Tempat Wisata

Pulau Sebira, pulau cantik dengan keindahan alam bawah laut di Kepulauan Seribu

harga tiket: Dari Rp 450.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu Administrasi, DKI Jakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Kepulauan Seribu adalah salah satu tujuan liburan paling menarik. Di antara lebih dari seratus pulau yang membentuk kawasan Kepulauan Seribu, Pulau Sebira atau disebut juga Sebira bisa menjadi pilihan. Berada di ujung paling ujung gugusan Kepulauan Seribu, membuatnya semakin dekat dengan Way Kambas yang merupakan bagian dari Provinsi Lampung.

Di peta Anda akan menemukan pulau bernama Pulau Jaga Utara. Secara letak geografis sebenarnya merupakan kepulauan di Kabupaten Kepulauan Seribu, meski jauh dari daratan Jakarta. Anda dapat mengunjunginya untuk mendapatkan liburan yang tak terlupakan. Apa yang menarik dari pulau ini?

Cek hotel murah di Kepulauan Seribu

Daya Tarik Pulau Sebira

Daya Tarik Pulau SebiraFoto oleh Ero Kuswara di Google Maps

✦ Sejarah mercusuar Noord Wachter

Pulau Sebira disebut Noord Wachter, yang berarti “penjaga utara”, pada masa penjajahan Belanda. Pada masa pemerintahan Raja Willem III. Sebuah mercusuar dibangun pada tahun 1869. Mercusuar itu berfungsi sebagai tempat memantau kapal-kapal asing dari wilayah utara yang hendak memasuki Batavia.

Menara mercusuar setinggi 48 meter diproduksi di Metallwerk NV Koninklijke Nederlandsche Grofsmederij di Belanda. Semua bahan bangunan dibawa ke pulau itu dengan kapal uap Hertog Bernhard. Hingga saat ini mercusuar peninggalan zaman penjajahan Belanda ini masih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

✦ Pelestarian penyu sisik

Pulau Sebira merupakan habitat penyu sisik yang merupakan salah satu spesies penyu yang dilindungi. Sehingga disini terdapat tempat penangkaran penyu sisik yang merupakan inisiatif dari warga sekitar sendiri agar penyu tidak punah. Alasannya, dulu penduduk pulau suka makan telur penyu.

Sejak tahun 2015, warga mulai membangun penangkaran penyu sisik setelah mengetahui satwa tersebut semakin langka. Tentunya melihat langsung penangkaran penyu ini bisa menjadi pengalaman yang berharga. Selain itu, jika Anda datang pada waktu yang tepat, Anda bisa menyaksikan pelepasan bayi penyu tersebut.

Wisata Kepulauan Seribu 2T1N

✦ Pohon gelisah

Ada yang unik saat menjelajahi Pulau Sebira. Karena di tengah laut terlihat pohon yang tumbuh sendiri tanpa koloni, oleh karena itu penduduk setempat menyebutnya sebagai Pohon Troubled. Dasarnya sedikit terendam di perairan pantai yang dangkal, tetapi masih kokoh.

Kawasan Confused Tree merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di pulau ini. Selain itu, Anda bisa bermain air sambil menunggu matahari perlahan terbenam di sisi barat. Anda bisa berjalan-jalan di perairan dangkal, mencari foto-foto indah dengan latar belakang pohon-pohon yang kusut dan suasana senja yang eksotis.

✦ Keindahan alam bawah laut

Keindahan bawah laut Pulau Sebira tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, keindahan surga bawah laut ini tak pernah gagal membuat wisatawan kembali ke pulau tersebut. Tepatnya di pesisir timur pulau yang menjadi salah satu spot terbaik untuk snorkeling di sini.

Tepatnya sekitar 200 meter dari bibir pantai setelah melewati terumbu karang. Kedalaman laut sekitar dua meter dan menawarkan pemandangan bawah laut yang indah. Dimana Sebira masih memiliki karang yang sangat tinggi didominasi oleh jenis Acropora sp., Branching, Submassive dan Folliose. Anda juga bisa melihat ikan berwarna-warni berenang di sekitarnya.

Dolphin Island Tour 2T1N – Pulau Harapan

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau SebiraFoto oleh Ero Kuswara di Google Maps

Pulau Sebira secara administratif terletak di Kecamatan Desa Pulau Harapan, Kabupaten Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Letak pulau ini berada di ujung paling ujung Gugusan Kepulauan Seribu. Tepatnya di ujung utara, maka julukan “Guardian of the North”.

Jarak dari daratan Jakarta sekitar 160 km dan memakan waktu sekitar 7 sampai 8 jam dengan perahu. Perjalanan melewati pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Harapan yang biasa dijadikan destinasi island hopping dan snorkeling.

Sesampainya di dermaga pulau, pengunjung disambut dengan tanda selamat datang. Setelah melewati papan nama, Anda memasuki jalan desa yang diaspal dengan rumah penduduk asli di kedua sisinya. Anda juga bisa menjelajahi pulau yang luasnya sekitar 8,82 hektar atau hanya sepersepuluh dari lapangan Monas ini.

Biaya Tur dan Jam Operasional

Bicara soal harga tiket, mengunjungi Pulau Sebira tidak memerlukan tiket masuk khusus. Namun karena untuk menuju ke pulau ini harus menggunakan perahu terlebih dahulu, maka menuju ke pulau ini tentunya tidak sepenuhnya gratis. Anda harus membayar harga perahu yang bervariasi tergantung negosiasi.

Selain itu, Anda juga akan dikenakan tarif menginap jika memilih menginap di sini. Homestay yang disediakan warga memiliki harga mulai dari Rp 450.000 per malam yang mampu menampung hingga 15 orang.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Pulau SebiraFoto oleh Hairil Saleh di Google Maps

1. Jelajahi pulau

Karena memiliki luas sekitar 8,82 hektar yang hanya sepersepuluh dari luas Lapangan Monas, Anda bisa menjelajahi pulau dan menemukan berbagai hal unik di Pulau Sebira. Hampir 95% penduduk di sini adalah orang Bugis. Sehingga anda bisa melihat banyak rumah khas Bugis yang memiliki lorong di bawahnya. Selain keunikan rumah Bugis, tentunya keindahan alam juga akan memanjakan mata.

2. Kunjungi mercusuar Noord Wachter di Pulau Sebira

Sebagai salah satu peninggalan zaman penjajahan Belanda yang terkenal, di Pulau Sebira tentunya Anda tidak boleh lupa untuk mengunjungi mercusuar Noord Wachter. Dari puncak menara setinggi 11 lantai ini, wisatawan bisa melihat seluruh wilayah pulau. Di sini pertama-tama Anda harus menaiki setidaknya 210 anak tangga untuk sampai ke lantai paling atas.

3. Amati penangkaran penyu

Penyu sisik merupakan spesies penyu langka yang ditemukan di Sebira. Oleh karena itu Anda juga wajib untuk mengunjunginya secara langsung saat berkunjung ke sini. Jika beruntung, Anda bahkan mungkin ada di sana melepaskan tukik ke laut. Hal ini tentunya akan menjadi pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan.

4. Snorkling

Mengingat keindahan alam bawah laut yang luar biasa, sayang sekali jika Anda melewatkan kegiatan menyelam saat berkunjung ke Pulau Sebira. Tempat terbaik untuk snorkeling adalah di pesisir timur pulau, sekitar 200 meter dari bibir pantai. Anda bisa sampai di sana dengan perahu dan melompat ke laut dari perahu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau SebiraFoto oleh Delli Gunarsa di Google Maps

Karena memang fokusnya bukan pada pariwisata, mungkin tidak banyak fasilitas wisata yang Anda temukan di sini. Selain itu, tidak ada biaya masuk wisata yang dibebankan kepada pengunjung yang ingin menjelajahi pulau. Namun, fasilitas perahu tersedia untuk membawa Anda ke dan dari pulau.

Kemudian, banyak rumah penduduk yang dijadikan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap. Meski tidak banyak warung wisata, biasanya ada penjual nasi uduk di pagi hari, serta pedagang gerobak keliling yang menjajakan berbagai macam makanan. Anda juga dapat mencicipi makanan khas lokal jika memesan terlebih dahulu.

Berlibur di Pulau Sebira pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Karena berbeda dengan pulau berpenghuni lainnya di Kepulauan Seribu. Tidak ada pos polisi atau militer di pulau ini, ketua RW dan RT akan memperkuat keamanan pulau ini. Ini unik sehingga harus dimasukkan dalam daftar yang harus dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button