara di daerah lain terdapat tanaman jeruju, bakau, bakung, dan rambau yang masih jarang ditemukan. Tumbuhan yang berbeda-beda membuat suasana pulau menjadi lebih sejuk dan indah.

Selain itu, floranya dirawat secara khusus agar tidak punah. Hal ini membuat pulau ini menarik dan menjamin pengalaman liburan yang menyenangkan.

Mengalir

Wisata yang berada tak jauh dari Sungai Barito membuat semua orang ingin menjelajahinya. Air sungai yang mengalir masih cukup bersih dan bebas dari berbagai limbah. Kawasan tepian sungai juga dipenuhi tanaman liar hijau yang sangat subur. Suasana inilah yang membuat wisatawan tertarik untuk menyewa perahu mengelilingi sungai.

Jika Anda tidak bisa berenang dengan baik, sebaiknya kenakan jaket pelampung saat menuruni sungai. Hal ini juga untuk menjaga keamanan selama Anda berkunjung. Rekam langkah kaki Anda di sungai sehingga Anda dapat memiliki kenangan tersendiri. Selain itu, pastikan Anda tidak mencemari sungai di dekat pulau.

Pesona alam

Beragam wisata alam yang tersebar di sudut Pulau Kaget memberikan daya tarik yang memikat mata. Pulau cantik ini masih alami dan belum pernah tercemar polusi.

Tanaman-tanaman yang tersebar di setiap negara menjadi pemandangan utama untuk dilihat dari dekat. Selain itu, Anda juga perlu mengabadikan momen-momen di sekitar Anda.

Ada juga banyak hewan langka di pulau ini. Wisatawan yang berkeliling menikmati segala pesona alam pasti akan merasa senang. Bagi Anda yang sering berpetualang, wajib rasanya menjelajahi tempat mana pun yang menawarkan panorama bervariasi.

Alamat dan rute menuju pulau

Kredit foto: Google Maps Asfi Pdt

Pulau Kaget terletak di dekat Sungai Barito, Tabunganen, Kalimantan Selatan. Pengunjung yang ingin melihat keunikan pulau ini harus menyeberangi Sungai Barito.

Jarak yang harus ditempuh dari sungai kurang lebih 15 menit. Anda bisa menyewa perahu resmi dan menyaksikan bekantan yang menemani Anda dalam perjalanan menuju pulau.

Jika tamu datang dari luar daerah bisa datang dari Tumpunganmuaradujung hingga Jalan Soekarno Hatta. Arahkan ke Jalan Pahlawan dengan kendaraan pribadi.

Angkutan umum di sana tidak banyak, yang ada hanya ojek. Kemudian langsung menuju Jalan Kartini, dimana wisatawan akan menjumpai Sungai Barito yang merupakan persimpangan jalan pariwisata.

Selama perjalanan Anda ke pulau indah ini Anda dapat melihat sungai dan pepohonan yang rimbun. Selain itu panoramanya masih alami karena destinasi tersebut masih dijadikan sebagai cagar alam.

Meski datang dari luar daerah, Anda tetap bisa melihat Google Maps atau signage. Selain itu, wisatawan bisa menyewa perahu tepat di tepi sungai.

Biaya tur pulau

Pulau Kaget tidak mahal karena Anda hanya perlu membayar sewa perahu selama perjalanan. Tarif yang dipatok petugas antara Rp50.000 hingga Rp150.000 bisa memudahkan pengunjung.

Anda dapat memesan perahu terlebih dahulu atau langsung datang. Pastikan Anda telah menyewa kapal feri yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setibanya di destinasi populer ini, pelancong akan menerima biaya masuk sebesar Rp 25.000. Petugas memberikan tiket masuk kepada wisatawan sebelum mereka menikmati keindahan pulau tersebut.

Harga tiket masuk ini berlaku untuk hari kerja hingga akhir pekan. Wisata melewati lahan yang luas tentu sebanding dengan penawaran tiket yang ada.

Pengunjung yang ingin melihat bekantan dan berbagai jenis tumbuhan tidak perlu khawatir karena tidak perlu mengeluarkan budget lagi.

Kalaupun santai sampai sore, tidak ada harga tambahan. Namun belum ada stand yang didirikan di Hit Island. Untuk berkunjung ke sana, perlengkapannya harus disiapkan terlebih dahulu.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Pulau KejutKredit foto: Facebook Untung Santoso

1. Lihat bekantan

Pulau Kaget dikenal sebagai habitat yang dilindungi bagi bekantan. Jika ingin melihat hewan-hewan tersebut, tamu harus ke pulau tersebut.

Bekantan biasanya muncul di pagi hari dan bersembunyi di balik pepohonan pada tengah hari. Jadi Anda harus datang lebih awal untuk melihat bekantan yang menjadi ciri khas pulau ini.

2. Sewa perahu

Lokasi pulau yang sangat dekat dengan Barito membuat pengunjung ingin berlayar menyusuri sungai. Jika ingin mengelilingi kawasan sungai, Anda perlu menyewa perahu dari petugas.

Jernihnya air dan rimbunnya tanaman membuat wisatawan betah. Wisatawan bahkan bisa mengambil foto sungai saat naik perahu, sehingga liburan menjadi seru.

3. Penggerak

Pulau Kaget yang mempesona ini mempunyai luas daratan yang sangat luas dan masih penuh dengan keindahan alam. Tumbuhan segar dari berbagai jenis dan jenis hewan yang berbeda-beda masih tumbuh di setiap tempat.

Para tamu biasanya tertarik menjelajahi flora dan fauna. Namun, pastikan Anda membawa lebih banyak air minum jika berencana menjelajahi tempat-tempat di sekitar pulau.

4. Piknik

Karena tempat indah ini dikelilingi oleh tumbuhan dan hewan langka, tempat ini menjadi tempat piknik yang sangat baik. Warung makan masih jarang sehingga pengunjung lebih memilih membawa bekal sendiri.

Bahkan, setiap orang yang pergi piknik selalu membawa tikar untuk diduduki. Melakukan aktivitas ini di luar ruangan memang menjadi pilihan yang tepat.

5. Berburu Foto di Pulau Kaget

Menemukan backdrop fotografi tidaklah sulit di pulau cantik ini. Pesona alam mampu membuahkan hasil yang unik ketika berpose untuk foto.

Faktanya, terdapat tumbuhan hijau dan hewan langka di setiap tempat. Wisatawan bisa berburu dengan panorama ini sambil memotret keindahan tempat-tempat menarik sebagai koleksi gambar.

6. Lihat Tumbuhan

Pulau Kaget melindungi beberapa flora yang terancam punah. Wisatawan dapat menemukan bunga bakung, jeruju, rambai dan nipah di seluruh pulau.

Agar tetap lestari dan dapat dinikmati semua orang, maka tanaman ini tidak boleh dirusak. Bawalah kamera untuk memotret tanaman langka karena jarang ditemukan kecuali Anda mengikuti tur Kaget.

7. Santai

Di area tujuan tidak terlalu banyak tempat duduk yang cocok untuk bersantai. Apalagi udara segar masih ada di tempat terbuka tersebut.

Sembari menikmati waktu bersantai, Anda bisa merasakan kesejukan kawasan dan mengagumi pesona alam. Oleh karena itu, wajib bagi seluruh tamu untuk menikmati aktivitas bersantai di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau ShockKredit foto: Google Maps Yudie Pb

Pulau Kaget dikenal sebagai cagar alam yang tidak banyak menawarkan fasilitas pendukung. Bahkan di setiap sudutnya hampir tidak ada fasilitas apa pun karena dikelilingi pepohonan dan binatang.

Tamu yang ingin bersantai bisa mampir ke area tempat duduk. Namun pendopo beratap belum terdapat karena tempat duduknya masih cukup sederhana.

Toilet sebagai tempat mencuci masih jarang ditemukan karena jarang dikunjungi orang. Di kawasan Barito belum banyak persewaan perahu untuk menyeberangi sungai.

Bahkan perahu-perahunya masih tradisional dan minim fasilitas. Tempat parkir kendaraan tersedia di dekat Sungai Barito sehingga wisatawan bisa menitipkannya di sana.

Tidak ada warung dengan kuliner lezat di mana pun di pulau ini. Bahkan tidak ada tempat ibadah di sepanjang wisata karena bangunan yang tersisa hanya sedikit.

Spot berburu foto mudah ditemukan untuk mengabadikan keindahan tempat tersebut. Selain itu, para pencari petualangan perlu membawa semua perlengkapan dari rumah karena tidak ada tempat yang bisa disewa di sana.

Demikianlah informasi mengenai Pulau Kaget sebagai pilihan liburan akhir pekan. Wisatawan yang ingin melihat langsung flora dan fauna langka bisa berkunjung ke sana.

Tempat terpencil dan jauh dari pemukiman penduduk ini sering dikunjungi oleh anak-anak muda yang suka berpetualang. Namun, pastikan untuk mengundang beberapa kerabat dekat ke hari raya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button