Tempat Wisata

Pulau Saronde Gorontalo – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp25.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kepulauan Saronde Ponelo, Moluo, Kec. Kwandang, Kab.Gorontalo Utara, Gorontalo; map: Cek lokasi

Pulau Saronde adalah surga tersembunyi di Gorontalo. Keindahan pulau ini begitu mempesona sehingga menjadi destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sekilas, eksotisme alam pulau ini menyerupai pulau Maladewa. Pantainya indah dengan laut yang jernih didukung oleh lingkungan yang bersih dan asri.

Luas pulaunya sendiri tidak terlalu besar, hanya 8 hektar. Proporsi dataran berpasir adalah 20%, sedangkan sisanya terdiri dari perbukitan dan hutan. Ribuan burung hidup di hutan Saronde, saat pergi ke bagian utara pulau Anda akan menemukan banyak batu kuno. Kemungkinan batuan purba ini muncul ribuan tahun lalu saat terjadi gempa besar.

Tidak hanya keindahan alamnya, tetapi juga pemandangan bawah laut di Pulau Saronde yang kaya. Terdapat berbagai terumbu karang dan ekosistem laut yang indah. Kehidupan bawah laut ini hampir seperti yang ada di Manado, bahkan sesekali wisatawan juga bisa melihat penampakan hiu paus untuk sementara waktu. Jika beruntung Anda juga bisa melihat hiu paus ini saat berkunjung ke Saronde.

Pemandangan pulau Saronde

Tempat Wisata di Pulau SarondeSumber gambar: Google Maps Irene Ulrich

Pulau Saronde dengan banyak atraksi menarik. Oleh karena itu, pulau ini menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Gorontalo. Berbagai atraksi tersebut akan membuat liburan Anda semakin berkesan yang akan membuat Anda ingin kembali ke Maldives ala Indonesia ini. Beberapa atraksi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tempat yang bagus

Pulau ini terkenal seperti Maladewa. Pantainya sangat bersih dengan pasir putih dan lembut. Sementara lautnya biru dan jernih, Anda bisa melihat dasarnya. Kejernihannya saja membuat perahu-perahu mengapung di tepi pantai. Ada juga daerah dengan banyak batu karang yang membuat pulau ini semakin menarik.

Di sekitar Pulau Saronde terdapat jembatan kayu di atas perairan dangkal. Terlihat sangat indah dan memanjakan mata. Itulah mengapa jembatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena keunikan dan keindahannya. Wisatawan juga bisa berjalan melintasi jembatan kayu ini untuk melihat laut dari dekat.

2. Keindahan bawah laut

Kawasan perairan ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi pecinta snorkeling. Hal ini dikarenakan keindahan alam bawah lautnya. Ada beberapa spot snorkeling dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Pemandangan bawah laut yang indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

3. Matahari terbenam

Pulau ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunset. Jika Anda berjalan di jembatan kayu, matahari terbenam terlihat jauh lebih indah. Matahari terbenam memang menjadi salah satu daya tarik, sehingga banyak pengunjung yang menunggu momen-momen tersebut. Bagi wisatawan yang suka berfoto, sunset di pulau ini merupakan tempat yang sangat indah.

4. Tempat romantis

Tempat Wisata di Pulau Saronde PulauSumber gambar: Twitter FOI

Suasana malam di kawasan pulau Saronde sangat romantis. Cahaya redup membuatnya mengesankan. Banyak yang menawarkan pengunjung untuk memasak makan malam romantis di tempat ini. Oleh karena itu, pada malam hari, pulau ini menjadi daya tarik bagi pasangan yang ingin menciptakan kenangan tak terlupakan.

5. Tradisi lokal

Masyarakat setempat memiliki tradisi unik yang berlangsung setiap tahun. Acara tahunan yang menarik pengunjung disebut Festival Saronde. Ada banyak kegiatan seru di festival ini. Salah satunya adalah kompetisi ketinting atau perahu kecil. Ada juga event lain seperti Beach Boy Contest, Tourist Miss Contest, Signal Hunting dan juga olahraga pantai.

Alamat, rute lokasi dan biaya perjalanan

Alamat Pulau SarodeSumber gambar: Google Maps Irene Ulrich

Pulau Saronde terletak di Kecamatan Kwandang, sekitar 65 kilometer dari Kota Gorontalo. Jika Anda datang dari luar Sulawesi, Anda bisa naik pesawat ke Bandara Djalaluddin Gorontalo.

Setibanya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan di Kota Kwandang dengan menggunakan kendaraan umum seperti Bus, Bentor, Mikrolet atau bisa juga dengan menyewa mobil pribadi. Kemudian Anda bisa menyeberang untuk sampai ke Saronde setelah sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk memasuki wilayah pulau Saronde, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang. Untuk penyeberangan, Anda bisa menyewa speedboat berkapasitas 10 orang dengan harga sewa Rp 850.000 dengan waktu tempuh yang lebih singkat.

Anda juga bisa menggunakan perahu katinting berkapasitas 20 orang dengan harga sewa Rp 500.000.

Kegiatan Seru di Pulau Saronde

Kegiatan rekreasi di Pulau SarondeKredit foto: Instagram Pulau Saronde

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Saronde. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan beberapa hari untuk menikmati banyak aktivitas. Liburan Anda di pulau ini akan sangat seru dan tak terlupakan. Didukung pula dengan berbagai penginapan dan fasilitas yang ada di kawasan ini membuat Anda semakin betah menghabiskan waktu di Saronde.

1. Snorkeling

Kegiatan ini tidak boleh dilewatkan saat berada di Saronde. Banyak titik dengan pemandangan terumbu karang yang sangat bagus. Anda juga bisa berenang bersama ikan-ikan yang cantik dan berwarna-warni. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk melakukan kegiatan ini. Jika Anda berada di area tersebut, Anda harus mencobanya juga.

2. Berenang

Selain snorkeling, Anda juga bisa berenang. Air di pantai tidak terlalu dalam, sehingga kegiatan ini banyak dilakukan oleh pengunjung. Selain itu, ombaknya juga tenang, sehingga Anda bisa berenang sepuasnya tanpa khawatir tersapu ombak.

3. Nikmati pemandangannya

Wisatawan bisa berjalan menyusuri pulau untuk menikmatinya. Anda juga bisa berjalan di atas jembatan kayu. Dari atas jembatan Anda bisa melihat laut lebih dekat. Jika Anda datang saat matahari terbenam maka pemandangannya jauh lebih bagus untuk Anda nikmati. Bahkan saat malam hari suasana menjadi lebih romantis.

4. Berpartisipasi dalam festival

Jika Anda datang ke Pulau Saronde pada waktu yang tepat, Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan festival yang diselenggarakan oleh pemerintah kota setiap tahun. Festival ini sangat seru dengan berbagai kegiatan seperti lomba yang bisa kamu ikuti. Festival ini juga memiliki berbagai makanan khas untuk Anda cicipi.

5. Berkemah

Ada tempat perkemahan sehingga Anda dapat berkemah di area ini. Tentunya kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda juga bisa merasakan malam hari di alam bebas. Anda dapat membangun tenda di hutan cemara. Tak hanya tenda, Anda juga bisa memasang hammock untuk bersantai dan menikmati suasana pantai.

6. Memancing

Jika Anda suka memancing, maka kawasan ini sangat cocok untuk kegiatan ini. Lebih seru lagi karena kamu mancing di ketinting. Perairan di sekitar Pulau Saronde adalah tempat di mana Anda dapat dengan mudah menangkap ikan. Beberapa ikan yang sering didapatkan oleh pemancing adalah rockfish, ikan ruma dan tuna jika beruntung.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatSumber gambar: Google Maps Irene Ulrich

1. perkemahan

Bagi pengunjung yang ingin lebih menyatu dengan alam, tersedia camping ground di area Saronde yang bisa mendirikan tenda. Pilihan akomodasi sangat luas, terutama bagi wisatawan yang menyukai suasana alam. Selain itu, menginap di tenda juga menghemat biaya.

2. Resor Pulau Saronde

Penginapan ini berbentuk cottage dan menjadi tujuan banyak wisatawan. Disusun dengan material kayu, desainnya seperti rumah adat setempat. Dengan harga sewa mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per malam, fasilitas yang diberikan cukup masuk akal. Di setiap cottage juga terdapat teras dengan view langsung pantai dan laut.

3. Pondok Mohinggito

Anda juga bisa bermalam di Pulau Mohinggito yang letaknya tidak jauh dari Saronde. Penginapan di kawasan ini sangat unik karena berbentuk segitiga. Ada juga pilihan pondok lain yang bertengger di atas laut hanya beberapa meter dari daratan. Ada juga penginapan dengan model rumah biasa dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Saronde

Fasilitas di Pulau SarondeSumber gambar: Twitter Indonesia yang indah

Saronde adalah pulau kecil yang sangat menyenangkan untuk mengisi liburan. Karena fasilitas yang disediakan juga cukup memadai bagi pengunjung. Ada banyak jembatan kayu yang membentang di atas air. Jembatan ini bisa digunakan tidak hanya sebagai atraksi tetapi juga sebagai spot foto atau tempat menikmati keindahan alam.

Area ini juga dijaga kebersihannya agar pengunjung merasa nyaman. Ditambah dengan berbagai fasilitas wisata seperti banana boat atau fun boat. Makan malam romantis juga tersedia jika Anda datang bersama pasangan. Selain itu, festival ini juga diadakan setiap tahun untuk memberikan kesan dan pengalaman kepada pengunjung.

Jika ingin bermalam, ada juga kabin yang bisa disewa. Dengan harga yang terjangkau, pengunjung bisa menikmati liburan lebih lama dan melakukan berbagai aktivitas seru. Sebuah perkemahan juga telah disiapkan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana alam.

Pulau Saronde merupakan pulau cantik yang menyerupai Maladewa. Jika Anda mengunjungi pulau ini, Anda akan dihadapkan pada pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Liburan Anda di pulau ini tidak akan terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button