Tempat Wisata

Pulau Panambungan Pangkep – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp 300.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Matiro, distrik. Liukang Tupabbiring, Kab.Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; map: Cek lokasi

Kepulauan di Sulawesi Selatan memiliki jumlah yang sangat besar, jika dihitung jumlahnya bisa mencapai 121 pulau. Jadi tidak mungkin menjelajahi hamparan luas Sulawesi Selatan hanya dalam satu hari. Layaknya Pulau Panambungan, wisatawan yang menginjakkan kaki di sini serasa mengunjungi 121 Pulau.

Keindahan yang ditawarkan Pulau Panambungan memang tidak bisa diukur. Perpaduan semua hal yang terdapat di pulau ini sangat seimbang untuk menciptakan panorama alam yang menakjubkan. Mulai dari pasir putih yang terhampar luas dan warna air laut yang memanjakan mata, sangat enak untuk dipandang. Dengan berlibur di sini, wisatawan mendapatkan liburan yang tak terlupakan.

Selain pasir dan air laut, pulau ini juga memiliki deretan pepohonan yang menambah kesejukan. Jadi wisatawan bisa menghabiskan waktu liburannya di bawah pohon yang sejuk. Oleh karena itu, pulau ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Bagi Anda yang berada di Sulawesi Selatan, mengunjungi pulau ini adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Pemandangan Pulau Panambungan

Pemandangan Pulau PanambunganKredit foto: Google Maps Resty Tiny

Tempat wisata ini merupakan pulau kecil yang eksotis di Sulawesi Selatan, tepat di Kabupaten Pangkep. Meski pulaunya kecil, namun keindahan alam yang ditawarkannya tak terbantahkan. Dengan berbagai atraksi yang ditawarkan, tidak heran jika Pulau Panambungan selalu mendapat julukan yang bagus. Maka wajar saja jika pulau kecil ini selalu dilirik wisatawan.

1. Pemandangan alam yang mempesona

Pulau yang terletak di Pangkep ini memiliki pantai berpasir putih yang membentang di sepanjang tepiannya. Pasir putih ini semakin terlihat indah dengan warna air laut yang memiliki perpaduan warna hijau dan biru. Tak hanya itu, deretan pohon pinus yang berdiri kokoh di pulau kecil ini menjadi daya tarik tersendiri. Semua kombinasi ini dapat menarik wisatawan.

2. Kelimpahan biota laut yang indah

Keanekaragaman biota laut di bawah pulau ini tidak kalah indahnya dengan panorama pulau itu sendiri, dengan gugusan terumbu karang yang terlihat indah di air yang jernih mampu memukau siapa saja yang menyelam di sini. Wisatawan tidak akan menemukan sampah yang tersangkut di antara terumbu karang di sini, karena kebersihan sangat penting bagi pengelola.

3. Tempat perkemahan yang tersedia

Selain pemandangan alam yang menarik dan kekayaan biota laut yang indah, Pulau Panambungan yang terletak di Pangkep juga memiliki tempat perkemahan. Oleh karena itu, sangat cocok bagi pecinta camping yang rindu bermalam di pasir putih dengan semilir angin dan suara deburan ombak. Eh, tertarik untuk menginjakkan kaki di pulau kecil nan eksotis ini?

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau PanambunganSumber Gambar: Google Maps David Hae

Pulau Panambungan merupakan salah satu destinasi wisata alam pulau eksotik di Kabupaten Pangkajene tepatnya di Kecamatan Liukang Tupabiring. Pulau ini hanya berjarak 158 km dari pusat Provinsi Sulawesi Selatan. Meski jaraknya cukup jauh, wisatawan tidak akan kecewa jika menginjakkan kaki di sini. Karena panorama alamnya yang begitu memukau.

Sebelum para wisatawan mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengunjungi pulau ini, mereka terlebih dahulu menghubungi pengelola yang menawarkan berbagai paket akomodasi yang bisa disesuaikan dengan budget. Wisatawan juga tidak perlu khawatir jika wisatawan memesan pada hari-hari sibuk karena objek wisata kecil di pulau ini buka selama 24 jam setiap hari dari Senin hingga Minggu.

Ada dua akses jalan yang bisa dipilih wisatawan untuk menuju pulau ini. Wisatawan yang datang dari Makassar dapat melewati jalur penerbangan dari Bandara Paotere. Sedangkan wisatawan yang ingin merasakan sensasi berbeda bisa mencoba mengakses jalur laut dari Pelabuhan Paotere atau Pelabuhan Rakyat di Pangkep dan Maros. Jadi wisatawan tinggal memilih.

Meski jalurnya tidak seperti biasanya dan jarak pulau dari pusat Provinsi Sulawesi Selatan cukup jauh, wisatawan tak perlu berkecil hati. Karena dalam perjalanan, terutama dalam perjalanan laut, wisatawan akan disuguhi pemandangan luasnya air laut yang jernih. Tidak hanya jernih, tapi juga indah warnanya, sehingga wisatawan tidak bosan selama perjalanan ke pulau tersebut.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit foto: Google Maps Susan Cantiani

Pulau Panambungan terletak cukup jauh dari kota Makassar. Meski jauh dan jalur yang ditempuh juga tidak biasa, namun keindahan yang ditawarkan pulau ini sepertinya membuat sepadan dengan usaha dan waktu untuk sampai ke tempat tersebut. Mulai dari alam yang eksotis hingga keanekaragaman biota laut. Jadi kalau bicara soal harga nominal, tentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Lokasinya yang eksotis dengan perpaduan yang memikat bisa membuat siapa saja mengunjunginya. Dengan menyediakan dana Rp 300.000, wisatawan bisa merasakan seperti sedang berlibur di pantai kecil dengan pemandangan yang eksotis. Jumlah nominal ini sudah termasuk biaya transportasi dan akomodasi. Wisatawan yang tertarik tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan.

Kegiatan Seru di Pulau Panambungan

Hal seru yang bisa dilakukan di Pulau PanambunganKredit foto: Google Maps Susan Cantiani

1. Bersantai dalam suasana yang tenang

Satu hal yang sangat disayangkan dari Pulau Panambungan adalah tempat yang sepi karena lokasinya tidak terbuka untuk umum. Namun, lokasinya yang tidak ramai menjadi keunggulan pulau ini karena menciptakan suasana yang tenang. Wisatawan bisa bersantai di hamparan pasir putih, ditemani semilir angin yang dibawa oleh pepohonan rindang, lengkap dengan suasana yang tenang.

2. Snorkeling di kekayaan biota laut

Kekayaan biota laut yang hidup di bawah perairan laut pulau ini sangat menarik bagi setiap penyelam. Tempat yang paling sering dijadikan spot snorkeling bagi wisatawan adalah kawasan sekitar dermaga, karena air lautnya sangat jernih dan memiliki terumbu karang yang indah. Di sini pun berbagai jenis ikan cantik berenang di antara terumbu karang.

3. Berkemah di pasir putih

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan berkemah, pulau ini adalah tempat yang paling cocok. Karena wisatawan yang ingin merasakan sensasi camping tersebut telah menyediakan area khusus untuk mendirikan tenda. Wisatawan bisa merasa seperti sedang berkemah di atas pasir putih dengan semilir angin dan suara deburan ombak. Wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam sambil bermalam di pulau kecil ini.

Akomodasi terdekat dari Lokasi Pulau

Akomodasi terdekat dari Lokasi PulauKredit foto: Google Maps Juan Karoma

1. Keluarga angkat Pak Mansyur

Penginapan ini terletak di seberang Pulau Panambungan. Banyak sekali turis dari pulau ini yang menginap disini. Memanggang ikan adalah hal yang sering dilakukan selama menginap di sini. Penginapan ini memiliki desain bangunan yang sederhana dengan fasilitas yang memadai. Bagaimana, Anda ingin bersantai setelah liburan di sini?

2. Akomodasi sederhana

Penginapan ini terletak di pinggir Jalan Kabupaten Pangkajene. Lokasinya yang berada di pinggir jalan memudahkan pengunjung untuk mengakses berbagai ruang publik. Selain itu, harga yang ditetapkan di sini per malam dianggap murah oleh pengunjung. Pemandangan yang disajikan tidak akan mengecewakan pengunjung karena menawarkan pemandangan persawahan.

3. Wisma Santri

Anda bisa menemukan harga yang relatif murah dengan menginap di Santri Guest House. Lokasinya yang strategis, tepat di pinggir Jalan Kabupaten Pangkep, memudahkan pengunjung untuk menuju ke sana. Desain eksterior bangunan yang tampak minimalis dapat menarik pengunjung untuk bermalam, apalagi ditambah dengan lokasinya yang berada di pinggir jalan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Panambungan

Fasilitas Pulau PanambunganKredit foto: Google Maps Susan Cantiani

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pulau Panambungan cukup lengkap dan memadai. Mengingat berbagai atraksi yang dimilikinya, hal itu juga mempengaruhi fasilitas yang semakin memadai dari waktu ke waktu. Meski letak pulau ini cukup jauh dari pusat Provinsi Sulawesi Selatan, namun pulau ini tidak mau ketinggalan dalam memberikan fasilitas kepada para pengunjungnya.

Kehadiran area camping di sini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melakukan aktivitas camping tanpa harus repot memilih tempat untuk mendirikan tenda. Tentunya dengan fasilitas ini sangat memudahkan wisatawan. Beragam wahana yang memacu adrenalin juga menjadi keistimewaan pulau ini, seperti flying fox dan jet ski yang bisa dicoba bagi para pemberani.

Selain tempat perkemahan dan wahana yang memacu adrenalin, pulau kecil ini juga menawarkan akomodasi untuk mengantar Anda ke tempat tujuan. Berbagai jenis paket akomodasi dapat disesuaikan di sini agar sesuai dengan anggaran wisatawan. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki budget berlebih. Akomodasi yang disediakan sudah lengkap dengan biaya transportasi, tiket masuk dan akomodasi.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan Pulau Panambungan. Pesona eksotis yang disuguhkan beserta keindahan bawah lautnya membuat pantai ini selalu dilirik oleh para wisatawan yang menyukai wisata. Di sini juga terdapat bumi perkemahan, sehingga memudahkan wisatawan untuk mendirikan tenda, dan berbagai wahana yang memacu adrenalin. Bagaimana Anda berakhir di sini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button