Tempat Wisata

Pulau Noko Gili: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Noko Gili: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berbicara mengenai tempat wisata memang tidak ada habisnya, apalagi tempat wisata yang ada di negara kita Indonesia. Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata yang kini semakin populer. Karena sudah terkenal dan dianggap sebagai destinasi wisata yang bagus, tak heran jika beberapa rekomendasi objek wisata dikeluarkan untuk para pelancong.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda rekomendasi tempat wisata yang patut anda kunjungi jika anda sedang bosan dengan keseharian. Jika beberapa waktu lalu saya sempat mengulas sekilas beberapa tempat wisata edukatif, kini giliran saya yang memberikan rekomendasi tempat wisata yang sesampainya di sana membuat kita serasa tak ingin pulang lagi. Coba tebak dimana tempat ini? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut, kawan.

Tempat yang mau aku review kali ini adalah tempat wisata bernama Pulau Noko Gili nih guys. Dimana di tempat ini anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat memanjakan mata para pelancong.

Baca juga: Makam Siti Fatimah Binti Maimun, Makam Islami Unik di Jawa Timur

Deskripsi Pulau Noko Gili

Mirip dengan Makam Siti Fatimah Binti Maimun yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya, Pulau Noko Gili juga terletak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dan tidak jauh dari pusat Kota Gresik. Pulau ini sendiri mempunyai luas sekitar seribu meter persegi gaes. Meski terlihat kecil, pasir putih dan birunya laut di pulau ini mampu menarik perhatian seluruh pengunjung.

Berbeda dengan tempat wisata pada umumnya yang sering kita jumpai dengan fasilitas yang memadai, fasilitas yang ada di tempat ini tidak akan anda temukan karena pulau ini merupakan pulau kosong yang tidak berpenghuni. Meski terdengar sepi tanpa penghuni, Pulau Noko Gili tetap berhasil memikat wisatawan dengan pemandangan langitnya yang indah.

Tempat ini tidak hanya menyuguhkan keindahan langit di atas laut saja, namun juga keindahan birunya laut, apalagi dengan pemandangan beberapa gunung yang terlihat dari kejauhan.

Pantainya yang relatif datar membuat pasir putihnya seolah terlihat jelas di dasar laut. Pasalnya, air di titik ini juga relatif jernih dan tenang.

Selain itu, pulau ini juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang indah. Pada dasarnya tidak berlebihan jika saya mengatakan bahwa tempat ini adalah surganya para wisatawan.

Jadi jika anda suka berenang atau ingin menikmati keindahan alam bawah laut wajib datang ke tempat ini karena jika tidak pasti menyesal.

Negara Bagian Pulau Noko Gili

Sesampainya di lokasi ini, Anda tidak akan menemukan tempat berteduh selain pendopo. Pasalnya, Pulau Noko Gili masih tercipta secara alami dan tidak ada campur tangan manusia. Meski demikian, tak sedikit orang yang mengunjungi tempat wisata ini. Anda bahkan mungkin bertemu dengan beberapa orang di sini yang suka berenang dan snorkeling.

Berburu foto di Pulau Noko Gili

Meski tidak ada campur tangan manusia dalam pelestarian pulau ini, namun tetap terlihat bersih, indah, mengesankan dan cocok untuk fotografi.

Kalau soal foto, pulau ini punya sejumlah spot foto yang bagus. Anda bisa berfoto di pinggir pantai, meski terdengar biasa saja, namun latar belakang yang ditawarkan pulau ini adalah deretan pegunungan indah yang berdiri di atas laut biru jernih.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto di alam bawah laut. Ini dapat meningkatkan pengalaman snorkeling Anda. Atau Anda juga bisa duduk-duduk di permukaan laut sambil berenang, airnya yang jernih dan biru akan semakin menambah pesona foto Anda.

Fasilitas minim

Meski Pulau Noko Gili menawarkan keindahan alam yang luar biasa, namun tempat ini belum bisa Anda nikmati sepenuhnya. Pasalnya, di pulau ini hanya terdapat satu kompleks pendopo kecil dan selama ini baru ada satu pendopo.

Fasilitas umum seperti mushola, toilet, restoran atau warung juga belum ada di lokasi ini. Bahkan wisatawan yang hobi snorkeling harus membawa perlengkapannya sendiri karena tidak ada tempat persewaan di pulau ini.

Belum lagi tempat-tempat yang disewakan, meski hanya untuk berteduh, pengunjung biasanya selalu berebut pendopo. Jika tidak bisa mendapatkan tempat berteduh, mau tidak mau wisatawan harus mencari perlindungan di bawah pohon, dan nyatanya pohon tersebut tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk berteduh.

Akses jalan menuju Pulau Noko Gili

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, wisatawan kini harus menempuh perjalanan melintasi lautan. Tentunya jika wisatawan bisa menggunakan kapal feri yang ada dari Gresik akan memakan biaya yang cukup besar yaitu sekitar Rp 150.000 untuk speedboat yang mampu mengangkut wisatawan dalam waktu kurang dari 4 jam.

Dari Bawean Anda bisa naik perahu nelayan menuju Pulau Noko Gili dalam waktu sekitar 15 menit, tarifnya juga cukup mahal, sekitar 300.000 rupiah.

Biaya masuk ke Pulau Noko Gili

  • Rp 2.350.000/orang dengan minimal 5 pengunjung
  • Rp 2.800.000/orang untuk pasangan atau 2 orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Pulau Noko Gili

Tips berkunjung ke Pulau Noko Gili

1. Jangan lupa membawa uang tambahan karena untuk menuju tempat wisata ini harus menggunakan perahu yang tentunya tidak murah.

2. Jangan lupa membawa kamera karena anda akan menyesal jika mengunjungi tempat ini namun tidak mengabadikannya dengan kamera.

3. Jangan lupa membawa perlengkapan yang memadai seperti makanan dan minuman, tenda atau tempat berteduh, serta perlengkapan berenang. Karena fasilitas yang ada di sini minim, kami perlu membawa semua yang kami butuhkan untuk kunjungan berikutnya.

Galeri foto pulau Noko Gili

Potret Pulau Noko Gili
Potret pantai di pulau Noko GiliPotret pantai di pulau Noko Gili
Potret kapal
Hamparan pasir di pantai pulau Noko Gili
Berlayar di perairan Pulau Noko Gili
Keindahan Pulau Noko Gili

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button