Tempat Wisata

Pulau Kelapa, sebuah pulau indah dengan biota laut yang menakjubkan di Kepulauan Seribu

Pulau Kelapa, sebuah pulau indah dengan biota laut yang menakjubkan di Kepulauan Seribu
Biaya tur: Mulai Rp 5.000 Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kabupaten Kepulauan Seribu Utara, Kab.Pemerintahan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Kelapa menjadi salah satu destinasi wisata laut pilihan saat berkunjung ke Kepulauan Seribu, Jakarta. Siapa tahu pulau-pulau ini, keindahan alam yang mempesona dengan banyaknya pulau yang masih asri dan jauh dari polusi membuat setiap orang yang melihatnya ingin kesana.

Termasuk kamu kan? Masih banyak pulau lain di Kepulauan Seribu yang tak kalah asyik untuk dikunjungi. Artikel ini akan membahas salah satu pulau yaitu Pulau Kelapa. Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata di Jakarta yang terkenal dengan hiruk pikuk perkotaannya.

Ternyata masih memiliki keindahan alam seperti pulau seribu, banyak pantai yang bisa anda temukan di tempat ini. Nah, saat musim liburan atau akhir pekan tiba, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Daya Tarik Pulau Kelapa

Objek wisata Pulau KelapaSumber Gambar: Google Maps Ilham Penta

Bisa dikatakan Pulau Kelapa tidak ada duanya, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk menikmati pesona alamnya yang indah. Sebuah tempat yang memiliki sensasi berbeda dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

1. Keajaiban kecantikan yang tiada tara

Salah satu daya tarik pulau ini adalah pesona keindahan alamnya yang tak tertandingi. Penduduk lokal di sekitar pulau ini juga sangat ramah terhadap pengunjung yang datang. Mereka menyambut baik turis lokal maupun mancanegara.

Pulau ini juga memiliki pasir yang masih bersih dan biru, sehingga setiap orang yang melihatnya pasti akan senang. Khusus bagi Anda warga Jakarta yang membutuhkan penyegaran, pulau yang satu ini cocok untuk dikunjungi karena mudah dijangkau dan biayanya juga relatif murah.

2. Memiliki budaya yang unik

Destinasi bahari ini sebenarnya sedikit berbeda dengan beberapa pulau lain di Kepulauan Seribu. Tempat wisata ini terletak di sebuah pulau yang secara geografis terletak di sebelah utara pulau Jawa dan bentuknya termasuk wilayah desa pulau Kelapa. Tentu saja letak pulau ini membuat perpaduan budaya yang ada di pulau tersebut.

Pulau yang diyakini berpenduduk lebih banyak dari pulau lain ini rata-rata dihuni oleh masyarakat Makassar atau Bugis. Secara budaya, kedua suku ini memang berbeda. Jadi ketika Anda mengunjungi pulau ini, Anda akan merasa seperti dibawa ke tempat yang jauh.

3. Diisi dengan biota laut

Seperti yang kita ketahui, banyak pulau di Kepulauan Seribu yang memang indah dan memiliki pesona alam yang berbeda-beda. Jika Anda bermanja-manja di pulau yang satu ini bersebelahan dengan pasir dan laut yang masih biru, Anda juga bisa melihat banyak biota laut di bawah air.

Hal ini menunjukkan Pulau Kelapa masih sangat asri dan airnya masih bersih sehingga biota laut di dalamnya masih terlihat. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat bebatuan indah, rumput laut berbunga, dan hutan bakau yang tumbuh di pantai.

3. Pulau Penangkaran Penyu

Daya tarik lain dari pulau yang satu ini dan sedikit berbeda dengan pulau lain di Kepulauan Seribu, pulau ini merupakan tempat penetasan atau hatchery penyu. Semua ini dikelola oleh pemerintah daerah yang mempekerjakan staf di seluruh pulau.

Jadi jika Anda berkunjung ke pulau ini dan kebetulan melepasliarkan penyu, Anda bisa mencobanya. Karena momen ini sangat langka, Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang hewan mirip kura-kura ini. Karena ada guide yang menjelaskan tentang penyu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute menuju lokasi Pulau KelapaSumber gambar: Google Maps sri r

Pulau Kelapa terletak di Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jadi jika anda berencana berlibur ke pulau ini tidak akan kesulitan dengan akomodasi karena tersedia banyak kendaraan untuk menuju wisata indah ini.

Sebenarnya untuk menuju pulau eksotik ini anda hanya perlu menyeberang dari Marina Ancol atau Pelabuhan Kaliadem. Kemudian Anda bisa menyewa mobil di tempat penginapan atau di tempat tinggal Anda, memilih tarif yang murah tapi tetap bagus.

Namun untuk lebih memudahkan anda bisa menggunakan jasa open travel karena saat ini banyak sekali yang menawarkan jasa liburan di pulau ini. Nanti tinggal bayar dan dapat paket seperti akomodasi, penyeberangan, kamar dan pondokan.

Namun untuk menuju pulau ini, Anda perlu mengetahui jadwal kedatangan kapal penyeberangan agar tidak ketinggalan. Biasanya untuk Pulau Kelapa kapal memiliki waktu untuk berangkat antara pukul 07:30 WIB dan 08:00 WIB dan setelah Anda puas dengan liburan Anda, Anda bisa pulang dengan perahu yang berangkat pukul 17:00 WIB.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Sedangkan untuk biaya atau tiket masuk ke pulau ini, Anda hanya perlu membayar biaya per orang yang sangat murah. Karena tidak ada harga khusus untuk setiap pulau, bagaimana dengan penduduk setempat.

Namun untuk menuju pulau ini harus menyeberang dengan perahu dan harga sewanya cukup mahal. Harga tiket masuknya hanya 5.000 rupiah, tapi untuk sewa perahu 200.000 rupiah (hari dalam seminggu) dan Rp 250.000 (akhir pekan).

Harga tiket masuk Pulau Kelapa sewaktu-waktu dapat berubah dan menyesuaikan dengan jenis kapal yang Anda tumpangi. Harga ini juga berlaku untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Aktivitas seru di Pulau Kelapa

Aktivitas seru di Pulau KelapaKredit foto: Google Maps Upang Tan

Pulau yang memiliki luas 13 hektar ini menawarkan panorama alam yang terlihat jelas hingga ke dasar laut. Air biru jernih dan pasir putih lembut membuat terumbu karang berwarna-warni menjadi pemandangan yang langka untuk dilihat.

1. Snorkeling dan Menyelam

Tentunya jika Anda sedang mencari referensi untuk berlibur, pulau eksotik ini menjadi pilihan yang tepat. Dengan tema wisata laut, resor ini menjadi pilihan yang tepat. Karena pulau ini mampu menyuguhkan wisata air seperti snorkeling dan diving.

Ada banyak tempat unik dan menarik untuk menikmati wahana air yang satu itu. Selain menguji adrenalin, Anda juga bisa berpesiar keliling Pulau Kelapa. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi pulau-pulau terdekat lainnya yaitu Pulau Putri, Lumba-Lumba dan lain-lain.

2. Tur keliling pulau

Bahasa lain untuk lompat pulau adalah lompat pulau, di sini Anda dapat mengelilingi pulau dan melihat hal-hal menarik untuk dilakukan di area tersebut. Anda juga bisa melihat-lihat perahu tradisional para nelayan di pulau tersebut.

Beberapa jalur island hopping yang bisa dikunjungi adalah Pulau Bulat, Pulau Bira Besar dan Pulau Perak. Tentunya mengunjungi pulau-pulau kecil tak berpenghuni seperti ini akan membuat liburan Anda jauh lebih menantang.

3. Nikmati masakan khas

Kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah wisata kuliner. Ada banyak masakan khas Jakarta yang bisa dicicipi. Seperti Puk Cue, Sambal Branyut, Kue Maco, Sengkulun dan Bom Atom. Makanan terkenal di Pulau Kelapa ini juga relatif murah.

Bagi Anda yang menyukai makanan laut, Anda juga bisa datang ke Stand Seafood Pak Harun yang terkenal. Jangan lupa untuk makan di sini jika Anda datang ke pulau ini.

Fasilitas yang tersedia

Tanaman Pulau KelapaSumber gambar: Google Maps Arif Prakoso

Sebagai pulau dengan jumlah penduduk yang besar, pulau ini tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Oleh karena itu, pulau ini juga cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Terdapat beberapa fasilitas penunjang wisata di Pulau Kelapa seperti ATM, kios souvenir, sarana ibadah berupa mushola, area selfie, warung makan, area Wi-Fi dan persewaan peralatan diving.

Inilah kisah menarik Pulau Kelapa yang mempesona di Gugusan Kepulauan Seribu. Berkunjung bersama rombongan anggota keluarga atau teman tentunya memberikan keseruan tersendiri. Liburan yang menyenangkan!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button