Tempat Wisata

Pulau Perak, nikmati keindahan alam bawah laut di Kepulauan Seribu

Biaya tur: Dari Rp 80.000 Waktu aktif: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kabupaten Kepulauan Seribu Utara, Kab.Pemerintahan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Terdiri dari beberapa pulau kecil, Indonesia memiliki banyak tempat wisata. Pulau Perak, Kepulauan Seribu, adalah salah satunya dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Padahal pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni yang pas bagi mereka yang mencari kedamaian dan ketenangan.

Meski dikenal sebagai pulau tak berpenghuni, pulau ini tetap memiliki penjaga. Selain itu, di dalamnya Anda akan menemukan penjual makanan dan minuman di pinggir pantai. Mereka tidak mendiami pulau tersebut melainkan hanya menjual atau menjaga pantai.

Daya tarik yang dimiliki Silver Island

Atraksi Pulau PerakKredit foto: Google Maps Tedy Ginting

Sebelum Anda mengunjungi tempat ini, Anda perlu tahu bahwa tidak ada jam buka di sini. Wisatawan bebas berkunjung kapan saja, namun harus menyesuaikan dengan jadwal kapal yang datang ke tempat ini.

Seperti kebanyakan pulau lainnya, Pulau Perak memiliki pesona tersendiri sehingga banyak dikunjungi orang. Beberapa tempat wisata yang disebutkan adalah sebagai berikut.

1. Area air jernih

Pulau yang memiliki luas kurang lebih 3 hektar ini memiliki seluruh dasar berupa pasir. Sebagian besar wilayah ditutupi dengan pohon-pohon yang sangat lebat. Belum lagi kawasan perairannya yang sangat jernih dan memiliki gradasi warna.

Pulau yang satu ini memiliki warna air yang berkisar antara hijau tosca di dekat pulau dan semakin membiru saat mengarah ke lautan. Tentu saja, warna airnya yang jernih akan menenangkan Anda. Apalagi setelah melihat keindahan bawah lautnya.

2. Keindahan alam bawah laut

Sesuai dengan hal diatas, Pulau Perak memiliki keindahan bawah laut yang sangat menarik. Menariknya, dasar pulau ini relatif datar. Jadi sangat aman jika ingin berenang melihat keindahan alam bawah laut.

Anda akan menemukan beragam ikan berwarna-warni, mulai dari cod hingga ikan badut. Lagi-lagi Anda akan menemukan berbagai terumbu karang yang masih kuat. Tak hanya itu, anemon laut yang terlihat bergoyang juga akan menjadi pemandangan yang sangat menarik.

3. Berkemah

Atraksi terakhir yang bisa Anda temukan di pulau ini adalah Anda bisa berkemah di sini. Sebelumnya, sangat penting untuk memberi tahu Penjaga Pantai terlebih dahulu. Nanti hanya uang untuk pembersihan yang diperlukan. Perlengkapan camping harus disiapkan jauh-jauh hari, karena disini tidak ada tempat persewaan.

Nantinya Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang akan sangat mempesona. Bisa juga menunggu sunset yang sangat indah. Pokoknya dua hal ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Perak.

Alamat dan rute ke Pulau Perak

Alamat Pulau PerakKredit foto: Google Maps Tedy Ginting

Ternyata, pulau ini masuk dalam daftar 23 pulau kecil di wilayah administratif Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Untuk menuju tempat ini Anda harus menyeberang dari Muara Angke ke Pulau Harapan. Selanjutnya harus menyeberang lagi dengan ojek.

Jadi penyeberangan ini bisa dilakukan dari Pulau Harapan langsung ke Pulau Perak. Tentu saja, rute yang mudah memudahkan semua orang untuk mengunjungi tempat ini. Hanya saja jadwal kapal tidak setiap hari, jadi perlu diketahui dulu jadwal kapal untuk menuju ke sana.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Pulau Perak sendiri tidak memungut biaya masuk. Hanya ada biaya tertentu. Misalnya, biaya penyeberangan perahu pertama sekitar Rp 80.000. Lalu ada juga biaya menggunakan ojek perahu yang biasanya dibagi per tim dan umumnya hanya Rp 50.000 saja.

Selain itu, biaya berkemahnya sendiri adalah Rp30.000/orang. Nantinya biaya tersebut digunakan untuk kebersihan pulau. Ada juga biaya untuk menyewa pulau snorkel Rp 25.000 – Rp 35.000.

Kegiatan seru di Pulau Perak

Kegiatan menyenangkan di Pulau PerakKredit Foto: Google Maps Siti Nur Hasanah

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini. Dimana berbagai aktivitas tersebut akan membuat anda tenang dan puas saat berkunjung ke tempat ini.

1. Menikmati keindahan pulau

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Perak adalah menikmati keindahan pulau tersebut. Para wisatawan bisa menggelar tikar dan tidur di atas pasir. Tentu saja Anda bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Kegiatan ini pasti akan menenangkan Anda.

2. Mainkan ayunan dan ambil foto

Seperti disebutkan di atas, ada banyak pohon rimbun di sekitar pulau. Dimana sebenarnya ranting-ranting tersebut menempel pada ayunan yang bisa digunakan secara bebas. Tentunya Anda tidak hanya bisa berayun di sini, tapi juga berfoto.

Ada banyak spot foto dengan background yang bagus. Tentu saja Anda juga dapat mengambil foto yang bagus. Anda dapat membidik dengan latar belakang laut lepas atau membidik di sekitar pepohonan yang rimbun.

3. Berenang dan menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut

Keindahan alam bawah laut Pulau Perak akan sayang jika Anda lewatkan. Anda bisa berenang di perairan pulau yang memiliki dasar datar ini. Airnya terbilang tenang, sehingga aman untuk berenang di sini.

Untuk lebih melihat keindahan alam pulau yang mempesona ini, Anda bisa melakukan scuba diving. Belakangan muncul anemon laut dengan warna cerah dan indah. Mulai dari kuning cerah, pink hingga ungu. Warnanya yang cerah berpadu dengan air laut, menciptakan kombinasi yang memuaskan.

4. Mainkan perahu pisang

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah mencoba bermain perahu pisang. Itu hanya, perahu pisang Ini hanya tersedia pada hari libur nasional atau akhir pekan. Nantinya Anda akan dibawa menaiki ban karet berbentuk pisang. Kemudian ban karet tersebut ditarik dengan perahu.

Kemudian ban karet tersebut dibawa berkeliling di lautan. Biasanya semakin panjang kapalnya, semakin cepat, dan biasanya Anda harus menunggu untuk mengetahui kapan perahu pisang terbalik dan penumpang jatuh ke Pulau Perak. Penumpang tentunya dilengkapi dengan pelampung pengaman.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau PerakKredit foto: Google Maps Haekal Zulfikar

Yang perlu Anda ketahui tentang pulau ini adalah fasilitas yang kurang memadai. Padahal, toilet umum hanya disegel dengan penutup ala kadarnya. Jika ingin menginap dan berkemah di sini, Anda harus mempersiapkan perlengkapan selengkap mungkin. Sehingga nantinya akan mudah untuk berlama-lama di sini.

Meski tidak berpenghuni, pulau ini memiliki banyak hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, ada juga terumbu karang yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke sini.

Itulah beberapa hal tentang pulau perak perlu diketahui. Pulau yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Di mana memang menjadi tempat terbaik untuk mencari ketenangan. Bahkan, Anda bisa betah di sini berkat pasir halus dan airnya yang jernih.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button