Tempat Wisata

Pulau Kelagian, wisata bahari di Pesawaran diapit oleh dua pulau eksotik

Pulau Kelagian di Pesawaran merupakan destinasi wisata bahari mempesona yang terletak di antara dua pulau eksotis dan menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Biaya tur: Mulai dari Rp 30.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab.Pesawaran, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Pulau Kelagian merupakan kawasan wisata utama di Lampung. Terdapat dua pulau di kawasan wisata indah ini, yaitu Pulau Besar dan Pulau Kecil. Kedua pulau ini menawarkan keindahan dan pesona yang luar biasa.

Pasir putih yang sangat indah dengan air laut yang berwarna biru kehijauan membuat kawasan pulau ini terlihat sangat menarik. Bagi Anda pecinta snorkeling, tempat wisata unik ini menjadi destinasi wisata terbaik karena menjadi rumah bagi ikan-ikan dan biota bawah laut yang mempesona.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Kelagian

Daya Tarik Pulau KelagianFoto: Instagram/Lampung Go

1. Keindahan alam

Tentu saja yang menjadi daya tarik Pulau Kelagian Pesawaran masih pada keindahan alamnya yang masih segar dan alami.

Perasaan pemandangan yang sangat menyejukkan bisa anda rasakan dengan hamparan pasir putih halus dan air laut yang jernih.

Jika dilihat lebih dekat, terlihat kilauan air laut yang berwarna hijau toska dan terkadang berubah menjadi biru tua. Masih ada pulau lain yang bisa Anda kunjungi di kawasan pulau indah ini, yaitu Teluk Lampung.

2. Terdiri dari 2 bagian pulau

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kawasan wisata indah ini terdiri dari dua bagian pulau, yaitu Kelagian Kecil yang disebut Kelagian Lunik, dan Kelagian Besar.

Di kawasan Kelagian Besar umumnya digunakan untuk pelatihan militer marinir. Dengan begitu, pemerintah melarang wisatawan dan warga lokal menginap di Kelagian Besar.

Karena aktivitas yang berlangsung disana, kawasan wisata Pulau Kelagian disebut juga Pulau Laut. Namun kepulauan ini mempunyai keindahan yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Wisatawan yang datang akan terkesima dengan keindahan garis pantai pulau yang dikelilingi pemandangan indah.

Anda bahkan bisa melakukan aktivitas snorkeling dengan nyaman dan aman. Lautan di bawah permukaannya memiliki terumbu karang yang subur dan sangat menarik.

Kegiatan-kegiatan ini tentunya akan membuat wisata menjadi lebih berkesan dan menyenangkan. Saat snorkeling di kawasan ini, Anda bisa melihat biota laut yang indah seperti ular laut dan penyu.

3. Diapit Pulau Pahawang dan Maitem

Banyak sekali fasilitas yang tersedia di kawasan pulau wisata ini. Sebelum kita membahas fasilitas tersebut, perlu anda ketahui bahwa pulau ini juga diapit oleh dua pulau indah lainnya bernama Pulau Pahawang dan Pulau Maitem.

Setelah cukup menghabiskan waktu menjelajahi pulau, Anda bisa memilih untuk mengunjungi dan mengagumi keindahan di sekitar pulau ini. Saat memasuki bagian utara pulau cantik ini, Anda akan menemukan pasir putih yang sedikit lebih kasar dibandingkan bagian lainnya.

Di bagian selatan bahkan bisa ditemukan bebatuan besar. Gradasi warna air laut di kawasan pulau ini terlihat sangat indah dan mempesona.

Untuk menjamin keindahannya, kawasan Pulau Kelagian telah menjalani uji kesesuaian dengan rata-rata rating di atas 85%. Berdasarkan hasil tersebut, ditetapkan bahwa kawasan pulau ini layak untuk digolongkan sebagai pulau wisata dengan pantai yang menakjubkan.

Karena pantainya yang panjang, ombaknya yang tenang dan dangkal, sangat ideal untuk berbagai aktivitas seperti fotografi, berenang atau snorkeling.

Anda bisa mengajak keluarga, teman atau pasangan Anda untuk berlibur bersama. Anda bisa menaiki banana boat di kawasan pulau cantik ini. Masih banyak wahana lain yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau KelagianFoto: Twitter/Sekitar lampung

Tempat yang perlu anda tuju untuk menuju kawasan wisata Pulau Kelagian adalah Gebang, Padangmirar, Pesawaran, Lampung.

Jalur pertama yang harus ditempuh untuk mencapai kawasan wisata indah ini adalah melalui Pelabuhan Ketapang.

Jarak Pelabuhan Ketapang ke pusat kota Bandar Lampung sekitar 30 kilometer. Setelah sampai di pelabuhan, perjalanan dilanjutkan dengan penyewaan perahu untuk penyeberangan menuju pulau.

Harga penyeberangannya Rp 350.000 untuk 6 orang sekali perjalanan. Perjalanan perahu ke pulau yang menakjubkan ini memakan waktu sekitar 20 menit.

Biaya Tour ke Pulau Kelagian

Setelah sampai di kawasan pulau menakjubkan ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 30.000 per perahu. Biaya sewa perahu dengan tiket masuk dibayar terpisah.

Kemudian jika ingin melakukan aktivitas snorkeling, Anda perlu menyewa peralatan dari pemandu wisata. Jika Anda menyewa perahu dari dan ke pulau cantik ini, dikenakan biaya izin parkir perahu juga.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau KelagianFoto: Instagram/Diky Ariya Permana

Snorkeling

Mengingat keindahan yang ditawarkan pulau wisata ini, tentu saja snorkeling menjadi aktivitas pertama yang sayang untuk dilewatkan. Karena kondisi air di pantai pulau ini sangat tenang dan bersih, Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan lebih puas.

Dengan cara ini, tidak ada yang menghalangi Anda untuk menyaksikan ikan-ikan kecil berenang di antara terumbu karang. Pastikan untuk membawa kamera tahan air agar Anda bisa mengabadikan setiap momen memukau di kedalaman laut.

Biota laut yang dapat ditemukan di Pantai Pulau Kelagian antara lain ubur-ubur, bintang laut, dan lain sebagainya. Semuanya bisa dilihat dengan jelas dan realistis.

Nikmati berbagai wahana di Pulau Kelagian

Jika anda berkunjung ke kawasan wisata Pulau Kelagian, anda akan banyak menjumpai water sport seperti donut boat dan banana boat. Aktivitas seru ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang datang bersama keluarga atau rombongan.

Menjelajahi kawasan pesisir dengan kano juga bisa menjadi aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan. Menghabiskan liburan Anda di pulau cantik ini bisa dibilang satu paket dengan perjalanan ke Pulau Pahawang.

Berenang dan bersantai

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata mempesona ini antara lain berenang atau bersantai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan atau menyaksikan aktivitas pengunjung lainnya. Pulau Kelagian sangat cocok dijadikan tempat liburan keluarga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau KelagianFoto: Twitter/Kompas perjalanan

Karena kawasan Pulau Kelagian-Pesawaran cukup populer di kalangan wisatawan, maka dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Fasilitas yang tersedia antara lain namun tidak terbatas pada, tempat parkir perahu, gazebo untuk bersantai, tempat sampah, toilet dan juga persewaan peralatan snorkeling.

Selain itu, terdapat juga warung makan di sekitar kawasan wisata bagi yang merasa lapar. Ada banyak menu makanan dan minuman yang bisa dipilih.

Untuk membersihkan diri setelahnya, Anda akan menemukan ruang cuci di pesisir Pulau Kelagian. Air yang digunakan untuk membilas di kawasan wisata ini adalah air payau.

Melakukan berbagai aktivitas unik dan menarik di kawasan wisata pulau cantik ini pastinya akan berkesan dan menghibur.

Oleh karena itu, setiap momen kebahagiaan perlu Anda abadikan agar menjadi kenangan yang tak terlupakan. Ayo berkumpul ke pulau indah ini!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button