Tempat Wisata

Pulau Lusi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Masih ingat dengan bencana lumpur Lapindo di Sidoarjo yang terjadi sejak tahun 2006 lalu? Saat ini, endapan lumpur telah berubah menjadi daratan luas yang sekarang dikenal sebagai Pulau Lusi.

Pulau Lusi saat ini menjadi kawasan wisata dan destinasi utama di Sidoarjo. Ada hutan di pulau ini bakau Suasananya masih asri dan ada berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Lokasi pulau Lusi

Pulau LucyPulau Lusi Sumber: instagram.com/deavykhoirul/

Pulau terbaru di Indonesia ini terletak di tengah Sungai Porong yang menjadi perbatasan antara Pasuruan dan Sidoarjo. Pulau Lusi terletak 25 kilometer dari daratan Tlocor di Desa Kedungpandan Jabon.

Akses ke Pulau Lusi

Pulau Lusi saat ini menjadi prioritas pembangunan bagi pemerintah daerah. Jadi jangan heran jika mengaksesnya cukup mudah. Akses jalan dari Pusat Kabupaten Sidoarjo menuju Pulau Lusi beraspal mulus, sehingga memudahkan navigasi.

Ketika pengunjung mengunjungi Pulau Lusi, mereka terlebih dahulu menuju Taman Wisata Trocor, dimana pengunjung perlu membeli tiket masuk dan menyewa kendaraan untuk menuju Pulau Lusi.

Kendaraan yang akan dilalui antara lain bus air dan speedboat. Pengunjung bisa memilih salah satunya. Jika Anda mengunjungi Pulau Lusi secara rombongan, menggunakan speedboat akan lebih berkesan.

Tiket masuk pulau Lusi

Harga tiket masuk pulau Lusi dibayarkan saat anda berada di Taman Wisata Trocor. Untuk harga tiketnya Rp 3.000 per orang. Namun, Anda harus mengharapkan biaya tambahan karena pengunjung harus melintasi Taman Wisata Trocor menuju Pulau Lusi.

Pengunjung bisa naik penyeberangan bus air dengan tarif Rp 15.000 per orang. Selain itu ada kemungkinan naik speedboat dengan harga Rp 150.000 untuk 5 orang.

Waktu operasi pulau Lusi

Pulau Lusi buka mulai pukul 06.00 hingga 17.00 waktu setempat. Disarankan untuk tidak mengunjungi pulau ini saat matahari sedang terik, karena suasananya bisa gosong.

Fasilitas di Pulau Lusi

Sebagai obyek wisata, berbagai fasilitas sudah tentu disediakan di Pulau Lusi. Misalnya fasilitas umum seperti toilet, mushola, rumah makan dengan berbagai menu khas Sidoarjo dan pilihan menu lainnya.

Fasilitas untuk kegiatan wisata juga tersedia, ada fasilitas kabin untuk bersantai, pemancingan dan fasilitas yang bisa dijadikan spot foto seperti jembatan yang menghadap ke hutan bakau dll.

Akomodasi di dekat pulau Lusi

Selain banyaknya wisatawan lokal, banyak juga wisatawan dari luar kota yang berkunjung ke kawasan pulau Lusi. Oleh karena itu, banyak yang akhirnya memutuskan untuk bermalam di sekitar Pulau Lusi.

Salah satu penginapan di dekat Pulau Lusi adalah Chiaro Hotel and Cafe yang terletak di Jalan Trunojoyo 17, Sidoklumpuk, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Untuk menginap di hotel harganya Rp 200.000 per malam, dengan berbagai fasilitas seperti akses WiFi, sarapan pagi, kamar ber-AC, pelayanan yang ramah dan fasilitas lainnya.

Peta pulau Lusi

Fakta menarik tentang Pulau Lusi

Foto dari Pulau LusiPulau Lusi Sumber : instagram.com/sidoarjo.punyacerita/

1. Suasana sungai yang sejuk dan bersih

Sebelum pengunjung mencapai Pulau Lusi, mereka harus menyeberangi sungai dari Taman Wisata Trocor menuju Pulau Lusi. Selama penyeberangan, pengunjung melewati sungai yang airnya sangat sejuk dan bersih.

Aliran yang bersih karena kawasan ini sangat terjaga dan menjadi wisata prioritas di Sidoarjo. Ini mengarah pada fakta bahwa perhatian besar diberikan ke semua sisi tempat wisata.

2. Ada hutan bakau

Awalnya, kawasan di Pulau Lusi sangat kering dan tidak ada tumbuhan sama sekali. Selanjutnya, penanaman sedimen dasar dari hasil sedimentasi dimulai bakau.

Seiring waktu ternyata bakau Pulau ini berkembang pesat dan seperti yang terlihat saat ini, dataran Pulau Lusi ditumbuhi ribuan pohon bakau. Hadiah bakau Inilah daya tarik utama pulau ini.

3. Menjadi destinasi wisata populer di tahun 2019

Seiring dengan masyarakat yang semakin mengenal pulau Lusi, keberadaannya pun semakin diperhitungkan. Meskipun awalnya hanya kawasan gersang, namun kini telah berkembang menjadi kawasan wisata yang sangat menarik.

Keberadaan Pulau Lusi dapat dibuktikan karena pada tahun 2019 kawasan wisata ini dinobatkan sebagai destinasi wisata terpopuler kedua di Indonesia.

Penghargaan ini bukan tanpa alasan. Hal ini tentunya karena administrasi Pulau Lusi berjalan dengan baik dan banyak wisatawan yang datang ke sana.

4. Aslinya bernama Pulau Sarinah

Sebelum dikelola oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, kawasan wisata ini dikelola oleh pemerintah kota setempat. Penduduk setempat biasa menyebut Pulau Lusi Pulau Sarinah.

Namun sejak tahun 2017, pulau ini diresmikan dengan nama Pulau Lusi langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan saat itu yaitu Ibu Susi Pudjiastuti. Lusi adalah singkatan dari Lumpur Sidoarjo

Tips Berkunjung ke Pulau Lusi

Keindahan foto Pulau LusiPulau Lusi Sumber: instagram.com/stvmrph/

Sebelum mengunjungi tempat wisata, pengunjung perlu mempersiapkan beberapa hal agar kunjungan berjalan lancar. Berikut beberapa tips sebelum mengunjungi Pulau Lusi.

1. Bawa belanjaan secukupnya

Membawa perbekalan tidak hanya lebih hemat, tetapi dibutuhkan dalam perjalanan menyeberangi sungai. Karena itu, tidak jarang pengunjung merasa lapar. Bekal makanan juga bisa dikonsumsi sesampainya di lokasi Pulau Lusi.

2. Pergi bersama keluarga, pasangan atau teman

Memang, mengunjungi tempat wisata paling baik bila dilakukan bersama-sama. Pulau Lusi sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, pasangan atau teman karena terdapat banyak tempat untuk bersosialisasi.

3. Bawa kamera

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa berfoto. Banyak noda foto-foto menarik yang disediakan di pulau ini. Suasana alam hutan bakau Hal ini juga sangat cocok untuk diabadikan sebagai foto.

Demikian artikel tentang Sungai Lusi yang bisa menjadi referensi sebelum berwisata ke tempat ini. Anda tertarik untuk berkunjung?

Gambar dan foto Pulau Lusi

Dermaga di pulau LusiSelamat datang di pulau LusiTransportasi ke Pulau LusiPemandangan pulau Lusi dari atasSungai di Pulau Lusi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button