Tempat Wisata

Pulau Kelong: Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Kelong: Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Jika kita berbicara mengenai tempat wisata di Kepri, memang tidak ada habisnya. Kepulauan Riau dengan surga wisatanya. Banyaknya tempat wisata Kepulauan Rian yang bisa dijadikan destinasi wisata mengungkap banyak keindahan yang tersembunyi di dalamnya.

Keindahan Pulau Kelong yang mempesona

Tak kalah dengan tempat wisata di Kepri lainnya, Pulau Kelong mempunyai ciri khas tersendiri sebagai daya tarik. Sebagai daratan utama Pulau Bintan, pulau ini memiliki tanah berwarna merah dan berbeda dengan pulau-pulau di Kepulauan Riau yang mengutamakan pantai berpasir putih sebagai daya tariknya.

Dari Tanjung Pinang, pulau seberang disebut juga Pulau Pengegat karena harus memutari Pulau Kelong jika ingin menuju pulau lain. Selain itu, pulau ini juga menampilkan adat istiadat masyarakat yang tinggal di sana. Selain itu, pulau ini juga dihuni oleh anjing-anjing dari berbagai ras, seperti Tasmania, tempat tinggal setan Tasmania.

Selain itu, pulau ini juga memiliki hutan bakau alami yang tumbuh di pesisir pantai sehingga wisatawan dapat mengunjunginya dan menjadikannya sebagai tempat pemancingan serta menghabiskan waktu memancing di sana. Pesona matahari terbenam juga menjadi keindahan yang bisa dinikmati wisatawan.

Fasilitas di Pulau Kelong

Pulau Kelong memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dengan sarana dan prasarana yang cukup berkembang. Setiap pagi pukul 06.00 hingga 09.00 listrik akan terus menyala hingga terjadi pemadaman listrik berulang kali, karena pihak PLN belum dapat menentukan secara mandiri.

Di pulau ini juga terdapat puskesmas yang warganya dapat rutin memeriksakan kesehatannya. Pasar untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan sekolah bagi anak-anak di sana, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tidak ada Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk anak-anak di sana.

Sejarah Pulau Kelong

Pulau Kelong Terletak di Kabupaten Bintan, merupakan salah satu dari sekian banyak pulau di Kepulauan Riau. Di Kabupaten Bintan sendiri ada dua nama Pulau Kelong. Satu pulau disebut Pulau Kelong dan pulau lainnya disebut Pulau Kelong.

Baca juga: Nikmati Petualangan di Gunung Sepincan, Gunung Tertinggi di Kepulauan Riau

Berburu Foto di Pulau Kelong

Jangan lupa untuk mencatat semua aktivitas Anda saat bepergian atau berlibur. Jadikan sebagai pengingat bahwa wisatawan pernah mengunjungi tempat ini. Karena Pulau Kelong Berbeda dengan pulau lainnya, dataran dengan tanah merahnya ini mampu menjadi objek abadi bagi wisatawan.

Menikmati matahari terbenam dari dataran merah bisa menjadi pilihan lain selain mengabadikan dataran tersebut dengan pepohonan rindangnya. Begitu pula dengan hutan bakau, wisatawan bisa mengabadikan momen memancing di kawasan bakau.

Akses jalan menuju Pulau Kelong

Pergi Pulau Kelong Wisatawan bisa memulainya dari Tanjung Pinang. Menyeberangi Tanjung Pinang dengan perahu motor atau pompong selama 1,5 jam dan jarak 10 km.

Biaya Masuk Pulau Kelong

Tiket juga tidak dijual kepada pengunjung Pulau Kelong. Dengan kata lain, tidak ada harga khusus untuk masuk ke pulau tersebut. Tidak ada waktu wajib kapan wisatawan boleh berkunjung ke pulau tersebut dan kapan wisatawan harus meninggalkan pulau tersebut.

Jam Buka Pulau Kelong

Tidak ada waktu berkunjung khusus bagi wisatawan Pulau Kelong. Wisatawan bisa mengunjunginya kapan saja tergantung ada tidaknya perahu bermotor. Sebab alat transportasi utama menuju kesana adalah perahu motor.

Tips berlibur di Pulau Kelong

Mempersiapkan anggaran untuk perjalanan perahu motor merupakan suatu hal yang penting bagi wisatawan sebelum berangkat berlibur ke tempat yang jauh. Memang bukan harga yang murah jika wisatawan harus mengeluarkan biaya untuk bepergian menggunakan perahu motor.

Jika Anda berlibur dan mengunjungi pulau yang mengharuskan wisatawan menyeberangi laut, pastikan ombak laut dalam sebulan tidak tinggi. Jika menyeberang saat ombak sedang tinggi, risikonya sangat besar bagi wisatawan. Oleh karena itu, pastikan wisatawan datang pada musim panas.

Bawalah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Pakaian yang pantas dan sopan. Ketika wisatawan mengunjungi suatu tempat baru, perilaku sopan sangatlah penting. Mengenakan pakaian yang menyerap keringat sangat penting karena wisatawan akan melakukan banyak aktivitas.

Gunakan topi untuk melindungi diri dari terik sinar matahari. Begitu pula dengan kacamata. Gunakan kacamata untuk melindungi mata Anda dari sinar matahari. Membawa kamera untuk mengabadikan segala sesuatu yang dilakukan merupakan hal yang tidak akan pernah dilupakan wisatawan.

Galeri Foto Pulau Kelong

Potret Pulau Kelong
Potret Pantai Pulau Kelong dari udara
Snorkeling di perairan Pulau Kelong
Jernihnya perairan Pulau Kelong
Matahari terbenam di Pulau Kelong

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button